Pendaftaran Jalur Mandiri UNESA 2024/2025 (pmbsipenmaru.unesa.ac.id)

Pendaftaran Jalur Mandiri UNESA 2024 -- pmbsipenmaru.unesa.ac.id, Pendaftaran D3 - D4 - S1 Jalur Mandiri UNESA, SPMB UNESA, Sipenmaru UNESA, Pendaftaran Jalur Mandiri UNESA D3 - D4 - S1, Jadwal Jalur Mandiri UNESA, Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah Jalur Mandiri UNESA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNESA Jalur Mandiri, Pendaftaran UNESA Jalur Mandiri. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi yang berjudul Pendaftaran Jalur Mandiri UNESA 2024/2025 (pmbsipenmaru.unesa.ac.id). Informasi ini ditujukan khususnya bagi para lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang ingin menempuh pendidikan tinggi di UNESA. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranonline.web.id/

Universitas Negeri Surabaya atau dikenal dengan nama UNESA adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri ternama di Indonesai yang berlokasi di kota Surabaya, Jawa Timur. 

UNESA menyelenggarakan pendidikan jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Bagi kalian khususnya para lulusan SLTA sederajat dapat menempuh pendidikan di UNESA pada jenjang Diploma atau Sarjana.

Dalam melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Diploma atau Sarjana, UNESA membuka jalur seleksi nasional dan juga jalur seleks mandiri. Jalur seleksi yang dibuka yaitu jalur SNBP dan jalur SNBT.

Jalur SNBP merupakan jalur tanpa tes, sedangkan jalur SNBT merupakan jalur tes. Kalan yang memilki prestasi unggul di sekolah dapat mengikuti jalur SNBP, namun yang tidak bisa mengikuti SNBP, dapat mengikuti SNBT.

Apabila kalian telah mengikuti salah satu atau kedua jalur seleksi nasional tersebut namun belum lulus seleksi, maka bisa mengikuti seleksi jalur mandiri yang dibuka oleh UNESA.

Dibukanya jalur mandiri UNESA merupakan kabar baik bagi kalian yang memiliki keinginan kuat untuk kuliah di UNESA. Jalur SNBP lewat, jalur SNBT juga lewat, nah ini kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Ikut jalur seleksi mandiri UNESA.

Jalur mandiri bisa menjadi jalur alternatif bagi kalian yang sebelumnya telah mengikuti jalur lain tetapi belum juga lulus seleksi, atau bagi kalian yang belum sama sekali mengikuti jalur tes lainnya. UNESA memberikan kesempatan ini bagi para lulusan SLTA sederajat.

Di jalur mandiri, tingkat persaingan tidak seketat pada jalur SNBT. Peluang untuk bisa lulus seleksi pada jalur mandiri lebih besar karena kemungkinan jumlah peserta yang mendaftar lebih sedikit dibanding dengan jalur SNBT. Dengan begitu, mudah-mudahan harapan untuk diterima di UNESA melalui jalur mandiri dapat terwujudkan. Aamiin.

Admin tetap mengingatkan bahwa kalian harus mempersiapkan diri dengan cara belajar bersama teman atau belajar sendiri atau belajar di bimbel untuk membahas soal-soal tahun lalu seputar tes jalur mandiri UNESA. Dari situ, kalian akan memiliki gambaran seperti apa materi yang akan diujikan sehingga belajarnya bisa lebih terfokus.

Nah, untuk bisa mendaftar di jalur mandiri UNESA, kalian harus mempersiapkan semua persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan, dan juga harus mendaftar sesuai alur dan jadwal, serta mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan.

Untuk mengetahui apa saja persyaratan pendaftaran jalur mandiri UNESA, berapa biaya pendaftarannya, bagaimana alur dan tata cara pendaftarannya, kapan pendaftaran dimulai dan penutupannya, dan lain-lain, langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

A. Jalur Seleksi Mandiri UNESA

Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) di UNESA dibedakan untuk jalur seleksi mandiri Sarjana dan Diploma. Berikut penjelasannya :

# Jalur Seleksi Mandiri UNESA Jenjang Sarjana, meliputi :

1. Jalur SPMB Sarjana Regular

Jalur reguler adalah jalur penerimaan mahasiswa baru dengan mengikuti aturan umum SPMB Unesa

2. Jalur Prestasi Keagamaan / SPMB Keagamaan
  1. SPMB Keagamaan Islam : Program penerimaan mahasiswa baru dari Pesantren bagi alumni pondok pesantren, Tahfidz bagi para penghafal Alquran, dan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) bagi juara 1 MTQ minimal tingkat kabupaten/kota, ketika mereka berada pada jenjang pendidikan menengah (SMA / MA / SMK / Paket C atau yang sederajat)
    • SPMB Sarjana Pesantren
    • SPMB Sarjana Tahfidz
    • SPMB Sarjana MTQ
  2. SPMB Keagamaan Protestan
  3. SPMB Keagamaan Katolik
  4. SPMB Keagamaan Hindu
  5. SPMB Keagamaan Buddha
  6. SPMB Keagamaan Kong Hu Cu

3. Jalur Prestasi Olahraga / SPMB Sarjana Prestasi

Jalur prestasi olahraga adalah program penerimaan mahasiswa baru yang memiliki sertifikat/piagam kejuaraan dibidang olahraga minimal tingkat kabupaten / kota, ketika mereka berada pada jenjang pendidikan menengah (SMA / MA / SMK / Paket C atau yang sederajat)

4. Jalur prestasi difabel/ SPMB Sarjana Difabel

Jalur prestasi difabel adalah program penerimaan mahasiswa baru difabel yang memiliki sertifikat/kejuaraan dibidang keahlian khusus minimal tingkat kabupaten/kota, ketika mereka berada pada jenjang pendidikan menengah (SMA / MA / SMK / Paket C atau yang sederajat).

