Pendaftaran Poltekpar Bali 2024/2025 (Politeknik Pariwisata Bali)

Pendaftaran Poltekpar Bali 2024 -- PMB Poltekpar Bali, Pendaftaran Poltekpar Bali, Politeknik Pariwisata Bali, Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekpar Bali, Seleksi Penerimaan Poltekpar Bali, Pendaftaran Mahasiswa Baru S2 / S1 / D4 / D3 Poltekpar Bali, pensisba.ppb.ac.id. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Poltekpar Bali 2024/2025 (Politeknik Pariwisata Bali). Informasi ini ditujukan bagi anda calon mahasiswa baru yang ingin menempuh pendidikan di Poltekpar Bali. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Bali adalah salah satu kita tujuan pariwisata ternama di Indonesia. Banyak sekali tempat-tempat yang bisa anda kunjungi untuk berwisata di Bali.

Sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi perkembangan kepariwisataan Bali, maka pada tahun 1972 Pemerintah Indonesia melalui kerjasama dengan UNDP dan ILO melaksanakan studi yang salah satu outputnya adalah berupa rekomendasi untuk membangun lembaga pendidikan dan pelatihan perhotelan dan kepariwisataan yang mampu menghasilkan SDM pariwisata yang profesional.

Sebagai tindak lanjut dari rekomendasi studi tersebut, maka dibentuk Pusat Pendidikan Perhotelan dan Pariwisata Bali atau yang dikenal dengan nama P4B yang pembangunannya dicetuskan tanggal 25 Januari 1975.

P4B adalah cikal bakal dibentuknya Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Setelah melalui proses yang begitu panjang, akhirnya terbentuklah Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali.

Berdasarkan surat Nomor B/872/M.KT.01/2019 tanggal 23 September 2019 bahwa Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali telah resmi Alih Status menjadi Politeknik Pariwisata Bali dan mendapatkan persetujuan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

Politeknik Pariwisata Bali atau yang disebut dengan Poltekpar  Bali adalah salah satu Sekolah Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang mengelenggarakan pendidikan di bidang kepariwisataan.

Motto yang dimiliki oleh Poltekpar Bali yaitu “Manganjali Karya Werdhi” secara harfiah berarti : Manganjali = mengabdi, Karya = pekerjaan, Werdhi = berkembang. Arti tafsirannya adalah “Mengabdi pada peningkatan karya atau meningkatkan mutu pengabdian melalui peningkatan karya”.

Program studi yang diselenggarakan di Poltekpar Bali  terdiri dari jenjang Diploma III, Diploma IV,  Sarjana, dan Magister.
  • S1 Bisnis Hospitaliti
  • S1 Destinasi Pariwisata
  • D4 Administrasi Perhotelan
  • D4 Manajemen Kepariwisataan
  • D4 Manajemen Akuntansi Hospitaliti
  • D4 Manajemen Bisnis Perjalanan
  • D4 Manajemen Konvensi dan Perhelatan
  • D3 Manajemen Divisi Kamar
  • D3 Manajemen Tata Boga
  • D3 Manajemen Tata Hidangan
  • S2 Magister Terapan Pariwisata

Dari sejumlah program studi yang ada di Poltekpar Bali (STPNB), mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru Poltekpar Bali. 

Berikut ini admin berikan informasi jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Poltekpar Bali. Simak informasinya dengan baik berikut ini.

Jalur-jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekpar Bali

Ada 2 jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Poltekpar Bali yaitu jalur SBMPTNP dan jalur SMM (jalur mandiri). Jalur yang dibuka lebih dulu adalah jalur SBMPTNP. Penjelasan lebih lanjut akan diberikan berikut ini.

1. Jalur SBMPTNP  (Jalur Bersama)

SBMPTNP (Jalur Bersama) adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata yang dilakukan secara bersama oleh Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Perguruan Tinggi Pariwisata di Indonesia melalui jalur tes tertulis.

