Pendaftaran Jalur Mandiri UNS 2019/2020 (spmb.uns.ac.id)

Pendaftaran Jalur Mandiri UNS 2019 -- spmb.uns.ac.id 2019, Pendaftaran SM UNS D3 - D4 - S1, Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri UNS, SPMB UNS, Pendaftaran Seleksi Mandiri UNS, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UNS, Biaya Jalur Mandiri UNS, Jadwal Jalur Mandiri UNS, Pendaftaran Kuliah Jalur Mandiri UNS, Pembukaan Jalur Mandiri UNS. 2021. 2022.

Informasi yang admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran Jalur Mandiri UNS 2019/2020 (spmb.uns.ac.id). Informasi ini ditujukan bagi para lulusan SLTA sederajat yang ingin masuk ke UNS melalui jalur seleksi mandiri. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak di bawah ini.

https://www.pendaftaranonline.web.id/

Universitas Sebelas Maret atau yang dikenal dengan nama UNS adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri ternama yang ada di Indonesia yang berlokasi di kota Surakarta, Jawa Tengah.

Program pendidikan yang diselenggarakan oleh UNS terdiri dari program Diploma, Sarjana (S1), Pascasarjana, Pendidikan Spesialis, dan Profesi. Kalian bisa memilih salah satu program pendidikan tersebut.

Bagi para lulusan SLTA sederajat yang ingin kuliah di UNS, tentunya akan memilih jenjang pendidikan Diploma ataupun Sarjana. Berkaitan dengan itu, UNS membuka penerimaan mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana melalui berbagai jalur seleksi.

Pada beberapa waktu yang lalu, UNS telah membuka jalur seleksi nasional yaitu jalur SNMPTN dan SBMPTN. SNMPTN dilaksanakan terlebih dahulu baru kemudian membuka jalur SBMPTN. Dikarenakan kedua jalur seleksi tersebut merupakan jalur seleksi nasional, maka pelaksanaannya dilakukan oleh panitia nasional.

Kemudian juga, karena jalur SNMPTN dan SBMPTN merupakan jalur seleksi nasional, persaingan untuk bisa lulus seleksi juga nampak sangat sulit. Peluang untuk lulus sangat kecil sekali. Terlebih lagi pada beberapa program studi yang sangat banyak peminatnya, peluang lulus semakin kecil.

Namun kedua jalur tersebut kini telah selesai. Bagi kalian yang tidak dinyatakan lulus dari jalur SNMPTN atau jalur SBMPTN, masih ada kesempatan untuk kalian agar bisa kuliah di UNS, yaitu dengan mengikuti seleksi jalur mandiri.

UNS memberikan kesempatan kembali bagi para lulusan SLTA sederajat yang ingin masuk dan kuliah di kampus ini. Dalam hal ini, UNS membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi mandiri.

Jalur mandiri UNS bisa dijadikan sebagai jalur alternatif terakhir untuk bisa masuk ke UNS. Setalah jalur mandiri ini ditutup, kemungkinan tidak ada jalur lain lagi yang dibuka. Jika adapun mungkin jalur khusus yang dibuka untuk program pendidikan tertentu.

Nah, untuk bisa memaksimalkan kesempatan lulus pada jalur mandiri UNS ini, maka diperlukan persiapan yang matang. Beberapa persiapan yang bisa kalian lakukan misalnya belajar di rumah atau belajar bersama teman membahas soal-soal. dan penyelesaiannya, atau belajar di bimbel / privat.

Dengan persiapan yang matang tersebut, mudah-mudahan keinginan kalian untuk bisa lulus seleksi jalur mandiri UNS dapat terwujudkan. Adminpun turut mendoakan demikian. Aamiin.

Untuk bisa mendaftarkan diri pada jalur mandiri UNS, maka kalian harus bisa memenuhi semua persyaratan dan ketentuan terkait pendaftaran jalur mandiri ini. Persiapkan semua berkas yang disyaratkan dan ikuti pendaftaran sesuai alur dan jadwal yang telah ditentukan. Berikut informasi selengkapnya mengenai pendaftaran jalur mandiri UNS.

Pendaftaran Jalur Mandiri UNS Jenjang Sarjana (S1) dan Vokasi / Diploma

A. Pengertian Seleksi Mandiri UNS (SM UNS)

Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret (SM-UNS) merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh UNS untuk menyeleksi calon mahasiswa baru Program Sarjana dan/atau Diploma dengan menggunakan Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (UTBK-LTMPT) tahun ini dan Nilai Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) SM-UNS tahun ini dan/atau prestasi non-akademik.

B. Syarat-syarat Pendaftaran

1. Persyaratan Umum :
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Lulusan SMA / SMK / MA, atau sederajat atau Paket C yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir (lulusan tahun ini, lulusan tahun kemaren, dan lulusan tahun kemarennya lagi) yang memiliki Sertifikat Hasil UTBK-LTMPT tahun ini
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  4. Mendaftarkan diri sebagai Peserta SM-UNS tahun ini

2. Persyaratan Khusus :
  1. Bagi peserta yang memilih Program Studi berikut:
    • Pend. Jasmani, Kesehatan & Rekreasi,
    • Pend. Kepelatihan Olahraga,
      • dipersyaratkan pada SBMPTN tahun ini yang bersangkutan telah juga memilih program studi Olahraga dan Tinggi Badan minimal Putra 160 cm, sedangkan tinggi badan Putri minimal 155 cm.
  2. Bagi yang memilih Program Studi berikut:
    • Kriya Seni/Tekstil,
    • Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Grafis, Patung, Keramik),
    • Desain Interior,
    • Desain Komunikasi Visual,
    • Pendidikan Seni Rupa
      • dipersyaratkan pada SBMPTN tahun ini yang bersangkutan memilih program studi sebagaimana tersebut di atas.
  3. Bagi Peserta SM-UNS yang berkebutuhan khusus dan/atau Peserta yang mengunggah sertifikat non-akademik (termasuk yang mengunggah Sertifikat Tahfidzul Qur’an) diwajibkan hadir untuk wawancara setelah Ujian Tulis (UTBC-SM UNS) dilaksanakan di Sekretariat Panitia UTBC SM-UNS pada lokasi masing-masing.
  4. Prestasi non-akademik yang diakui adalah prestasi kejuaraan olimpiade sains dan teknologi, lomba karya ilmiah remaja, olahraga, dan seni, minimal tingkat provinsi, sedangkan untuk Hafidzul Al-Qur’an minimal 15 Juz.

C. Prosedur Pendaftaran SM-UNS
  1. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran melalui internet pada situs http:// spmb.uns.ac.id, klik ”Pendaftaran” dan akan mendapatkan Nomor Pendaftaran SM UNS.
  2. Calon peserta membayar Biaya Pendaftaran: Rp300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) di salah satu bank berikut: Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN) atau Bank Mandiri dan akan mendapatkan PIN / Kode Akses yang tercantum yang tercantum dalam Bukti Pembayaran Biaya Pendaftaran).
  3. Cetak Kartu Tanda Peserta secara online di http://spmb.uns.ac.id dengan menggunakan Nomor Pendaftaran SM-UNS dan PIN.
  4. Pendaftaran yang dilakukan lebih dari satu kali, data yang digunakan adalah pendaftaran yang terakhir.

D. Pilihan Program Studi

Kelompok program studi dan jumlah pilihan pada SM-UNS adalah sebagai berikut.
  1. Program studi dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum, baik untuk program Sarjana dan Program Diploma.
  2. Peserta dapat memilih dua program studi Sarjana (S-1) dan / atau Diploma (D-3 dan D-4), dengan ketentuan sebagai berikut:
  3. a. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, dipersyaratkan peserta memiliki Sertifikat Hasil UTBK LTMPT kelompok ujian Saintek.
  4. b. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, dipersyaratkan peserta memiliki Sertifikat Hasil UTBK LTMPT kelompok ujian Soshum.
  5. c. Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, dipersyaratkan peserta memiliki Sertifikat Hasil UTBK LTMPT kelompok ujian Saintek dan juga kelompok ujian Soshum.
  6. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  7. Program studi dapat dilihat di laman http://spmb.uns.ac.id

E. Pelaksanaan Seleksi
  1. Seleksi didasarkan atas pengolahan Data Nilai UTBK LTMPT tahun ini dan Nilai Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) SM-UNS tahun ini dan / atau nilai prestasi non-akademik.
  2. Materi Soal UTBC SM-UNS meliputi:
    • Tes Potensi Akademik (TPA);
    • Tes Kemampuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  3. Pilihan Lokasi UTBC SM-UNS:
    • Surakarta (UNS), Surabaya (UNESA), Bandung (UNPAD), Jakarta (UNJ), Serang (UNTIRTA), Lampung (UNILA), Medan (USU), Makassar (UNHAS)
  4. Peserta yang telah diterima pada SNMPTN atau SBMPTN tahun ini tidak diikutsertakan pada seleksi SM-UNS tahun ini

F. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran jalur mandiri UNS diperkiraan dibuka di bulan Juli. Namun kalian harus mempersiapkannya sejak sekarang. Bisa saja jadwalnya dimajukan jadi bulan Juni. Untuk kepasatiannya, silahkan cek langsung di website resmi SPMB UNS.

G. Informasi Biaya Kuliah

Biaya kuliah mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SM-UNS terdiri dari SPI dan UKT :
  • Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), SPI dipungut sekali selama studi pada awal tahun kuliah dengan pembayaran dapat diangsur dua kali (Nominal SPI bervariasi untuk setiap program studi).
  • Uang Kuliah Tunggal (UKT), UKT dipungut per semester sampai selesai masa studi. (Nominal UKT bervariasi untuk setiap program studi).

H. Kontak Panitia
Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami No. 36 A Gedung SPMB Lt. 1 Kampus Kentingan Surakarta 57126
Phone Direct. (0271) 634880
Hunting: (0271) 646994 Psw. 358
Fax. (0271) 634880
Itulah informasi terkait penerimaan calon mahasiswa baru jalur mandiri UNS. Mungkin kalian membtuhkan informasi lainnya, cek saja langsung di website resmi SPMB UNS.

Selain jalur mandiri, jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN, UNS juga memiliki jalur seleksi lainnya yang dibuka untuk menerima mahasiswa jenjang pascasarjana, atau pendidikan spesialis, ataupun profesi. Informasi lebih lanjut dapat kalian temukan pada artikel : Pendaftaran Online UNS (Universitas Sebelas Maret)

Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan informasi ini dengan informasi yang ada di website resmi, maka ikuti yang ada di website resmi tersebut.

Sumber : spmb.uns.ac.id
Demikian informasi mengenai Pendaftaran Jalur Mandiri UNS (spmb.uns.ac.id). Semoga informasi tersebut bisa memberikan gambaran seperti apa pendaftaran jalur mandiri di UNS. 

Terima kasih atas waktu yang diluangkan untuk membaca artikel ini. Ayo bagikan info ini pada teman lainnya juga. Ajak temanmu untuk berkunjung ke blog ini. Cukup sekian dan salam sukses.