5. Jalur Prestasi Olahraga Nasional / PMB Prestasi Olahraga Nasional

Jalur prestasi olahraga nasional adalah program penerimaan mahasiswa baru yang memiliki sertifikat/kejuaraan dibidang olahraga tingkat nasional, ketika mereka berada pada jenjang pendidikan menengah (SMA / MA / SMK / Paket C atau yang sederajat).

# Jalur Seleksi Mandiri UNESA jenjang Diploma IV / Sarjana Terapan, meliputi :

Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) Program Sarjana Terapan di UNESA meliputi:
  • Jalur reguler atau SPMB Sarjana Terapan Reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dengan mengikuti aturan umum SPMB UNESA.
  • Jalur prestasi atau SPMB Sarjana Terapan Prestasi adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berprestasi saat masih di tingkat SLTA sederajat

B. Informasi Penting / Petunjuk Pendaftaran Jalur Mandiri UNESA
  1. Calon peserta harus melakukan pembayaran formulir ke BTN cabang di seluruh wilayah Indonesia dengan memilih jalur yang dipilih.
  2. Calon peserta akan mendapatkan nomor Token / Voucher / Kode Akses SPMB dari struk bukti pembayaran Anda.
  3. Nomor Token / Voucher / Kode Akses adalah kunci yang dipergunakan untuk mengakses pendaftaran online. Nomor Token / Voucher / Kode Akses terdiri dari (minimal) 10 digit angka dan/atau huruf dan/atau kombinasi keduanya.
  4. Nomor Token / Voucher / Kode Akses yang diperoleh bersifat rahasia dan hanya dapat digunakan satu kali pendaftaran online.

C. Alur Pendaftaran Jalur Mandiri UNESA
  1. Calon peserta membaca petunjuk pendaftaran seperti yang dituliskan di atas
  2. Melakukan pembayaran formulir ke BTN dengan memilih jalur yang dipilih.
  3. Calon peserta melakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor token/ voucher / kode akses
  4. Mengisi formulir pendaftaran online di pmbsipenmaru.unesa.ac.id dengan klik tombol "Klik Daftar" lalu ikuti prosesnya
  5. Kemudian mencetak kartu ujian dan bukti pendaftaran. Perlu diingat, sebelum mencetak, anda simpan dengan baik nomor pendaftaran dan passwordnya.
  6. Mengisi kelengkapan berkas dokumen dengan cara login ke pmbsipenmaru.unesa.ac.id menggunakan nomor pendaftaran dan password
  7. Mengikuti ujian tulis dan ujian keterampilan / wawancara sesuai jadwal dan membawa kartu ujian dan bukti pendaftaran serta keperluan lainnya

Catatan Tambahan :
  • Siapkan Foto dengan ukuran 4 x 6 dengan resolusi 400 pixels x 600 pixels (background merah)
  • Perhatikan info yang ada pada waktu proses pengisian formulir
  • Bagi yang belum upload foto, bisa Anda upload kembali melalui halaman login di atas sebelah kiri, dengan memasukkan No. Pendaftar dan Password yang diperoleh setelah mengisi Form Pendaftaran.

D. Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri UNESA

Biasanya pendaftaran dibuka sekitar bulan Juni hingga Juli. Itu hanya prediksi saja yang didasarkan pada tahun sebelumnya. Namun untuk kepastiannya silahkan cek langsung di website resmi UNESA.

E. Kontak Panitia

Jika mengalami kendala dalam pengisian pendaftaran online, silahkan menghubungi (031) 99421827, 0821 9578 7994, 0821 9578 7995 (pada hari dan jam kerja).

Itulah penjelasan mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri UNESA untuk jenjang Diploma dan Sarjana. Apabila membutuhkan informasi lainnya, silahkan tanyakan langsung pada panitia atau baca di website resmi. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi UNESA.

Informasi mengenai jalur mandiri, jalur SNBP, dan jalur SNBT juga telah di bahas pada artikel sebelumnya. Pada artikel sebelumnya tersebut untuk jalur SNBP dan SNBT dibahas lebih banyak. Untuk mengetahuinya, silahkan cek langsung pada artikel berikut : Pendaftaran Online UNESA (Universitas Negeri Surabaya)

Sumber : pmbsipenmaru.unesa.ac.id

Sekali lagi, admin disini turut mendoakan semoga keinginan untuk lulus seleksi pada jalur mandiri UNESA ini dapat terwujudkan. Aamiin. Jadikan ini sebagai titik awal untuk mengembangkan diri kalian agar semakin matang. 
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Pendaftaran Jalur Mandiri UNESA (pmbsipenmaru.unesa.ac.id). Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan bagi kalian semua. Terima kasih atas waktunya dan ayo berbagi info. Cukup sekian dan salam sukses.