Pendaftaran Jalur Mandiri Universitas Brawijaya (UB) 2024/2025 (selma.ub.ac.id)

Pendaftaran Jalur Mandiri UB 2024 - selma.ub.ac.id, Pendaftaran Selma UB D3 - D4 - S1, Pendaftaran Seleksi Mandiri UB (SMUB), Pendaftaran UB Jalur Mandiri, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UB, Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UB, Biaya Jalur Mandiri UB, Pendaftaran Mandiri UB, Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya. 2026.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Jalur Mandiri Universitas Brawijaya (UB) 2024/2025 (selma.ub.ac.id). Infomasi ini ditujukan khususnya bagi para calon mahasiswa yang ingin kuliah di UB melalui seleksi mandiri. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranonline.web.id/

Universitas Brawijaya atau disingkat UB adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terfavorit di Indonesia yang berlokasi di Malang. Banyak sekali para lulusan SLTA sederajat yang ingin meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi di Universitas Brawijaya (UB).

Mengenai jalur seleksi yang dibuka, cukup banyak jalur seleksi yang dibuka oleh Universitas Brawijaya (UB) untuk menyeleksi calon mahasiswa baru terutama untuk calon mahasiswa jenjang Diploma dan jenjang Sarjana, baik itu jalur seleksi nasional ataupun jalur mandiri.

Jalur seleksi nasional yang telah dibuka yaitu jalur SNBP dan SNBT yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa jenjang Diploma dan Sarjana. Namun kedua jalur tersebut saat ini telah ditutup. Jadi kalian harus mengikuti jalur mandiri yang masih dibuka.

Universitas Brawijaya (UB) sebagai salah satu PTN terfavorit tetap memberikan kesempatan bagi para calon mahasiswanya untuk bisa menempuh pendidikan disini. Dalam hal ini. Universitas Brawijaya (UB) membuka jalur mandiri.

Jalur mandiri UB dikenal dengan nama SELMA UB atau Seleksi Masuk Universitas Brawijaya. Adapun website resmi Selma UB yaitu selma.ub.ac.id

Jalur mandiri UB atau Selma UB bisa menjadi salah satu jalur alternatif bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di UB.  Mungkin sebelumnya kalian telah mengikuti seleksi jalur SNBP atau SNBT tetapi tidak beruntung. Dalam artian, kalian tidak lulus seleksi jalur tersebut.

Nah, solusi saat ini yang bisa ditempuh yaitu dengan mengikuti seleksi jalur mandiri yang dibuka oleh Universitas Brawijaya (UB). 

Dengan masih dibukanya jalur mandiri UB atau Selma UB, maka kalian harus bisa memaksimalkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin. Mungkin ini adalah kesempatan terakhir untuk bisa masuk ke Universitas Brawijaya (UB). Jadi sekali lagi, maksimalkanlah.

Banyak cara untuk bisa memaksimalkan kesempataan ini, maksudnya upayakan dengan maksimal agar bisa lulus seleksi jalur mandiri, yaitu bisa dengan cara belajar bersama teman, ikut serta try out (jika ada), mendatangkan guru privat ke rumah, atau belajar sendiri di rumah dengan sungguh-sungguh. Jika telah berupaya maksimak, semoga hasilnya bisa sesuai harapan.

Mengenai tingkat persaingan di jalur mandiri UB, tentunya persaingan di jalur mandiri tidak seketat pada jalur SNBT. Persaingan di jalur mandiri telah berkurang karena beberapa pesaing lain telah lulus seleksi di jalur SNBT. Ini kesempatan yang baik bagi kalian.

Untuk bisa mengikuti seleksi jalur mandiri UB, kalian harus mempersiapkan beberapa persyaratan pendaftaran dengan lengkap, juga harus mengikuti alur pendaftaran sesuai aturan. Untuk lebih jelasnya mengenai persyaratan pendaftaran dan alur pendaftaran, serta ketentuan lain terkait pendaftaran jalur mandiri UB, silahkan disimak selengkapnya di bawah ini.

Pendaftaran Jalur Mandiri Universitas Brawijaya (UB) dibedakan untuk jalur mandiri UB jenjang Sarjana dan jalur mandiri UB jenjang Diploma / Vokasi.

I. Pendaftaran Jalur Mandiri Universitas Brawijaya (UB) Jenjang Sarjana (S1)

Universitas Brawijaya (UB) membuka penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana (S1) melalui jalur mandiri. Berikut informasi lengkap terkait penerimaan jalur mandiri UB atau Selma UB.

