Pengumuman UM-PTKIN 2024/2025

Pengumuman UM-PTKIN 2024 -- Pengumuman UM PTKIN, Pengumuman Jalur Nasional (UM-PTKIN), Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru jalur UM-PTKIN, Tata Cara Melihat Pengumuman Hasil Seleksi UM-PTKIN, Pengumuman Hasil Tes UM-PTKIN, Pengumuman Hasil Ujian UM-PTKIN, Cara Cek Hasil UM-PTKIN, Cara Melihat Kelulusan Hasil UM-PTKIN. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Pengumuman UM-PTKIN 2024/2025. Informasi ini utamanya ditujukan bagi peserta UM-PTKIN yang beberapa waktu yang lalu telah mengikuti ujian tertulis. Mari simak informasi pengumuman UM-PTKIN berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/03/pengumuman-um-ptkin.html

Ada orang yang menyebut jalur masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia dengan UM-PTKIN dan ada juga yang menyebut UM-PTAIN. UM-PTKIN sama saja dengan UM-PTAIN. Kepanjangan dari UM-PTKIN adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, sedangkan kepanjangan dari UM-PTAIN adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri. Jadi, memiliki makna yang sama. Disini kita menyebutnya dengan UM-PTKIN saja.

UM-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional untuk masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia yang terdiri dari UIN / IAIN / STAIN. Jalur UM-PTKIN merupakan jalur kedua setelah SPAN-PTKIN.

Penerimaan calon mahasiswa baru jalur SPAN-PTKIN menggunakan nilai raport siswa dan prestasi akademik lainnya, sedangkan untuk jalur UM-PTKIN menggunakan hasil ujian tertulis.

Setelah sekitar 1 (satu) bulan yang lalu mengikuti ujian tertulis jalur UM-PTKIN, kali ini akan melihat Pengumuman Hasil Seleksi UM-PTKIN, atau kita juga boleh menyebutnya dengan Pengumuman Kelulusan UM-PTKIN.

Pasti masih teringat dipikiran anda ketika sedang mengerjakan soal ujian, masih terasa betapa sulitnya untuk menjawab pertanyaan dengan benar dalam waktu yang singkat. Usaha anda tersebut akan terjawab sebentar lagi.

Ketika sedang ada ujian, biasanya ada tulisan "harap tenang ada ujian". Kali ini untuk melihat pengumuman UM-PTKIN, ada juga tulisan "harap tenang melihat pengumuman UM-PTKIN". Hal itu dimaksudkan agar peserta UM-PTKIN merasa tenang saat melihat pengumuman UM-PTKIN.

Mendengar kata-kata "Pengumuman Kelulusan UM-PTKIN sebentar lagi", tidak dapat dipungkiri pasti bagi peserta UM-PTKIN merasakan hal yang sama yaitu deg-deg kan. Setiap peserta merasakan hal itu. Apalagi untuk peserta yang telah ikut seleksi SPAN-PTKIN tetapi dinyatakan tidak lulus, pasti merasakan ketidaknyamanan menjelang detik-detik pengumuman UM-PTKIN.

Harap tenang, tidak ada yang perlu dirisaukan. Yakinlah bahwa semua hasil yang anda dapatkan adalah yang terbaik bagi anda. Perjuangan anda bukan hanya sampai disini. Perjuangan anda masih panjang, anda masih muda, anda masih memiliki masa depan yang panjang. Masih ada jalur lain andaikan anda tidak lulus jalur UM-PTKIN ini.

Baiklah, admin disini akan membantu anda untuk melihat pengumuman kelulusan UM-PTKIN. Berikut ini admin berikan tata cara melihat pengumuman UM-PTKIN selengkapnya.

Tata Cara Melihat Pengumuman UM-PTKIN
  1. Silahkan buka alamat resmi Pengumuman UM-PTKIN yaitu pengumuman-um.ptkin.ac.id
  2. Gunakan Nomor Peserta untuk mengecek kelulusan anda
  3. Masukkan Nomor Peserta anda kemudian klik "lihat hasil"
  4. Berikutnya akan muncul keterangan tentang kelulusan anda :
    • Option 1 : Bila anda menemukan data diri anda dengan lengkap dan biasanya ada ucapan selamat, berarti anda dinyatakan lulus jalur UM-PTKIN. 
    • Option 2 : Bila anda tidak menemukan data diri anda atau ada ucapan mohon maag dan seterusnya, berarti anda dinyatakan tidak lulus jalur UM-PTKIN. 
  5. Baca dengan teliti informasi kelulusan anda
Catatan Penting :
# Ketika anda melakukan pengecekan pengumuman kelulusan UM-PTKIN, apabila website sedang tidak error, maka akan langsung keluar keterangan bahwa anda lulus atau tidak. Namun jika website resmi error, maka anda harus bersabar untuk menunggu sampai website kembali normal.

# Error tersebut disebabkan banyaknya peserta UM-PTKIN yang sedang membuka website UM-PTKIN secara bersamaan, sehingga sistem pada website tersebut error / down. Sebagai contoh : Error pada website pernah dialami oleh website resmi SNBT pada saat pengumuman SNBT beberapa waktu yang lalu.

Admin mengucapkan selamat kepada anda yang lulus UM-PTKIN, dan ingatlah kata-kata di atas bahwa perjuangan anda bukan hanya sampai disini. Kelulusan UM-PTKIN ini adalah langkah awal bagi anda untuk mulai menambah pengetahuan baru di Perguruan Tinggi dan mengembangkan kemampuan yang anda telah miliki.

Berusahalah untuk mengembangkan kemampuan anda semaksimal mungkin dan juga berusaha untuk menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu.

Untuk anda yang dinyatakan tidak lulus UM-PTKIN, harus tetap semangat, jangan putus asa, jangan kecewa, tetap berjuang dan berusaha lebih baik lagi, segera bangkit dan perbaki diri anda.

Anda sebenarnya memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan mereka yang lulus UM-PTKIN. Namun saat ini anda tidak mendapatkan kesempatan baik itu. Anda masih mempunyai kesempatan lain untuk tetap kuliah di Perguruan Tinggi yang anda impikan dengan mengikuti jalur Mandiri PTKIN.

Bacaan Yang Direkomendasikan :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan kali ini tentang Pengumuman UM-PTKIN. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda semua. Sekali lagi, selamat untuk anda yang lulus UM-PTKIN dan tetap semangat untuk yang tidak lulus UM-PTKIN.

Jangan lupa untuk membagikan informasi ini atau ajak teman-teman anda untuk membaca disini. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses untuk semuanya.