Pendaftaran Jalur Mandiri UM 2019/2020 (seleksi.um.ac.id)

Pendaftaran Jalur Mandiri UM 2019 -- seleksi.um.ac.id 2019, Pendaftaran Jalur Mandiri UM  D3-S1, Pendaftaran Online Mahasiswa Baru UM Jalur Mandiri, Seleksi Mandiri UM Jalur Prestasi & Jalur Tes, Pendaftaran Universitas Negeri Malang Jalur Mandiri, Pendaftaran Mandiri UM, Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri U, Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah Jalur Mandiri UM. 2021. 2022.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Jalur Mandiri UM 2019/2020 (seleksi.um.ac.id). Informasi ini ditujukan khususnya bagi para lulusan SMA / SMK / MA / sederajat yang ingin menempuh pendidikan tinggi di Universitas Negeri Malang (UM). Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak di bawah ini.

https://www.pendaftaranonline.web.id/

Universitas Negeri Malang atau yang dikenal dengan sebutan UM adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia yang berlokasi di Malang, Jawa Timur.

Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan pendidikan pada program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Untuk para lulusan SLTA, bisa menempuh pendidikan di UM dengan memilih program Diploma atau Sarjana.

Dalam melakukan seleksi penerimaan calon mahasiswa baru, UM membuka jalur seleksi nasional dan juga jalur seleksi mandiri. Adapun jalur seleksi nasional yang dibuka oleh UM yaitu jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN.

Jalur pertama yang dibuka oleh UM adalah jalur SNMPTN. Jalur ini diperuntukkan bagi siswa berprestasi dan merupakan jalur tanpa tes. Kemudian jalur SBMPTN merupakan jalur tes yang dibuka setelah SNMPTN berakhir.

Bagi yang tidak mendapatkan kesempatan di jalur SNMPTN, atau yang telah ikut SNMPTN tetapi tidak lulus, maka bisa mendaftar di jalur SBMPTN. Jika kalian tetap belum beruntung mengikuti seleksi dari kedua jalur tersebut, maka dapat mengikuti seleksi pada jalur yang terakhir, yaitu jalur mandiri UM.

Jalur mandiri UM merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dikelola oleh pihak UM. Tidak seperti jalur SNMPTN dan SBMPTN yang dikelola oleh panitia nasioal. Jalur mandiri UM bisa menjadi jalur alternatif bagi kalian yang berkeinginan kuat untuk kuliah di UM.

Suatu kebanggaan jika kalian dapat mewujudkan keinginan yang telah sejak lama diimpikan untuk bisa kuliah di UM. Inilah kesempatanmu yaitu dengan mengikuti seleksi jalur mandiri UM.

Jalur mandiri UM seleksinya dilakukan melalui tes. Jadi kalian harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi tes tersebut. Tentu kalian tahu sendiri persiapan seperti apa yang harus disiapkan supaya bisa lulus tes. Misalnya saja ikut bimbel, privat, atau membahas soal-soal besama teman atau sendirian, dan lain-lain.

Berbagai persiapan yang dilakukan tentunya terkait dengan hasil akhir berupa kelulusan. Jika persiapannya maksimal, mudah-mudahan bisa lulus tes jalur mandiri ini.

Selain dari persiapan tersebut yang mempengaruhi kelulusan, ada faktor lain yang juga memberikan pengaruh yaitu tingkat persaingan serta kuota penerimaan.

Tingkat pesaingan pada jalur mandiri tidak seketat dibandingkan dengan persangan pada jalur SBMPTN. Tentu ini memberikan peluang yang lebih besar untuk lulus. Namun untuk kuota penerimaan lebih sedikit dibanding jalur SBMPTN. 

Lebih sedikit yang mendaftar di jalur mandiri, tetapi kuota penerimaannya juga sedikit.  Jadi masih berimbang dalam segi kelulusannya. Yakinlah dengan apa yang kalian dapatkan nanti. Upaya yang maksimal akan membuahkan hasil yang maksimal pula.

