Pendaftaran Online Poltesa 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.poltesa.ac.id 2024 -- Pendaftaran POLTESA Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB Politeknik Negeri Sambas, Pendaftaran Online Poltesa, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Poltesa, Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Poltesa, Pendaftaran D3/D4 Poltesa, Pendaftaran Politeknik Negeri Sambas, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online Poltesa 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan pencerahan untuk para lulusan SLTA sederajat yang berkeinginan untuk kuliah di POLTESA. Pembahasan selengkapnya dapat disimak berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Negeri Sambas atau yang sering disebut dengan POLTESA adalah salah satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang terletak di Jl. Raya Sejangkung Kawasan Pendidikan Tinggi Sambas - Kalimantan Barat 79400.

Sejarah singkat pendirian Politeknik Negeri Sambas dari awal yang berstatus swasta hingga berstatus negeri yaitu : Pendirian Politeknik Sambas diawali oleh keinginan Masyarakat terhadap Rencana Pendirian Politeknik Sambas pada tahun 2005. Dilanjutkan dengan kegiatan Studi Kelayakan Pendirian Politeknik Sambas pada tahun 2006.

Pada tahun 2007, diajukan usul pendirian Politeknik Sambas ke Dirjen Dikti oleh Tim Perintis Pendirian yang dibentuk dengan SK Bupati Sambas No. 206/2007 tanggal 2 Juli 2007. Setelah melalui serangkaian tahapan seleksi dan penilaian, maka pada akhirnya Dirjen Dikti menyetujui perubahan status dari swasta menjadi negeri melalui Permendikbud No: 15 Tahun 2013 dan diresmikan pada tanggal 9 Maret 2013 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak. Mohammad Nuh yang bertempat di Kampus Politeknik Negeri Sambas." Sumber : website resmi Politeknik Negeri Sambas.

Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) telah memiliki beberapa jurusan dan program studi berikut ini :

Jurusan Manajemen Informatika terdiri dari :
  • Program Studi D III Manajemen Informatika
  • Program Studi D IV Teknik Multimedia
  • Program Studi D IV Akuntansi Keuangan Perusahaan

Jurusan Agribisnis terdiri dari :
  • Program Studi D III Agrobisnis
  • Program Studi D IV Agroindustri Pangan
  • Program Studi D IV Agribisnis Perikanan Dan Kelautan
  • Program Studi D IV Manajemen Bisnis Pariwisata

Jurusan Teknik Mesin terdiri dari :
  • Program Studi D III Teknik Mesin
  • Program Studi D IV Teknik Mesin Pertanian

Dari sejumlah program studi yang ada di Politeknik Negeri Sambas (POLTESA), mungkin salah satunya ada yang diminati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri menjadi mahasiswa baru Poltesa pada tahun ini.

Selanjutnya kalian harus tahu jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh POLTESA untuk melakukan penyeleksian calon mahasiswa baru. Berikut informasinya.

A. Pendaftaran Online POLTESA Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi dikenal dengan jalur seleksi tanpa tes karena seleksinya dilakukan dengan berdasarkan nilai raport siswa selama 5 semester.

Jadi, jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi saja, dan yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Pendaftaran SNBP diawali oleh Kepala Sekolah yang mengisi data-data pendaftaran siswa-siswinya di laman PDSS SNBP. Setelah siswa-siswi direkomendasikan, barulah bisa melanjutkan proses pendaftaran SNBP sampai dengan mencetak kartu peserta.

Panduan pengisian data, persyaratan, portofolio, jadwal, mekanisme seleksi, jumlah pilihan Politeknik dan program studi, daftar Politeknik Negeri se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran Online POLTESA Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Poltesa yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis UTBK.

Jalur ini terbuka untuk lulusan tingkat SLTA sederajat yang telah lulus maksimal 3 tahun terakhir.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi SNBT. Linknya akan diberikan diakhir bagian ini pada artikel lanjutan.

Ada biaya pendaftaran untuk jalur ini.

Infomasi lebih lanjut seperti persyaratan, link pendaftaran, portofolio, cara mendaftar, jumlah pilihan program studi, pilihan perguruan tinggi, dan lainnya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran Online POLTESA Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang diselenggarakan oleh POLTESA untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Jalur ini bisa menjadi alternatif bagi kalian yang mungkin sebelumnya telah mengikuti jalur SNBP atau SNBT tetapi tidak lulus. Silahkan persiapkan diri dengan sebaik mungkin.

Persyaratan :
  1. Memiliki NISN,
  2. Ijazah / Surat Keterangan Lulus / Surat Keterangan Aktif Siswa Kelas XII,
  3. Pas Foto Warna (Pakaian Rapi Berkerah) dalam bentuk JPEG,
  4. Umur Maksiman 23 tahun pada tanggal 31 Agustus

Pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara online di laman pmb.poltesa.ac.id. Informasi lebih lanjut dapat di cek di laman tersebut.

D. Pendaftaran Online KIP Kuliah POLTESA

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Untuk kalian yang ingin mengikuti seleksi KIP Kuliah di POLTESA, harus terdaftar di salah satu jalur seleksi masuk yang dibuka oleh POLTESA seperti jalur SNBP, SNBT, atau mandiri.

Penjelasan mengenai KIP Kuliah seperti tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal, dan lain-lain, selengkapnya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah


Itulah jalur seleksi masuk yang dibuka oleh POLTESA. Silahkankan ikuti jalur manapun yang kalian inginkan.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Online Poltesa yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian.

Admin turut mendoakan semoga lulus seleksi dan diterima menjadi mahasiswa baru di Poltesa. Terima kasih atas waktu yang diluangkan untuk membaca artikel ini.

Mari bantu bagikan informasi ini pada teman atau kerabat yang membutuhkan.