Pendaftaran Online POLIBATAM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.polibatam.ac.id 2024 -- Pendaftaran POLIBATAM Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran Polibatam, Pendaftaran Mahasiswa Baru Polibatam, PMB Polibatam, Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Batam, Panduan Pendaftaran Online POLIBATAM, Cara Pendaftaran Online POLIBATAM, Jalur SNBP, SNBT, D4 Lanjut Jenjang, RPL, Bidikmisi, KIP Kuliah. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Online POLIBATAM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin mendaftar kuliah di POLIBATAM. Setelah membaca artikel ini diharapkan kalian mendapatkan informasi lengkap mengenai pendaftaran Polibatam. Simak Informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Negeri Batam merupakan Politeknik Negeri pertama yang didirikan di Kota Batam dan di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. 

Pada awalnya Polibatam adalah Perguruan Tinggi Swasta di bawah Yayasan Pendidikan Batam yang memiliki anggota yaitu Otorita Batam, Institut Teknologi Bandung, Pemerintah Kota Batam, dan Universitas Riau. Pada 18 Oktober 2010, Pemerintah meresmikan Polibatam menjadi PTN dengan nama Politeknik Negeri Batam.

Politeknik Negeri Batam telah memiliki 4 jurusan, yaitu jurusan Manajemen Bisnis, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Mesin. Informasi lebih rinci berikut ini

Jurusan Manajemen Bisnis, terdiri dari program studi :
  • D3 Akuntansi
  • D4 Akuntansi Manajerial
  • D4 Administrasi Bisnis Terapan
  • D4 Logistik Perdagangan Internasional
  • D4 Administrasi Bisnis Terapan (International Class)
  • D2 Jalur Cepat Distribusi Barang

Jurusan Teknik Elektro, terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Elektronika Manufaktur
  • D3 Teknik Instrumentasi
  • D4 Teknologi Rekayasa Elektronika
  • D4 Teknik Mekatronika
  • D4 Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi
  • D4 Teknik Robotika

Jurusan Teknik Informatika, terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Informatika
  • D3 Teknologi Geomatika
  • D4 Animasi
  • D4 Teknik Multimedia dan Jaringan
  • D4 Rekayasa Keamanan Siber
  • D4 Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusan Teknik Mesin, terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Mesin
  • D3 Teknik Perawatan Pesawat Udara
  • D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan
  • D4 Teknologi Rekayasa Pengelasan dan Fabrikasi
  • Program Profesi Insinyur (PSPPI)

Itulah beberapa program studi yang ada di Polibatam. Dari beberapa program studi tersebut, mungkin ada salah satu yang diminati. Jika demikian, segera daftarkan diri menjadi calon mahasiswa Polibatam.

Polibatam membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan berbagai jalur mandiri, serta ada KIP Kuliah. Informasi selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran Online Polibatam Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan pola seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri yang salah satunya adalah POLIBATAM.

Seleksi jalur SNBP
ini didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII semester 1.

Dari keterangan tersebut, dapat diketahui hanya siswa yang memiliki prestasi di setiap semester yang akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti jalur SNBP.

Untuk siswa yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, silahkan mengikuti jalur SNBT atau jalur seleksi mandiri Politeknik.

Pendaftaran SNBP diawali oleh sekolah yang memberikan rekomendasi pada siswa yang memenuhi persyatan di jalur ini.

Setelah direkomendasikan, kemudian siswa bisa melakukan pendaftaran lanjutan untuk melengkapi semua data pendaftaran online sampai dengan tahap mencetak kartu tanda peserta SNBP.

Informasi mengenai jadwal pelaksanaan, link pendaftaran, tata cara pendaftaran oleh sekolah dan siswa, persyaratan pendaftaran, biaya pendataran, nama-nama Politeknik Negeri se-Indonesia, serta keterangan lain yang berkaitan dengan SNBP dapat dibaca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP

B. Pendaftaran Online Polibatam Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes merupakan jalur seleksi nasioal untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang salah satunya adalah POLIBATAM ini.

Seleksi di jalur SNBT ini dilaksanakan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / sederajat bisa mendaftar di jalur ini jika memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan.

Pendaftaran SNBT secara online yang dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi untuk melengkapi data pendaftaran.

Biaya pendaftaran SNBT tidak gratis seperti pada jalur SNBP sehingga calon peserta perlu mengeluarkannya yang dibayarkan melalui bank yang telah bekerjasama dengan panitia SNBT.

Keterangan yang lebih lengkap seperti persyaratan, cara mendaftar, jadwal pelaksanaan, ketentuan biaya, daftar perguruan tinggi, pilihan program studi, portofolio, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artike berikut : Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran Online Polibatam Jalur PMDK

PMDK (Penelusuran Minat Dan Kemampuan) adalah jalur seleksi yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa dari lulusan tahun ini saja yang memiliki prestasi non-akademik.

Calon mahasiswa yang lulus pada program PMDK mendapat kesempatan untuk memperoleh beasiswa yaitu beasiswa PMDK dengan mengajukan pendaftaran beasiswa terlebih dahulu. 

Beasiswa PMDK diperuntukkan bagi peserta PMDK yang memiliki prestasi non akademik atau nilai ujian nasional murninya tertinggi. Peserta yang dinyatakan mendapat beasiswa PMDK berupa pembebasan biaya perkuliahan selama 1 semester.