1. Persyaratan Pendaftaran

Bagi calon pendaftar Seleksi Mandiri UB, harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Lulusan SMA / SMK / MA atau sederajat yang lulusn 3 tahun terakhir (lulusan tahun ini, tahun kemarin, dan tahun kemarinnya lagi).
  3. Bagi lulusan SMA / SMK / MA atau sederajat dan Paket C tahun kemaren dan tahun kemarennya lagi sudah harus memiliki ijazah;
  4. Bagi lulusan SMA / SMK / MA atau sederajat dan Paket C tahun ini yang belum memiliki ijazah maka wajib memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah dan/atau Ijazah. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi identitas diri dan foto berwarna terbaru yang bersangkutan, serta disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto);
  5. Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri harus memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD;
  6. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

B. Pilihan Program Studi
  1. Kelompok ujian Seleksi Mandiri UB dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu Kelompok Ujian SAINTEK, Kelompok Ujian SOSHUM dan Kelompok Ujian CAMPURAN;
  2. Setiap peserta ujian hanya dapat memilih 2 (dua) program studi dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Jika 2 (dua) program studi yang dipilih semuanya dari kelompok SAINTEK, peserta mengikuti kelompok ujian SAINTEK;
    • Jika 2 (dua) program studi yang dipilih semuanya dari kelompok SOSHUM, peserta mengikuti kelompok ujian SOSHUM;
    • Jika program studi yang dipilih 1 (satu) dari kelompok SAINTEK dan 1 (satu) dari kelompok SOSHUM, peserta mengikuti kelompok ujian CAMPURAN;
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan;
  4. Program studi yang ditawarkan dapat dilihat pada:
    • Kelompok Saintek
    • Kelompok Soshum
  5. Bagi peserta yang memilih Program Studi Seni Rupa Murni, WAJIB mengunggah portofolio dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Satu buah karya gambar naratif dengan teknik menggambar hitam/putih (B/W) sesuai soal/tema yang telah disediakan.
    • Satu buah karya gambar bentuk (komposisi benda) dengan teknik menggambar berwarna sesuai soal/tema yang telah disediakan.
    • Satu hingga dua karya 2D (seperti sketsa, gambar, ilustrasi, lukisan) atau karya 3D (seperti patung, keramik, gerabah, miniatur clay, figuratif karakter).
    • Seluruh karya dan dokumen isian disusun dalam format PPT dengan ukuran file maksimal 10 MB. Peserta WAJIB menggunakan template untuk file dan dokumen yang disediakan untuk kepentingan penilaian portofolio SMUB. Apabila peserta tidak menggunakan template file dan dokumen yang disediakan, dokumen portofolio yang bersangkutan dapat didiskualifikasi dalam proses penilaian.

C. Materi dan Lokasi Ujian

1. Materi Ujian :

Kelompok Ujian Saintek (IPA) :
  • IPA dan IPA Terpadu
  • Matematika IPA
  • Bahasa Inggris
Kelompok Ujian Soshum (IPS) :
  • IPS dan IPS Terpadu
  • Matematika IPS
  • Bahasa Inggris

2. Lokasi Ujian :

Lokasi Ujian Tulis : Kampus Universitas Brawijaya (sesuai yang tertera pada kartu peserta ujian)

D. Alur Pendaftaran
  1. Buat akun baru di admisi.ub.ac.id . Login bagi yang telah membuat akun
  2. Pilih menu pendaftaran jalur mandiri
  3. Request kode pembayaran
  4. Lakukan pembayaran di Bank
  5. Login ke web Admisi dan isi data pembayaran serta upload bukti pembayaran untuk konfirmasi
  6. Pengisian data pendaftaran seleksi mandiri UB
  7. Cetak kartu peserta
  8. Mengikuti ujian seleksi mandiri UB
  9. Melihat pengumuman hasil seleksi sesuai jadwal