Nah, untuk bisa mendaftar di jalur mandiri UM, kalian harus bisa memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan, dan juga memenuhi ketentuan lainnya. Berikut ini admin telah merangkum informasi yang berkaitan dengan pendaftaran jalur mandiri UM. Silahkan disimak dengan baik.

I. Jalur Seleksi dan Persyaratan Pendaftaran

A. Seleksi Mandiri Program Sarjana (S1) Jalur Prestasi

1. Persyaratan Seleksi
  1. Lulusan SMA / MA / SMK / MAK tahun ini
  2. Siswa SMA / MA / SMK / MAK peraih peringkat 1, 2, 3 tingkat provinsi atau peringkat 1 tingkat kabupaten / kota dalam Ujian Nasional tahun ini yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi / Kota / Kabupaten.
  3. Siswa SMA / MA / SMK / MAK peraih peringkat atau juara 1, 2, 3 serendah-rendahnya tingkat provinsi yang diperoleh dalam 3 (tiga) tahun terakhir dan diselenggarakan oleh lembaga yang kredibel dalam bidang berikut:

# Bidang Olahraga :
  • Atletik, Renang, Catur, Bulutangkis, Tenis lapangan, Tenis meja, Sepak takraw, Sepakbola, Bolavoli, Bola voli pantai, Basket, Futsal, Pencak silat, Tarung derajat, Judo, Karate, Kempo, Pentaque, Kriket, Anggar, Cabang olahraga lainnya

# Bidang Seni dan Peminatan:
  • Tari tradisional, Pemain alat musik, Vokalis lagu tradisional (tunggal), Vokalis lagu keroncong - dangdut - pop - seriosa, Pidato - MC (Pembawa Acara) - penyiar, Lukis / kaligrafi, Fotografi, Penulis cerpen - lakon - puisi, Baca puisi - monolog - drama / teater, Desain poster, Desainer busana - interior - eksterior , Marching band, Duta budaya / daerah, Paskibra, Bidang seni lainnya

# Bidang MTQ:
  • Tilawah, Hifdzil qur’an, Khaththil qur’an, Fahmil qur’an, Syarhil qur’an, Desain aplikasi komputer qur’an

# Bidang Penalaran:
  • Debat (bahasa inggris, bahasa indonesia, dan bahasa arab), Story telling bahasa internasional, Lomba karya tulis ilmiah (LKTI) / kelompok ilmiah remaja (KIR), Olimpiade matematika, sain, dan soshum nasional, Lomba kompetensi siswa (LKS) / SMK, Robotika

2. Proses Seleksi
  • Proses seleksi didasarkan atas penilaian portofolio, verifikasi terhadap bukti-bukti prestasi, wawancara, dan / atau uji keterampilan
  • Wawancara dan / atau uji keterampilan hanya diikuti oleh peserta yang lolos verifikasi bukti-bukti prestasi (portofolio).

B. Seleksi Mandiri Program Sarjana (S1) Berdasarkan Nilai UTBK dan TMBK UM

1. Persyaratan Seleksi
  • Lulusan SMA / MA / SMK / MAK atau yang setara (tidak harus sudah mengikuti UTBK-SBMPTN).
  • Membayar biaya pendaftaran sesuai ketentuan

2. Jenis Seleksi
  1. Seleksi berdasarkan skor UTBK-SBMPTN (peserta tidak perlu mengikuti TMBK UM).
  2. Seleksi berdasarkan skor TMBK UM (peserta mengikuti tes tulis yang dilakukan UM).
Catatan: Peserta boleh mengikuti satu atau dua jenis seleksi.

