Pendaftaran Jalur Mandiri UNPAD 2020/2021 (smup.unpad.ac.id)

Pendaftaran Jalur Mandiri UNPAD 2020 -- smup.unpad.ac.id 2020, Pendaftaran SMUP UNPAD D4 & S1, Pendaftaran Seleksi Mandiri UNPAD, Pendaftaran Ujian Mandiri UNPAD, Pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran Jalur Mandiri, Jadwal - Biaya - Lokasi - Cara Daftar Jalur Mandiri UNPAD, Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru UNPAD Jalur Mandiri. 2022. 2023.

Informasi yang admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran Jalur Mandiri UNPAD 2020/2021 (smup.unpad.ac.id). Informasi ii ditujukan bagi siswa-siswi yang ingin mendaftar kuliah di UNPAD pada tahun ini. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

https://www.pendaftaranonline.web.id/

Universitas Padjadjaran atau yang sering disebut dengan nama UNPAD adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama yang ada di Indonesia yang berada di Jawa Barat yang mana kampusnya ada di beberapa lokasi seperti di Bandung dan Jatinangor, dan ada juta ditempat lainnya.

UNPAD menyelenggarakan beberapa program pendidikan yaitu dari program Diploma, Sarjana, hingga Pascasarjana, serta program Spesialis & Profesi.

Bagi kalian lulusan tingkat Sekolah Menengah Atas dan sederajatnya, maka bisa kuliah di UNPAD dengan memilih jenjang Diploma atau Sarjana.

Untuk bisa kuliah di UNPAD, terlebih dahulu kalian harus mengikuti salah satu seleksi yang dibuka oleh UNPAD. Dalam melakukan seleksi penerimaan calon mahasiswa baru, UNPAD membuka beberapa jalur seleksi yang bisa dipilih dan disesuaikan oleh para calon pesertanya.

Tidak semua jalur seleksi bisa diikuti karena ada persyaratan yang mungkin tidak bisa dipenuhi oleh calon peserta. Misalnya saja jalur SNMPTN, jalur ini hanya bisa diikuti oleh siswa-siswi berprestasi saja dan merupakan jalur tanpa tes masuk ke PTN yang salah satunya adalah UNPAD.

Bagi yang tidak berpretasi, maka tidak bisa ikuti seleksi jalur SNMPTN. Tapi tenang saja, masih ada jalur seleksi lainnya yang bisa diikuti, yaitu jalur SBMPTN. Jalur ini dapat diikuti oleh siswa yang berprestasi di sekolahnya ataupun yang tidak berprestasi atau yang kemampuannya biasa-biasa saja. 

Berbeda dengan SNMPTN, SBMPTN merupakan jalur seleksi menggunakan ujian tertulis dan pada beberapa program studi tertentu ada ujian keterampilannya. Untuk penjelasan lebih lanjut dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SBMPTN.

Nah, jika kalian bisa lulus seleksi dari salah satu jalur di atas (SNMPTN / SBMPTN), maka kalian hampir pasti diterima enjadi mahasiswa baru UNPAD. 

Mengapa kok hampir pasti?

Karena setelah pengumuman kelulusan masih ada proses berikutnya, yaitu proses pendaftaran ulang dan pembayaran biaya kuliah. Nah, setelah kalian melakukan pendaftaran ulang dan membayar biaya kuliah semester 1, barulah kalian dinyatakan sah diterima sebagai mahasiswa baru UNPAD. Selanjutnya mengikuti kegiatan pengenalan kampus dan perkuliahan.

Namun bagi kalian yang telah mengikuti salah satu atau kedua-duanya dari jalur seleksi SNMPTN atau SBMPTN tersebut, tapi masih saja belum beruntung (belum lulus seleksi), maka dapat mengikuti jalur seleksi terakhir yang dibuka oleh UNPAD yaitu jalur seleksi mandiri.