E. Tata Cara Pendaftaran
  1. Calon peserta melakukan pengisian data awal di laman https://admisi.ub.ac.id;
  2. Gunakan alamat email yang benar dan valid untuk melakukan verifikasi email pendaftar;
  3. Pendaftar memilih Pendaftaran Seleksi Mandiri UB, memilih Kelompok Ujian kemudian melakukan request KODE PEMBAYARAN;
  4. Apabila proses request berhasil, maka Anda akan memperoleh KODE PEMBAYARAN (13 digit);
  5. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah) untuk SAINTEK dan SOSHUM, dan Rp. 750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) untuk CAMPURAN disetor pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran) di seluruh Indonesia dengan menunjukkan KODE PEMBAYARAN;
  6. Pengisian data awal dan pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan sesuai jadwal
  7. Finalisasi pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman https://admisi.ub.ac.id;
  8. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Harap mengikuti tata cara pembayaran sesuai aturan
  9. Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman https://admisi.ub.ac.id. Harap menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar sebagai bukti cadangan;
  10. Setelah konfirmasi, pendaftar dapat melakukan pengisian pendaftaran Seleksi Mandiri UB;
  11. Pendaftar dapat mengunggah sertifikat prestasi unggul (3 prestasi terbaik), dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Tingkat Internasional (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, Peserta)
    • Tingkat Regional (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, Peserta)
    • Tingkat Nasional (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, Peserta)
    • Hafizh Al-Quran (5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz)
  12. Setelah pendaftaran selesai, peserta akan mendapatkan Nomor Pendaftaran Seleksi Mandiri UB.
  13. Calon peserta mencetak Kartu Peserta Ujian.

F. Pengumuman Hasil Seleksi

Pengumuman hasil seleksi jalur mandiri UB dapat dilihat melalui laman www.selma.ub.ac.id

Bagi peserta yang dinyatakan diterima pada jalur mandiri UB dapat melakukan pemberkasan online. Informasi mengenai tata cara registrasi dan pembayaran biaya pendidikan akan diumumkan kemudian pada laman https://selma.ub.ac.id.

G. Lain-lain
  1. Pertanyaan atau informasi terkait pendaftaran Seleksi Mandiri UB dapat disampaikan melalui laman Halo SELMA https://haloselma.ub.ac.id atau,
  2. Silahkan menghubungi Bagian Akademik UB (Gedung Rektorat Lantai II) Telp (0341) 551611 Pesawat 117, 118 dan 139 untuk pertanyaan atau informasi bidang akademik dan,
  3. Helpdesk TIK UB (Gedung Rektorat Lantai II), Telp. (0341) 575878 atau 551611 Pesawat 134 untuk pertanyaan atau informasi terkait aplikasi pendaftaran on-line.
  4. Silahkan menghubungi pada waktu dan jam kantor (08.00 – 15.00 WIB)

II. Pendaftaran Jalur Mandiri Universitas Brawijaya (UB) Jenjang Vokasi / Diploma

Universitas Brawijaya (UB) melakukan penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri untuk Program Ahli Madya (D3) dan Program Sarjana Terapan (D4). Berikut ketentuan terkait pendaftaran jalur mandiri jenjang Diploma.

A. Persyaratan Pendaftaran

1. Persyaratan Umum :
  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Warga Negara Asing, yang diterima harus mendapat izin dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
  3. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

2. Persyaratan Akademik :
  • Lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Luar Negeri setara SMA / SMK (dengan syarat telah memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD) dan lulusan Paket C. Semunya untuk lulusan tahun 5 tahun kebelakang dihitung dari lulusan tahun ini. (Lulusan tahun ini, tahun kemaren, dan seterusnya)

3. Persyaratan Khusus :
  1. Bagi pendaftar yang memilih Bidang Minat Perhotelan dan Bidang Minat Perbankan :
    • Laki-laki : tinggi badan minimal 160 cm
    • Perempuan : tinggi badan minimal 155 cm
    • Khusus bagi pendaftar Bidang Minat Perbankan WAJIB berpakaian rapi formal (office look style)
  2. Bagi pendaftar Sarjana Terapan yang memilih Program Studi Desain Grafis (Bidang Minat Desain Komunikasi Visual dan Bidang Minat Desain Interior) :
    • Tidak Buta Warna
    • Memiliki kemampuan menggambar manual dengan WAJIB MEMBAWA PORTOFOLIO dan dikumpulkan pada saat pelaksanaan ujian dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Satu buah karya gambar suasana dengan teknik finishing menggambar hitam/putih sesuai soal
    • Satu buah karya gambar komposisi benda dengan teknik menggambar berwarna sesuai soal
    • Gambar dikerjakan pada kertas gambar ukuran A3, dan peserta WAJIB menempelkan template format ujian pada bagian belakang kertas gambar
    • Peserta wajib mengikuti seluruh ketentuan format dan jenis gambar, apabila peserta tidak menaati ketentuan yang telah dikeluarkan oleh panitia, maka, dokumen portofolio peserta dapat didiskualifikasi
    • Peserta wajib mengisi dan mengumpulkan form originalitas karya yang disertai materai Rp 6.000,- dan tanda tangan (tanda tangan harus mengenai sebagian materai)
    • Semua kelengkapan dimasukkan ke dalam map A3