3. Program Studi Pilihan
  1. Setiap peserta bisa memilih maksimal 2 (dua) program studi S-1 atau D-3
    • Peserta yang memiliki skor UTBK-SBMPTN bidang uji saintek, boleh memilih 2 (dua) prodi kelompok bidang uji saintek.
    • Peserta yang memiliki skor UTBK-SBMPTN bidang uji soshum, boleh memilih 2 (dua) prodi kelompok bidang uji soshum.
    • Peserta yang memiliki skor UTBK-SBMPTN bidang uji saintek dan soshum, boleh memilih 1 (satu) prodi kelompok bidang uji saintek dan 1 (satu) prodi kelompok bidang uji soshum.
    • Peserta yang mengikuti TMBK UM bidang uji saintek boleh memilih 2 (dua) prodi kelompok bidang uji saintek.
    • Peserta yang mengikuti TMBK UM bidang uji soshum boleh memilih 2 (dua) prodi kelompok bidang uji soshum.
Catatan: Peserta tidak perlu mengunggah portofolio.

C. Seleksi Mandiri Program Sarjana Masukan Non-SLTA Seleksi Program Alih Jenjang (SPAJ)

1. Persyaratan Seleksi
  • Lulusan Diploma III (DIII).
  • Program studi terakreditasi minimal B (dibuktikan dengan sertifikat akreditasi program studi).
  • Mendapat ijin / tugas belajar dari pejabat yang berwenang (kepala sekolah / dinas pendidikan / instansi / perusahaan) bagi yang sudah bekerja.
2. Pilihan dan Persyaratan Prodi
  • Setiap peserta hanya dapat memilih satu program studi.
  • Program studi yang dipilih relevan / sama dengan program studi pada ijazah sebelumnya.

II. Alur Pendaftaran Jalur Mandiri UM
  1. Buka alamat web http://home.seleksi.um.ac.id/
  2. Kemudian pilih menu Pendaftaran Online
  3. Lalu klik pada jalur seleksi yang dipilih. Misal Mandiri Jalur Prestasi Sarjana (S1)
  4. Kemudian terbuka halaman login, lalu masukkan nomor identitas dan nomor PIN.
  5. Setelah login, isi data pendaftaran secara lengkap dan benar
  6. Cetak kartu peserta

Dokumen yang perlu disiapkan untuk pengisian pendaftaran online:
  • File pasfoto berwarna terbaru (standar untuk ijazah) dengan wajah menghadap ke depan, ukuran 4x6 cm, berformat *.jpg, dengan resolusi sekurang-kurangnya 250 dpi, dan ukuran file maksimum 100 kb
  • dan dokumen lainnya jika ada

III. Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran jika dilihat dari tahun sebelumnya sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) . Jika ada perubahan di tahun ini, maka sesuaikan saja jika berubah. Namun ini bisa dijadikan perkiraan. Pembayaran bisa dilakukan di bank yang telah bekerja sama dengan pihak UM, salah satunya BNI.

IV. Jadwal Pendaftaran

Pendataran jalur mandiri UM dibuka sekitar bulan Mei hingga Juli. Untuk jalur prestasi biasanya lebih dulu dibuka baru kemudian jalur tes. Untuk kepastiannya, silahkan cek langsung di website resmi UM.

V. Pusat Bantuan

Jika membutuhkan bantuan, silahkan kirim pesan melalui laman: support.um.ac.id

Itulah informasi mengenai penerimaan calon mahasiswa baru jalur mandiri UM. Untuk informasi lain yang dibutuhkan silahkan cek langsung di website resmi atau tanyakan pada panitia. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi UM

Untuk informasi jalur seleksi program pascasarjana, serta informsai jalur SNMPTN dan SBMPTN lebih lanjut silahkan temukan pada artikel Pendaftaran Online UM (Universitas Negeri Malang)

Sumber : seleksi.um.ac.id


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Pendaftaran Jalur Mandiri UM (seleksi.um.ac.id). Mudah-mudahan apa yang telah admin bagikan di atas dapat memberikan gambaran tentang jalur mandiri UM. Terima kasih atas waktunya, cukup sekian dan salam sukses.