Proses Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SNBT 2024/2025

Proses Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SNBT 2024 -- Update UTBK, Update SNBT, Proses Pendaftaran SNBT, Tes-Ujian-Seleksi SNBT, Pengumuman SNBT, Cara Mendaftar SNBT, Cara Melihat Pengumuman SNBT, Alur dan Tahapan Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SNBT. Petunjuk dan Prosedur Pendaftaran, Ujian, Sampai Pengumuman SNBT, 2026. 2027.

Kali ini admin akan membagikan informasi tentang Proses Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SNBT 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi calon peserta SNBT yang akan melakukan pendaftaran ataupun untuk peserta SNBT yang telah melakukan pendaftaran dan akan mengikuti proses berikutnya. Nah, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.


Proses pendaftaran, Ujian, hingga pengumuman SNBT merupakan suatu rangkaian terurut yang harus dilalui oleh peserta SNBT untuk bisa diterima sebagai mahasiswa baru di Perguruan Tinggi. Peserta harus mengikuti prosedur tersebut dengan baik agar proses-proses yang dilalui dapat berjalan lancar.

Berikut admin sampaikan penjelasan selengkapnya mengenai Proses Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SNBT. Silahkan disimak dengan baik.

1. Proses Pendaftaran SNBT

Proses pendaftaran SNBT merupakan proses awal yang harus dilakukan oleh calon peserta SNBT. Calon peserta melakukan pendaftaran SNBT secara online melalui alamat resmi pendaftaran SNBT yang dimulai dari membuat akun SNPMB, lalu mendaftar UTBK SNBT, dan diakhiri dengan melihat pengumuman kelulusan.

Sebelum melakukan pendaftaran SNBT, maka baca terlebih dahulu informasi seputar persyaratan, jadwal, biaya pendaftaran, daftar perguruan tinggi, dan lain-lain pada artikel berikut :

Karena pendaftaran SNBT dilakukan secara online, maka sebaiknya anda mempersiapkan dua hal berikut ini :
  • Laptop / PC yang lancar untuk dioperasikan
  • Kecepatan koneksi internet yang stabil dan cepat

Dua hal tersebut menjadi hal yang perlu untuk disiapkan saat proses pendaftaran SNBT karena akan memberikan pengaruh dalam kelancaran proses pendaftaran online SNBT.

Setelah anda menyiapkan dua hal di atas, maka selanjutnya dapat melakukan pendaftaran SNBT dengan tahapan sebagai berikut :

Tahapan Registrasi UTBK SNBT :

1. Registrasi Akun SNPMB

Wajib bagi semua calon pendaftar UTBK-SNBT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id


2. Login Portal SNPMB dan Memilih Menu Pendaftaran UTBK-SNBT

Masuk ke Portal SNPMB menggunakan akun SNPMB

3. Melengkapi Biodata

Mengisi dan melengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata serta unduh dan unggah pernyataan tunanetra dan/atau hambatan visual

4. Memilih Program Studi dan Mengunggah Portofolio

Mengunggah portofolio wajib bagi peserta yang memilih program studi Bidang Seni dan/atau Olahraga

5. Memilih Pusat UTBK

Memperoleh slip pembayaran biaya UTBK bagi peserta non pelamar KIP Kuliah

6. Melakukan Pembayaran

Lembaga dan mekanisme pembayaran akan diinformasikan lebih lanjut

7. Mengunduh Kartu Peserta UTBK-SNBT

Masuk ke Portal SNPMB dan memilih menu pendaftaran UTBK-SNBT untuk unduh kartu peserta UTBK-SNBT


2. Mengikuti Ujian SNBT

Ujian pada jalur SNBT dilakukan melalui UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer.

3. Melihat Pengumuman SNBT

Pengumuman SNBT adalah penentu kelulusan peserta SNBT. Pengumuman SNBT akan diumumkan secara online melalui situs resmi SNBT dan situs mirror beberapa PTN.

Cara melihat pengumuman SNBT dapat dilihat pada artikel berikut ini. Silahkan kunjungi masing-masing artikel sesuai kebutuhan anda :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Proses Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SNBT. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan arahan bagi anda dalam melakukan pendaftaran, hingga melihat pengumuman.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga harapan anda untuk diterima di PTN melalui jalur SNBT bisa terwujudkan. Amin. Cukup sekian dan semoga sukses selalu.

Mari turut berbagi informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan agar mereka bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat. Jangan lupa pula untuk berbagi artikel ini. Thanks.