Jalur seleksi mandiri UNPAD merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dikelola secara langsung oleh UNPAD. Seleksi mandiri tetap menitikberatkan pada kemampuan akademik, bukan sekedar kemampuan secara ekonomi. 

Perlu diketahui untuk dikenal bahwa jalur seleksi mandiri UNPAD dikenal dengan nama Seleksi Mandiri Universitas Padjadjaran atau disingkat SMUP

Jalur mandiri UNPAD dibuka untuk menerima calon mahasiswa jenjang Sarjana. Sedangkan untuk jenjang Diploma dibuka melalui jalur seleksi tersendiri. Informasinya juga akan disampaikan dibagian bawah.

Terkait dengan informasi seleksi jalur mandiri, kalian harus memperhatikan informasi yang berupa Persyaratan dan Kriteria Penilaian, Pelaksanaan Tes dan Ketentuan Perangkat, Program Studi, Pendaftaran, Lokasi Ujian, Pengumuman, Jadwal, dan Biaya Pendidikan.

Di bawah ini admin akan membagikan informasi-informasi tersebut yang dikutip langsung dari website resmi SMUP UNPAD. Silahkan disimak dengan baik informasinya.

I. Pendaftaran Jalur Mandiri UNPAD

A. Persyaratan Pendaftaran
  1. Persyaratan sekolah yang siswanya berhak mengikuti seleksi ini adalah SMA / MA / SMK negeri maupun swasta.
  2. Siswa SMA / MA / SMK lulusan 4 tahun kebelakang (lulusan tahun ini, tahun kemaren, tahun kemarennya, dan tahun kemarennya lagi).
  3. Peserta sudah dinyatakan lulus oleh satuan pendidikan dengan bukti ijazah SMA/MA dan SMK, kecuali bagi siswa SMA / MA / SMK lulusan tahun ini, ijazah dapat diganti dengan Surat Keterangan Lulus (SKL) atau ijazah sementara.
  4. Peserta dapat memilih Program Studi lintas jurusan (Saintek/Soshum) saat di SMA / MA / SMK. Peserta diperkenankan memilih 2 (dua) Program Studi di setiap kelompok ujian.
  5. Bagi peserta yang berasal dari keluarga tidak mampu harus memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), KPKH (Kartu Program Keluarga Harapan), KJP (Kartu Jakarta Pintar), KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)

B. Kriteria Penilaian
  1. Seleksi terbagi menjadi 2 (dua) kelompok ujian, yaitu Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosio-Humaniora (Soshum).
  2. Terdapat dua tahapan ujian :
    • Tahap Pertama (diikuti oleh seluruh pendaftar) adalah ujian dengan sistem Mobile Assisted Testing (MAT) melalui perangkat Android. Tes ini terbagi menjadi dua ujian, yaitu :
      • Tes Kompetensi Skolastik (TPS) yang akan menguji Kemampuan Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.
      • Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang akan mengujikan mata pelajaran yang sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih, seperti Matematika Saintek, Fisika, Kimia dan Biologi untuk kelompok Saintek, serta Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi untuk kelompok Soshum.
    • Tahap Kedua (diikuti oleh peserta yang lolos pada Tahap Pertama, yang mana pesertanya hanya sejumlah dua kali dari daya tampung). Seleksi pada Tahap Kedua ini adalah TOEFL-like dan Tes Wawancara dengan model wawancara mini Multiple Mini Interview (MMI). Selain itu terdapat Tes Khusus yang dilakukan oleh Fakultas tertentu, yaitu tes Minessota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) untuk Prodi Pendidikan Dokter dan Prodi Kedokteran Hewan pada Fakultas Kedokteran dan Prodi Pendidikan Dokter Gigi pada Fakultas Kedokteran Gigi,  serta Tes Kemampuan Berenang untuk Prodi Perikanan dan Prodi Ilmu Kelautan pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

C. Pelaksanaan Tes dan Ketentuan Perangkat

UNPAD menyelenggaraan ujian dengan sistem MAT melalui perangkat Android. Selain untuk MAT, penyelenggaran ujian dengan menggunakan perangkat Android juga akan digunakan saat tes TOEFL-like.