Peserta yang dinyatakan tidak diterima pada PMDK-Prestasi tetap mendapat kesempatan untuk mendaftar kembali di Jalur lainnya. Penerimaan melalui jalur PMDK Prestasi dibuka untuk seluruh program studi kelas REGULER PAGI.

Persyaratan Pendaftaran :
  • Calon Lulusan SLTA sederajat tahun ini
  • Memiliki prestasi non akademik minimal tingkat kota selama SMA / SMK / MA
  • Surat rekomendasi dari sekolah.

Pendaftaran secara online di web: registrasi.polibatam.ac.id

Keterangan lainnya dapat ditemukan di laman tersebut.

D. Pendaftaran Online Polibatam Jalur UMPB

Selain ketiga jalur seleksi nasional di atas, POLIBATA juga membuka jalur seleksi mandiri untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya. Jalur seleksi mandiri POLIBATAM dikenal dengan nama UMPB.

UMPB atau Ujian Masuk Politeknik Negeri Batam merupakan jalur mandiri penerimaan mahasiswa baru yang diadakan oleh Politeknik Negeri Batam yang seleksinya didasarkan pada hasil ujian tertulis.

Persyaratan Pendaftaran :
  • Siswa / siswi atau alumni SMA/SMK/MK sederajat
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di PDSS
  • Memiliki KTP dan KK
  • Mendaftar secara online
  • Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai ketentuan

Mekanisme Pendaftaran :
  1. Peserta melakukan registrasi akun pada website : https://registrasi.polibatam.ac.id/
  2. Setelah registrasi, akan diarahkan untuk melakukan login
  3. Peserta membeli formulir pendaftaran pada website https://registrasi.polibatam.ac.id/ dengan klik menu daftar
  4. Peserta memilih jalur masuk yang buka sesuai dengan jadwal penerimaan mahasiswa baru
  5. Kemudian peserta akan dialihkan ke dalam menu Riwayat untuk melihat Riwayat pembelian formuir
  6. Lihat mekanisme pendaftaran secara umum di https://registrasi.polibatam.ac.id/cara-pendaftaran/

Untuk keterangan lain yang diperlukan dapat dicari di laman http://registrasi.polibatam.ac.id

E. Jalur Seleksi Lainnya yang dibuka oleh POLIBATAM

Selain jalur-jalur seleksi di atas, ada juga jalur seleksi lainnya yang masih dibuka oleh POLIBATAM diantaranya yaitu :

1. AFIRMASI

Program Afirmasi ini sebagai bentuk kepedulian Politeknik Negeri Batam dalam rangka ikut berperan aktif dalam membantu pemerintah daerah yang berada di Kepulauan Riau dalam mencerdaskan anak-anak daerah untuk meningkatka taraf pendidikan dalam menghadapi tantangan globalisasi perkembangan zaman.

Seleksi mandiri yang merupakan jalur prestasi yang di peruntukan khusus untuk siswa/siswa dalam wilayah 3T (terluar, terbelakang dan terpencil) yang berada di Kepulauan Riau. Program ini diharapkan dapat membuka wawasan bagi anak daerah untuk meningkatkan pendidikan sehingga nantinya dapat berpartisipasa dalam pembangunan daerahnya.

2. Program Diploma II Distribusi Barang (D2FT) (Program Kerjasama)

Program D2 Fast Track / Jalur Cepat Distribusi Barang menjadi salah satu program Ditjen Pendidikan Vokasi yang bertujuan untuk mempercepat terciptanya tenaga kerja ahli dan terampil.

Melalui program ini, mahasiswa dapat menempuh pendidikan di perguruan tinggi vokasi dalam waktu tiga semester atau 1,5 tahun dengan total beban kredit minimum sebesar 72 SKS.

3. Program Diploma Melalui Micro-Credential + RPL

Micro Credential Program Diploma merupakan skema pendidikan jangka pendek secara daring yang dikombinasi dengan pendidikan diploma.

4. Program Profesi Insinyur (PSPPI)

RPL adalah Rekognisi Pembelajaran Lampau yang merupakan pengakuan terhadap Capaian Pembelajaran (CP) yang diperoleh seseorang dari pendidikan formal maupun pendidikan nonformal atau informal, dan atau pengalaman kerja pada jenjang pendidikan tinggi , dimulai pada level 3 KKNI (program D3) sampai dengan jenjang kualifikasi KKNI level 9 (program Doktor).

5. Jalur Masuk Program Magister

Dibuka juga jalur seleksi masuk untuk program magister. Bagi yang berminat silahkan daftarkan diri.


Untuk informasi selengkapnya masing-masing jalur seleksi mandiri di atas silahkan baca pada laman https://registrasi.polibatam.ac.id/jalur-masuk/

F. Pendaftaran Online KIP Kuliah Polibatam

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara finansial serta memiliki kemampuan akademik yang baik. 

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan hampir bersamaan dengan jalur seleksi yang diikuti, misal mengikuti jalur SNBP berarti juga harus mendaftar KIP Kuliah ini, atunpun mengikuti jalur seleksi lainnya.

Pendaftaran KIP Kuliah online di alamat web kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi lengkap mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal lengkap, serta keterangan lain yang berkaitan dengan KIP Kuliah telah admin rangkum pada artikel yang secara khusus membahas yaitu Pendaftaran KIP Kuliah


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke POLIBATAM, silahkan ikuti.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi

Sumber : https://registrasi.polibatam.ac.id/

Baca juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Online Politeknik Negeri Batam. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua.