Pendaftaran Online PPNP 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.ppnp.ac.id 2024 -- Pendaftaran PPNP / PolitaniPYK / Politani Payakumbuh, PMB PPNP / Politani Payakumbuh, Pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Penerimaan Maba Politani Payakumbuh, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah, Pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi Pendaftaran Online PPNP 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini disampaikan untuk kalian lulusan SMA / SMK sederajat yang berminat untuk kuliah di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh dikenal juga dengan nama Politani Payakumbuh atau PPNP. PPNP merupakan salah satu Politeknik Negeri yang menyelenggarakan pendidikan di bidang Pertanian.

Untuk kalian yang berada di daerah pertanian dan ingin menjadi seorang yang ahli di bidang pertanian, maka silahkan kuliah di kampus PPNP.

Lokasi kampus PPNP terletak di Jl. Raya Negara KM. 7, Tanjung Pati, Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat 26271, Indonesia.

Pada saat ini PPNP telah memiliki beberapa jurusan dan program studi seperti berikut ini :

Jurusan Budi Daya Tanaman terdiri dari program studi :
  • D4 Teknologi Produksi Tanaman Pangan (TPTP)
  • D3 Budi Daya Tanaman Hortikultura
  • D4 Teknologi Benih
  • D4 Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan
  • S2 Ketahanan Pangan

Jurusan Peternakan Dan Kesehatan Hewan terdiri dari program studi :
  • D4 Teknologi Produksi Ternak (TPT)
  • D3 Paramedik Veteriner

Jurusan Bisnis Pertanian terdiri dari program studi :
  • D3 Agribisnis
  • D4 Pengelolaan Agribisnis
  • D4 Pengelolaan Perkebunan

Jurusan Rekayasa Pertanian dan Komputer terdiri dari program studi :
  • D4 Teknologi Rekayasa Komputer
  • D3 Tata Air Pertanian
  • D3 Teknologi Mekanisasi Pertanian

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian terdiri dari program studi :
  • D2 Operasionalisasi Kafe dan Patiseri
  • D3 Teknologi Pangan
  • D4 Teknologi Rekayasa Pangan

Itulah daftar jurusan dan program studi yang ada di PPNP / Politani Payakumbuh. Silahkan pilih salah satu program studi tersebut sesuai dengan minat dan bakatmu

Selanjutnya admin akan memberikan informasi tentang jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh PPNP  / Politani Payakumbuh. Simak informasinya berikut ini.

A. Pendaftaran Online PPNP Jalur SNBP

PPNP adalah salah satu politeknik negeri yang tergabung dalam jalur seleksi SNBP. Telah kita ketahui bahwa jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi dan akan lulus sekolah tahun ini.

Bagi yang berminat untuk mendaftar silahkan melakukan pendaftaran dengan meminta rekomendasi pada Kepala Sekolah. Setelah direkomendasikan maka dapat melanjutkan proses pendaftaran hingga finalisasi.

Panduan pendaftaran, persyaratan untuk sekolah dan siswa, link, daftar prodi dan politeknik, jadwal, mekanisme seleksi, portofolio, dan lain sebagainya dapat dibaca secara lengkap pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran Online PPNP Jalur SNBT

Jalur berikutnya yang dibuka oleh  PPNP yaitu jalur SNBT. Jalur SNBT merupakan jalur tes masuk ke perguruan tinggi, salah satunya masuk ke PPNP ini.

Tes pada jalur SNBT ini dikenal dengan nama tes berbasis komputer atau UTBK, sehingga jalur ini sering pula disebut jalur UTBK SNBT.

Jalur ini terbuka untuk lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / SMK / sederajat.

Pendaftarannya dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengisi data online di laman resminya.

Untuk informasi pendaftaran secara lengkap seperti panduan pendaftaran, link, persyaratan, daftar prodi dan politeknik, jadwal, mekanisme seleksi, portofolio, dan lain sebagainya dapat dibaca secara lengkap pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran Online Politani Payakumbuh Jalur Mandiri

Jalur mandiri merupakan jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh PPNP untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya.

Ada beberapa jalur seleksi mandiri yang bisa diikuti oleh calon peserta yaitu :

1. Jalur Mandiri Portofolio

Jalur ini dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa jenjang D3 dan D4 yang mana seleksinya dilakukan melalui seleksi portofolio.

Biaya pendaftaran gratis.

2. Jalur Mandiri Bersama

Jalur ini dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa jenjang D3 dan D4 yang mana seleksinya dilakukan melalui tes CBT. 

Ada biaya pendaftaran yang perlu dikeluarkan untuk mendaftar.

3. Jalur Mandiri Hasil UTBK

Jalur ini dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa jenjang D3 dan D4 yang mana seleksinya dilakukan melalui hasil tes UTBK yang telah kalian ikuti.

Biaya pendaftaran gratis.

4. Jalur Masuk Magister Terapan

Jalur ini dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa jenjang Magister Terapan yang mana seleksinya dilakukan melalui tes dan wawancara.

Ada biaya pendaftaran yang perlu dikeluarkan untuk mendaftar.


Untuk informasi pendaftaran lebih lanjut tentang pendaftaran jalur mandiri PPNP yang telah disebutkan di atas silahkan cek di laman pmb.ppnp.ac.id

D. Pendaftaran Online KIP Kuliah PPNP

PPNP juga turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan pada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi yang baik yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Calon peserta yang ingin mengajukan diri mengikuti seleksi KIP Kuliah harus terdaftar di salah satu jalur seleksi masuk yang dibuka oleh PPNP yaitu jalur SNBP, SNBT, atau jalur mandiri.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan online di laman resmi KIP Kuliah Kemdikbud. Laman pendaftaran dapat ditemukan pada artikel lanjutan dibawah ini.

Informasi lebih lanjut seperti cara pendaftaran, laman pendaftaran, persyaratan, jadwal, dan lain sebagainya dapat dibaca secara lengkap pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah


Itulah jalur-jalur seleksi mahasiswa baru yang dibuka oleh Politani Payakumbuh. Silahkan ikuti jalur yang manapun sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga :

Demikian informasi tentang Pendaftaran Online PPNP Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat menambah informasi yang telah kalian miliki sebelumnya.

Mari bantu bagikan informasi ini pada teman atau saudara yang membutuhkan. Terima kasih atas kunjungan kalian dan sampai jumpa kembali.