B. Program Studi dan Bidang Minat

1. Program Sarjana Terapan (D4) :
  • Program Studi Manajemen Perhotelan
  • Program Studi Desain Grafis :
    • Minat Desain Komunikasi Visual
    • Minat Desain Interior

2. Program Ahli Madia (D3) :
  1. Program Studi Administrasi Bisnis (d.h Kesekretariatan)
    • Minat Administrasi Perkantoran dan Sekretari
    • Minat Administrasi Hukum
    • Minat Public Relations
    • Minat Perpustakaan dan Kearsipan
    • Minat Business English
  2. Program Studi Keuangan dan Perbankan
    • Minat Perbankan
    • Minat Perpajakan
    • Minat Akuntansi Terapan
  3. Program Studi Teknologi Informasi (d.h Teknik Komputer)
    • Minat Sistem Informasi
    • Minat Teknologi Informasi dan Komputer
    • Minat Bisnis Digital dan E-Commerce
    • Minat Film dan Televisi

C. Pilihan Bidang Minat
  • Setiap peserta ujian hanya dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) bidang minat pada program studi;
  • Urutan dalam pemilihan bidang minat pada program studi menyatakan prioritas pilihan;

D. Alur Pendaftaran

Alur pendaftaran dilakukan sama seperti pada pendaftaran jalur mandiri jenjang Sarjana di atas. Hanya saja diisi yang dipilih jalurnya adalah jalur mandiri pendidikan vokasi.

E. Tata Cara Pendaftaran

Tata cara pendaftaran juga dilakukan sama prosesnya seperti pada jalur seleksi mandiri sarjana di atas. Sedikit yang membedakan mungkin ntuk jalur mandiri vokasi tidak ada tahapan dalam mengunggah sertifikat prestasi unggul seperti pada jalur mandiri sarjana di atas.

F. Materi dan Lokasi Ujian

Materi Ujian :
  • Materi Ujian Tulis : Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika
  • Perlengkapan : Pensil 2B, Penghapus dan Bolpoin
Keterampilan Desain :
  • Materi Ujian Tulis : Menggambar Bentuk / Ilustrasi
  • Perlengkapan : Portofolio (sesuai ketentuan pada persyaratan khusus)
Performance Test (khusus pendaftar Bidang Minat Perbankan) :
  • Materi Ujian Tulis : Penampilan
  • Perlengkapan : Berpakaian formal rapi (office look style)

G. Pengumuman Hasil Seleksi

Hasil seleksi mandiri vokasi akan diumumkan secara online sesuai jadwal di laman www.selma.ub.ac.id.

Bagi peserta yang diterima dapat melakukan pemberkasan online sesuai jadwal. Informasi mengenai tata cara registrasi dan pembayaran biaya pendidikan akan diumumkan kemudian pada laman https://selma.ub.ac.id.

H. Lain-lain

Informasi lainnya yang dibutuhkan dapat cek langsung di web Selma UB atau tanyakan pada panitia melalui email atau kontak yang ada sesuai jadwal. Alamat atau kontak panitia sama seperti pada jalur mandiri jenjang sajana di atas. Silahkan cek di atas.

Sumber : selma.ub.ac.id

Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri UB. Informasi tersebut bisa saja berubah atau mengalami perubahan sesuai ketentuan dari UB. Maka dari itu, cek juga inoformasi yang ada di website resmi Selma UB. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, ikuti yang ada di website resmi tersebut.

Selain jalur mandiri, jalur SNBP, dan SNBT, Universitas Brawijaya (UB) juga memiliki jalur seleksi lainnya seperti jalur SAP, SMPD, SPMV, jalur untuk mahasiswa program pascarajana, jalur untuk mahasiswa internasional dan jalur untuk program profesi. Cek informasinya disini : Pendaftaran Online UB (Universitas Brawijaya)

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Jalur Mandiri Universitas Brawijaya (UB)(selma.ub.ac.id). Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih telah mmebaca artikel ini. Ayo bagikan pada teman lainnya. Cukup sekian dan salam sukses untuk semua.