Selamat datang di www.pendaftaranonline.web.id . Temukan dan baca informasi yang anda butuhkan di web ini. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Sebagai contoh ketik saja "SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, Dikti, PMDK-PN, SPMB, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, TNI-POLRI, Siswa Baru, dll". Jangan lupa untuk share informasi yang ada pada teman-teman yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami yang ada di sebelah kanan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Alur Pendaftaran SBMPTN 2017/2018

pendaftaran.sbmptn.ac.id 2017 -- Alur Pendaftaran SBMPTN, Langkah-langkah Pendaftaran SBMPTN, Tata Cara Pendaftaran SBMPTN, Alur Proses Pendaftaran SBMPTN, Pengisian Formulir Pendaftaran SBMPTN. Urutan Kegiatan Pelaksanaan Pendaftaran SBMPTN, Prosedur Pendaftaran SBMPTN, Panduan Lengkap Proses Pendaftaran SBMPTN. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Alur Pendaftaran SBMPTN 2017/2018. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran SBMPTN. Mari simak informasinya berikut ini.

www.pendaftaranonline.web.id

Telah kita ketahui bahwa SBMPTN merupakan jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis (CBT/PBT) yang diperuntukan bagi semua peserta dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan untuk peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SBMPTN ini, maka anda perlu mengetahui alur pendaftaran SBMPTN dimana alur pendaftaran SBMPTN ini dibedakan menjadi 3 alur yaitu sebagai beirkut ini.

1. Alur Pendaftaran SBMPTN Untuk Peserta Reguler (non-bidikmisi)

Calon peserta yang akan mendaftar SBMPTN dan bukan merupakan peserta Bidikmisi, maka dapat melakukan pendaftaran sesuai dengan Alur Pendaftaran SBMPTN berikut ini.

Alur Pendafaran Untuk Peserta SBMPTN Reguler (non-bidikmisi) :
  1. Calon peserta reguler membuka alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id
  2. Setelah membuka alamat tersebut, maka akan muncul 2 pilihan menu. Pilihlah menu paling kiri yaitu menu untuk calon peserta yang belum memuliki KAP dan PIN atau memerlukan KAP dan PIN baru. Klik tombol tersebut.
  3. Kemudian muncul halaman baru yang meminta anda untuk mengisi data berupa : apakah anda peserta bidikmisi atau tidak (pilih tidak), isi pula nama lengkap, tanggal lahir, dan isi kode captcha yang terlihat.
  4. Setelah itu klik tombol "daftar"
  5. Selanjutnya muncul halaman baru berupa keterangan kode bayar dan keterangan lainya.
  6. Silahkan cetak kode bayar tersebut dengan mengklik "Klik di sini untuk mencetak slip pembayaran ini"
  7. Selanjutnya membayar biaya pendaftaran di Bank Mandiri / BNI / BTN melalui ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, Teller sesuai dengan Bank yang dituju
  8. Setelah membayar, silahkan akses kembali alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id lalu pilih menu sebelah kanan yaitu menu login bagi yang telah memiliki KAP dan PIN.
  9. Isilah pasangan KAP dan PIN yang anda miliki serta isi kode captcha yang terlihat, lalu klik "login"
  10. Selanjutnya klik pilih foto untuk di unggah lalu tekan tombol "upload"
  11. Atur Pas foto anda, jika telah sesuai lalu klik "simpan"
  12. Selanjutnya isi biodata,  lalu klik "simpan"
  13. Isi data pendidikan, lalu klik "simpan"
  14. Pilih lokasi ujian dan program studi, lalu klik "simpan"
  15. Cek data yang telah anda isi tersebut, dan jika telah yakin benar, lalu "saya setuju untuk lanjut"
  16. Kemudian memilih mengikuti ujian tertulis berbasis komputer (CBT) atau ujian tertulis berbasis kerta (PBT)
  17. Selanjutnya mencetak kartu peserta SBMPTN

2. Alur Pendaftaran SBMPTN Untuk Peserta Bidikmisi Gratis

Peserta Bidikmisi Gratis adalah peserta Bidikmisi yang telah memiliki KAP dan PIN. Alur Pendaftaran SBMPTN Untuk Peserta Bidikmisi Gratis dapat anda pahami berikut ini
  1. Calon peserta bidikmisi gratis membuka alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id
  2. Lalu muncul 2 pilihan menu. Pilihlah menu sebelah kanan yaitu menu untuk calon peserta yang telah memiliki pasangan KAP dan PIN
  3. Kemudian muncul halaman baru yang meminta anda untuk mengisi pasangan KAP dan PIN dan isi kode captcha yang terlihat.
  4. Setelah itu klik tombol "login"
  5. Selanjutnya pilih file foto untuk diunggah kemudian tekan tombol "upload"
  6. Atur Pas foto anda sesuai dengan contoh, jika telah sesuai lalu klik tombol "simpan"
  7. Selanjutnya isi biodata secara lengkap dan benar,  lalu klik "simpan"
  8. Isi juga data pendidikan, lalu klik "simpan"
  9. Pilih lokasi ujian dan program studi yang anda minati, lalu klik "simpan"
  10. Periksa kembali data pendaftaran yang telah anda isikan, dan jika anda telah yakin benar, lalu "saya setuju untuk lanjut"
  11. Kemudian memilih jenis ujian yairu mengikuti ujian tertulis berbasis komputer (CBT) atau ujian tertulis berbasis kerta (PBT)
  12. Langkah terakhir yaitu mencetak kartu peserta SBMPTN