Jalur SBMPTNP diperuntukkan bagi siswa lulusan SMA / SMU / SMK / MA / MAK atau yang sederajat. Bagi anda yang memenuhi kualifikasi pendidikan tersebut dan berminat menjadi mahasiswa Poltekpar Bali, silahkan daftarkan diri anda mengikuti seleksi jalur SBMPTNP.

Pendaftaran SBMPTNP dilakukan secara online melalui alamat : sbmptnp.kemenparekraf.go.id kemudian pilih menu pendaftaran online lalu isi data-data pendaftaran dengan lengkap dan benar.

Untuk informasi berupa tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal, dan lain-lain dapat anda baca secara lengkap pada artikel berikut : Pendaftaran Online SBMPTNP

2. Jalur SMMPTNP (Jalur Mandiri)

SMMPTNP (jalur mandiri) adalah jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Poltekpar Bali untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui tes tertulis.

Jalur ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang tidak sempat mengikuti tes jalur SBMSTAPP atau telah mengikuti jalur SBMSTAPP namun tidak lulus tes, maka dapat mengikuti jalur SMMSTAPP.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Mengisi formulir pendaftaran di website http://pensisba.ppb.ac.id
  2. Membayar biaya Pensisba sesuai informasi yang tertera di website pendaftaran.
  3. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan sesuai dengan ketentuan pada Surat Pengantar Pemeriksaan Kesehatan (terlampir)
  4. Kartu Keluarga
  5. Ijazah SMA/sederajat atau Kartu Peserta Ujian Nasional Tahun 2020
  6. Foto full body menggunakan seragam SMA

          Alur Proses Pendaftaran
          1. Calon Peserta melakukan pendaftaran di website http://pensisba.ppb.ac.id untuk membuat user dan password.
          2. Calon Peserta melakukan login di website http://pensisba.ppb.ac.id menggunakan user dan password.
          3. Calon Peserta membaca instruksi dan mengikuti langkah pada menu Peserta yaitu:
            • Mengisi/melengkapi Formulir
            • Membayar Biaya Pendaftaran
            • Melakukan Pemeriksaan Kesehatan
            • Melakukan scan dokumen persyaratan yaitu :
              • Bukti Pembayaran
              • Hasil Pemeriksaan Kesehatan
              • Kartu Keluarga
              • Ijazah SMA/sederajat atau Kartu Peserta Ujian Nasional
              • Foto full body menggunakan seragam SMA
                • *Masing-masing dokumen persyaratan di-scan dalam format pdf.
            • Upload masing-masing dokumen persyaratan pada menu Peserta.
          4. Calon Peserta menunggu verifikasi oleh Panitia dengan cara login dan memeriksa website http://pensisba.ppb.ac.id secara berkala.
          5. Jika sudah TERVERIFIKASI sebagai Peserta, maka Peserta wajib mengambil Kartu Peserta di tempat pendaftaran sesuai jadwal pendaftaran.
          6. Pengambilan Kartu Peserta dapat diwakilkan dengan menunjukkan Kartu Identitas (KTP/SIM) Peserta

          Pilihan Program Studi

          Setiap Peserta bisa memilih maksimal 2 (dua) pilihan Program Studi dimana Pilihan 1 (pertama) merupakan prioritas.. Daftar program studi dapat anda lihat kembali di bagian atas.

          Tempat dan Waktu Ujian

          Tempat Ujian Seleksi adalah di kampus Politeknik Pariwisata Bali, sedangkan waktu dan rincian pembagian ruangan akan diumumkan menjelang pelaksanaan ujian.

          Materi Ujian

          Materi Ujian Seleksi yaitu:
          • Ujian Bahasa Inggris yang dilaksanakan secara tertulis (waktu 1 hari sesuai jadwal).
          • Ujian Psikotes yang dilaksanakan secara tertulis (waktu 1 hari sesuai jadwal).
          • Ujian Wawancara yang dilaksanakan secara lisan (waktu 2 hari sesuai jadwal

          Itulah jalur-jalur seleksi masuk Poltekpar Bali. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat anda. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Poltekpar Bali.

          Baca juga :

          Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Poltekpar Bali (Politeknik Pariwisata Bali). Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan dapat memberikan pencerahan untuk anda.

          Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.