Sedangkan untuk spesifikasi perangkat yang akan digunakan untuk mengikuti tes secara umum yaitu ukuran layar untuk handphone minimal 5 inc, untuk tablet lebih dari 7 inc, operating system minimal Android Lollipop, RAM minimal 2 GB, Resolusi untuk handphone 720 x 960 pixels dan DPI (kerapatan) 240, untuk resolusi Tablet 600 x 800 pixels, dan DPI 160, Kuota minimal 2 Giga, free memory 200 MB, free internal storage 200 MB, dan free ekstenal storage 100 MB.

Kartu SIM yang digunakan adalah kartu Telkomsel. Bagi yang tidak menggunakan kartu SIM Telkomsel dapat datang lebih dulu ke Gedung Kandaga Unpad Jatinangor untuk diberikan kartu SIM dan kuota gratis.

Peserta disarankan membawa pengisi daya (charger), bank daya (powerbank) :
  • Peserta DILARANG membawa dan menggunakan perangkat MIFI.
  • Peserta DIWAJIBKAN membawa earphone atau headset yang sesuai dengan perangkat yang akan digunakan saat ujian.
  • Secara teknis, peserta akan mendapatkan akses masuk ke aplikasi soal setelah melakukan pendaftaran. Peserta juga dapat melakukan simulasi mengerjakan soal beberapa saat sebelum ujian dimulai.

D. Alur Pendaftaran

Calon peserta yang akan mendaftar harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Peserta akses ke laman http://pendaftaran-smup.unpad.ac.id/ untuk melakukan pendaftaran ke portal perserta SMUP. Data yang dibutuhkan adalah :
    • Nama, Nomor Ponsel, Alamat Email, Nomor Induk Kependudukan (NIK)
    • Mengisikan “Password” yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap diingat, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses / login ke laman portal peserta SMUP).
  2. Peserta login kembali ke laman pendaftaran (http://pendaftaran-smup.unpad.ac.id/) dengan menggunakan alamat email dan Password yang telah dibuat pada saat pendaftaran (Poin 1).
  3. Melakukan pengisian form pendaftaran secara online. Untuk mempercepat proses pengisian Biodata online sebaiknya calon peserta sudah mempersiapkan :
    • Identitas pribadi, Data keluarga, Asal sekolah, Data penghasilan orang tua,
  4. Peserta memilih jenjang pendaftaran.
  5. Peserta memilih kelompok ujian (Soshum, Saintek). Peserta diperkenankan memilih kedua kelompok ujian tersebut.
  6. Peserta memilih Program Studi yang diinginkan, dalam setiap kelompok ujian dapat memilih 2 (dua) Program Studi.
  7. Peserta melakukan konfirmasi terhadap data yang telah diisikan.
  8. Pengisian Biodata hanya diijinkan 1 (SATU) KALI saja, dan tidak diberikan fasilitas untuk melakukan perubahan / perbaikan (EDIT) isian Biodata terhadap data yang sudah diisikan secara online.
  9. Peserta akan memperoleh nomor tagihan biaya seleksi SMUP. Klik tombol “Simpan / Print”, setelah mencetak nomor tagihan tersebut selanjutnya peserta membayar tagihan biaya seleksi ke bank yang ditunjuk.
  10. Simpan dengan baik bukti pembayaran yang dimiliki.
  11. Peserta akan mendapatkan tanggal, sesi dan ruang untuk pelaksanaan ujian.
  12. Peserta login kembali untuk mendapatkan nomor dan kartu peserta ujian.
  13. Peserta mengunduh aplikasi untuk ujian (MAT).

E. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran jalur mandiri UNPAD dibuka sekitar bulan Juni hingga Juli. Untuk kepastiannya silahkan cek di website resmi SMUP UNPAD.

F. Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah

Biaya pendaftaran jalur mandiri UNPAD sekitar Rp. 500.000,- , kecuali untuk program studi kedoketran lebih dari itu. Biaya tersebut dapat berubah sesuai kebijakan kampus. Untuk itu update info biaya di website resmi.

Sedangkan untuk biaya kuliah jalur mandiri UNPAD terbagi menjadi 2 yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Dana Pengembangan (DP). Penjelasan lebih lanjut baca di www.biayakuliah.web.id

II. Pendaftaran Jalur Mandiri Jenjang Diploma 4 (D4)

A. Persyaratan Pendaftaran
  1. Persyaratan sekolah yang siswanya berhak mengikuti seleksi ini adalah SMA / MA / SMK negeri maupun swasta.
  2. Siswa SMA / MA / SMK lulusan 4 tahun kebelakang (lulusan tahun ini, tahun kemaren, tahun kemarennya, dan tahun kemarennya lagi).
  3. Peserta didik kejar paket C tahun ini dan lulusan kejar paket C tahun kemaren, tahun kemarennya, dan tahun kemarennya lagi.
  4. Lulusan sekolah luar negeri yang sudah mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Peserta sudah dinyatakan lulus oleh satuan pendidikan dengan bukti ijazah SMA/MA/SMK, kecuali bagi siswa SMA / MA / SMK lulusan tahun ini, ijazah dapat diganti dengan Surat Keterangan Lulus (SKL) atau ijazah sementara.
  6. Peserta dapat memilih Program Studi lintas Kelompok Ujian (Saintek dan Soshum) saat di SMA / MA / SMK. Peserta diperkenankan memilih 2 (dua) Program Studi di setiap Kelompok Ujian.
  7. Bagi peserta yang berasal dari keluarga tidak mampu harus memiliki salah satu dari kartu berikut ini:
  8. Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  9. Kartu Program Keluarga Harapan (KPKH)
  10. Kartu Jakarta Pintar (KJP)
  11. Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  12. Khusus Program Studi Kebidanan, membawa tes hasil pemeriksaan, tes buta warna, tes lab HBsAg, Anti HBsAg dan Anti HIV pada saat tes tahap 2 wawancara

B. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran dibuka sekitar bulan Juli. Untuk kepastiannya silahkan cek di website resmi.

C. Kriteria Penilaian

Kriteria penilaiannya yang digunakan sama seperti pada jalur mandiri jenjang Sarjana. Silahkan cek kembali di atas.

D. Pelaksanaan Tes dan Ketentuan Perangkat

Ketentuan tes dan juga perangkat yang digunakan untuk tes juga sama seperti pada jalur mandiri jenjang Sarjana. Silahkan cek kembali di atas.

E. Alur Pendaftaran

Alur pendaftaran dilakukan hampir sama seperti  pada jalur mandiri jenjang Sarjana. Silahkan cek kembali di atas.

F. Lokasi Ujian

Lokasi ujian dilaksanakan di Kampus Universitas Padjadjaran

G. Kontak Panitia
Laman : smup.unpad.ac.id
Hari dan Jam Kerja
Senin – Jumat, pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB
HUMAS
Telp. (022) 84288866
Faks. (022) 84288898
e-mail: humas@unpad.ac.id
Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Jl. Raya Bandung–Sumedang Km. 21, Jatinangor 45363

Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri UNPAD. Untuk informasi lain yang diperlukan silahkan cek di website resmi. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, silahkan cek di website resmi SMUP UNPAD.

Untuk informasi lainnya seperti pendaftaran jenjang Pascasarjana atau pendaftaran pada jalur seleksi lainnya yang belum di bahas di artikel ini, silahkan cek pada artikel Pendaftaran Online UNPAD.

Baca Juga : Pendaftaran Online Jalur Mandiri PTN di Indonesia

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini mengenai Pendaftaran Jalur Mandiri UNPAD (smup.unpad.ac.id). Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih atas waktunya. Cukup sekian dan salam sukses.