3. Alur Pendaftaran SBMPTN Untuk Peserta Bidikmisi Bayar

Peserta Bidikmisi Bayar adalah peserta Bidikmisi yang belum memiliki pasangan KAP dan PIN. Silahkan pahami Alur Pendaftaran SBMPTN Untuk Peserta Bidikmisi Bayar di bawah ini.
  1. Calon peserta bidikmisi bayar membuka alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id
  2. Kemudian muncul 2 pilihan menu. Pilih dan klik menu sebelah kiri yaitu menu untuk peserta bidikmisi.
  3. Selanjutnya isi data anda berupa : apakah anda peserta bidikmisi atau tidak (pilih ya), isi pula nama, tanggal lahir, dan isi kode captcha yang terlihat.
  4. Setelah itu klik tombol "daftar"
  5. Kemudian muncul halaman baru berupa keterangan kode bayar dan keterangan identitas anda.
  6. Silahkan cetak kode bayar tersebut dengan mengklik "Klik di sini untuk mencetak slip pembayaran ini"
  7. Selanjutnya melakukan pembayaran di Bank Mandiri / BNI / BTN melalui ATM, SMS Banking, Mobile Banking, atau Teller, sesuai dengan Bank yang dituju
  8. Setelah membayar, silahkan akses kembali alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id lalu pilih menu sebelah kanan yaitu menu login bagi peserta yang telah memiliki pasangan KAP dan PIN.
  9. Isikan pasangan KAP dan PIN pada kolom yang tersedia serta isi kode captcha yang terlihat, lalu klik "login"
  10. Selanjutnya klik pilih file pas foto anda untuk di unggah lalu tekan tombol "upload"
  11. Atur Pas foto anda sesuai contoh, jika telah sesuai lalu klik "simpan"
  12. Isi biodata diri,  lalu klik "simpan"
  13. Isi data pendidikan, lalu klik "simpan"
  14. Pilih lokasi ujian dan program studi, lalu klik "simpan"
  15. Silahkan periksa ulang data pendaftaran anda, jika telah yakin bahw adata tersebut benar, lalu "saya setuju untuk lanjut"
  16. Kemudian pilih jenis. Anda dapat memilih ujian tertulis berbasis komputer (CBT) atau ujian tertulis berbasis kerta (PBT)
  17. Akhiri proses pendaftaran dengan mencetak kartu peserta SBMPTN

Itulah alur pendaftaran SBMPTN untuk peserta reguler (non-bidikmisi), peserta Bidikmisi gratis, dan peserta Bidikmisi bayar. Silahkan anda ikuti alur pendaftaran sesuai dengan tujuan anda.
  • Bagi calon peserta SBMPTN yang belum memiliki KAP dan PIN, silahkan pilih menu sebelah kiri pada alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id dan baca informasi alur pendaftaran pada bagian nomor 1.
  • Bagi peserta Bidikmisi yang telah diterima pada SNMPTN tahun ini atau peserta Bidikmisi yang salah dalam melakukan proses pendaftaran, atau yang memerlukan KAP dan PIN baru, silahkan pilih menu yang sebelah kiri pada alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id dan baca informasi alur pendaftaran pada bagian nomor 3.
  • Bagi calon peserta yang telah mendaftar, namun KAP dan PIN tersebut hilang, maka bisa mendaftar kembali untuk mendapatkan KAP dan PIN baru. Pendaftaran dimulai dari awal. Silahkan ikuti petunjuk pada bagian nomor 1
  • Bagi peserta yang telah memiliki pasangan KAP dan PIN atau bagi peserta Bidikmisi gratis, silahkan pilih menu sebelah kanan dan baca informasi alur pendaftaran pada bagian nomor 2.

Ada perhatian penting yang harus anda ingat dan pahami
  1. Peserta Bidikmisi, dengan alasan apapun, tidak boleh memilih menu yang paling kiri (warna biru muda), karena akan berakibat kehilangan status sebagai peserta Bidikmisi !!!
  2. Bagi peserta Bidikmisi hanya boleh memilih prodi dari PTN non IAIN/UIN.
  3. Berhati-hatilah dalam melindungi kerahasiaan KAP dan PIN SBMPTN Anda, jika KAP dan PIN Anda dipergunakan oleh orang lain maka dapat berakibat Anda harus membayar biaya seleksi lagi.
  4. Jika meninggalkan komputer atau akan dipakai oleh pengguna lain, pastikan Anda sudah keluar dengan cara menekan tombol "Keluar" yang tersedia
  5. Hati-hati dalam mengisi pendaftaran online ini. Kesalahan pengisian dapat berakibat Anda harus membayar biaya seleksi lagi.
  6. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas tentang pendaftaran online ini, dapat menghubungi Helpdesk SBMPTN di alamat http://halo.sbmptn.ac.id atau nomor telepon 0804-1-456-456

Ringkasan dari Alur pendaftaran SBMPTN dapat anda baca pada :

Untuk informasi cara mudah mendapatkan KAP dan PIN, silahkan baca pada artikel Cara Mendapatkan KAP dan PIN serta Login Pendaftaran SBMPTN

Untuk informasi penting lainnya mengenai SBMPTN seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, daftar pilihan PTN, jumlah pilihan PTN dan prodi, kriteria penerimaan, dan lain-lain dapat anda baca selengkapnya pada artikel :
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Alur Pendaftaran SBMPTN. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Mari bantu bagikan informasi ini dengan cara klik tombol G+1 yang tersedia lalu pilih teman anda. Admin turut mendoakan semoga proses pendaftaran SBMPTN yang anda lakukan dapat berjalan lancar. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu.