Pendaftaran Poltekpar Makassar 2024/2025

Pendaftaran Poltekpar Makassar 2024 -- Pendaftaran SBMPTNP, Pendaftaran SMM Poltekpar Makassar, Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekpar Makassar, Penerimaan Maba Poltekpar Makassar, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Politeknik Pariwisata Makassar. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Poltekpar Makassar 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi anda yang ingin kuliah di Politeknik Pariwisata Makassar. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Makassar adalah salah satu kota besar di Indonesia. Di kota ini terdapat banyak sekali Perguruan Tinggi baik yang berstatus negeri, swasta, ataupun kedinasan. Salah satu perguruan tinggi yang berstatus kedinasan adalah Politeknik Pariwisata Makassar.

Politeknik Pariwisata Makassar atau yang disingkat dengan sebutan dengan Poltekpar Makassar adalah Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan di bidang kepariwisataan.

Poltekpar Makassar sebelumnya berstatus sebagai Akademi Pariwisata Makassar yang kini statusnya telah berubah menjadi Politeknik Pariwisata Makassar atau Poltekpar Makassar.

Alamat Poltekpar Makassar yaitu : Jalan Gunung Rinjani No. 1, Kota Mandiri Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan 90224.

Pada saat ini, telah ada beberapa Program Studi yang dapat dipilih di Politeknik Makassar bagi anda yang ingin kuliah disini.

1. Jurusan Hospitaliti
  • Manajemen Divisi Kamar (D3), Manajemen Tata Hidangan (D3), Manajemen Tata Boga (D3), dan Administrasi Perhotelan (D4)

2. Jurusan Perjalanan
  • Manajemen Bisnis Jasa Perjalanan Wisata (D3), Manajemen Konvensi dan Perhelatan (D4), dan Manajemen Bisnis Perjalanan (D4)

3. Jurusan Kepariwisataan
  • Manajemen Kepariwisataan (D4)

Dari beberapa jurusan dan program studi yang ada di Poltekpar Makassar, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru Poltekpar Makassar dengan mengikuti jalur-jalur seleksi yang dibuka oleh Poltekpar Makassar.

Berikut ini admin berikan informasinya mengenai jalur-jalur seleksi yang dibuka oleh Poltekpar Makassar dalam rangka menyeleksi calon mahasiswa baru.

Jalur-Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekpar Makassar

1. Jalur SBM-STAPP

SBM-STAPP atau Seleksi Bersama Masuk Sekolah Tinggi, Akademi, dan Politeknik Pariwisata. adalah jalur seleksi bersama masuk ke Perguruan Tinggi Pariwisata di bawah Kementerian Pariwisata dimana seleksinya dilakukan melalui tes tertulis.

Calon peserta yang bisa mendaftar jalur SBM-STAPP adalah lulusan SMA/SMU/SMK/MA/MAK atau yang sederajat.

Bagi anda yang berminat mengikuti jalur SBM-STAPP, silahkan daftarkan diri anda secara online dengan mengakses alamat pendaftaran berikut : http://sbmstapp.kemenpar.go.id kemudian pilih menu pendaftaran online.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran jalur SBM-STAPP, maka dapat anda baca secara lengkap pada artikel kami yang berjudul : Pendaftaran Online SBM-STAPP

2. Jalur SMM Poltekpar Makassar

SMM Poltekpar Makassar atau Seleksi Mandiri Masuk Poltekpar Makassar adalah jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan langsung oleh Poltekpar Makassar untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui tes tertulis.

Seperti halnya dengan jalur seleksi SBM-STAPP, jalur SMM Poltekpar Makassar ini juga diperuntukkan bagi siswa SMA, MA, SMK, atau yang sederajat yang berminat untuk mengikuti pendidikan tinggi pariwisata.

Dalam jalur seleksi SMM Poltekpar Makassar ini disiapkan program bebas tes masuk bagi siswa berprestasi dan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa berprestasi namun tidak mampu dari sisi ekonomi.

Dari keterangan di atas maka dapat dirinci bahwa ada 3 kategori pendaftaran dalam jalur seleksi SMM Poltekpar Makassar yaitu :
  • Kategori umum : Dalam kategori ini, calon peserta adalah siswa SMA, MA, SMK, atau yang sederajat
  • Kategori Kategori Bebas Tes : Dalam kategori ini, calon peserta adalah siswa lulusan SMA/SMK atau sederajat yang menduduki peringkat 1 s.d 5 dari jumlah 30 atau lebih pada tiap kelas di sekolah masing-masing. Peringkat ini adalah peringkat pada kelas III atau kelas XII semester 5 dan 6. Hanya berlaku bagi lulusan tahun yang berjalan.
  • Kategori Bebas Tes dengan Bantuan Biaya Pendidikan : Dalam kategori ini, calon peserta adalah siswa SMA/SMK dan atau yang sederajat yang orang tua / walinya kurang mampu secara ekonomi. Hanya berlaku bagi lulusan tahun yang berjalan.

Dari ketiga macam kategori jalur SMM Poltekpar Makassar, silahkan anda ikuti salah satu kategori yang sesuai dengan diri anda kemudian lengkapi persyaratan pendaftarannya yang bisa anda lihat lengsung di web resmi SMM Poltekpar Makassar.

Tata Cara Pendaftaran SMM Poltekpar Makassar
  1. Pendaftar mengisi formulir awal yang telah disediakan pada laman 
  2. http://smm.poltekpar-makassar.ac.id/pendaftaran
  3. Pendaftar mencetak tanda bukti pendaftaran
  4. Pendaftar melakukan pembayaran melalui Bank yang ditentukan dengan mencantumkan "No. Peserta" di kolom "Keterangan atau Berita" pada Slip Pembayaran, ikuti tata cara pembayaran yang terdapat pada Surat Tanda Bukti Pendaftaran
  5. Pendaftar melakukan "Konfirmasi" pembayaran dengan meng-unggah bukti bayar melalui 'Dasbor Peserta"
  6. Pendaftar menunggu konfirmasi pembayaran sampai dengan mendapat 'notifikasi / pesan" via SMS, atau menunggu kurang lebih 24 jam setelah pembayaran.
  7. Pendaftar login kembali melalui "Dasbor Peserta" untuk melengkapi biodata diri dengan mengguah foto dan kelengkapan data lainnya sesuai formulir isian
  8. Pendaftar mencetak Kartu Ujian sebagai tanda bukti peserta SMM Poltekpar Makassar.

Kontak
Politeknik Pariwisata Makassar
Gedung Rektorat Politeknik Pariwisata Makassar
Jl. Gunung Rinjani No. 1, Kota Mandiri Tanjung Bunga, Makassar - 90244 Sulawesi Selatan
Call Center: 0811 1101 374
Telepon : (0411) 838456 | Faksimile : (0411) 838366
Itulah informasi tentang jalur-jalur seleksi masuk ke Poltekpar Makassar. Silahkan anda ikuti jalur seleksi SBM-STAPP atau SMM Poltekpar Makassar. Dalam mengikuti jalur seleksi tersebut, tentunya anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar harapan anda untuk bisa lulus tes tertulis dapat terwujudkan.

Untuk informasi lain seputar Pendaftaran Poltekpar Makassar yang anda butuhkan dapat anda lihat langsung di web resmi Poltekpar Makassar.

Catatan ; Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Poltekpar Makassar.

Baca juga :

Demikianlah informasi dari admin tentang Pendaftaran Poltekpar Makassar. Semoga informasi tersebut bermanfaat  dan dapat memberikan pencerahan untuk anda semua. 

Mari bantu berbagi informasi ini pada teman atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan dan mari sukai juga halaman web kami. Terima kasih dan salam sukses.