Pengumuman Hasil UN SMP MTs 2024

Pengumuman UN SMP MTs 2024 -- Pengumuman Hasil UN SMP MTs, Tanggal Pengumuman Hasil UN SMP MTs, Cara Melihat Pengumuman Hasil UN Online SMP MTs, Pengumuman Kelulusan Siswa SMP MTs, Pengumuman Ujian Nasional SMP MTs, Kapan Pengumuman UN SMP MTs. 2026.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pengumuman Hasil UN SMP MTs 2024. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda ketika melihat pengumuman hasil UN SMP / MTs / sederajat. Mari simak informasinya.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

UN atau Ujian Nasional adalah salah satu faktor penentu kelulusan siswa, baik kelulusan siswa jenjang SMP sederajat ataupun SMA sederajat.

Dengan demikian, pada saat akan menghadapi UN maka siswa-siswi harus benar-benar dalam keadaan siap agar dapat mengerjakan soal dengan keyakinan penuh dan harapan untuk lulus UN dapat terkabulkan.

Lulus UN berarti lulus dari sekolah. Haru bersyukur bagi siswa-siswi yang dinyatakan lulus sekolah dan kemudian dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA / SMK / MA / sederajat lainnya.

Perlu diketahui bahwa tidak semua siswa yang lulus dari sekolah dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dikarenakan mungkin saja dari segi pembiayaan atau jauhnya jarak sekolah ke rumahnya atau faktor lainya. Jadi bersyukurlah bagi yang bisa melanjutkan pendidikan.

Seperti yang dikutip dari Permendikbud nomor 5 tahun 2015 Pasal 5, bahwa kelulusan siswa-siswi dari jenjang:
  • SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA/SMAK/SMTK, SMALB, SMK/MAK ditetapkan oleh setiap satuan pendidikan yang bersangkutan dalam rapat dewan guru.
  • Program Paket B/Wustha dan Program Paket C ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui rapat pleno dengan melibatkan perwakilan dari satuan pendidikan nonformal

Dari keterangan tersebut jelas bahwa pengumuman kelulusan siswa-siswi jenjang SMP/MTs sederajat yang sedang kita bahas ini akan diumumkan oleh masing-masing Sekolah.

Untuk metode pengumumannya diserahkan kepada pihak sekolah, apakah itu secara online melalui website sekolah atau secara langsung disampaikan kepada siswa atau melalui cara-cara lainnya.

Siswa-siswi yang berpeluang untuk bisa lulus dari Sekolah dan Pencapaian Kompentensi Lulusan dalam Ujian Nasional harus dapat memenuhi kriteria kelulusan yang dijelaskan pada Permendikbud nomor 5 tahun 2015 pasal 2 yaitu :
  1. Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah:
    • Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
    • Memperoleh nilai sikap / perilaku minimal baik; dan
    • Lulus Ujian Sekolah / Madrasah / Pendidikan Kesetaraan (S/M/PK)
  2. Kelulusan peserta didik dari Ujian Sekolah / Madrasah (S/M) sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan oleh satuan pendidikan.
  3. Kelulusan peserta didik dari Ujian Pendidikan Kesetaraan (PK) sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi.
  4. Kelulusan peserta didik ditetapkan setelah satuan pendidikan menerima hasil UN peserta didik yang bersangkutan

Bagi siswa-siswi yang dinyatakan lulus sekolah, maka akan mendapatkan Ijazah dan SKHU sebagai tanda bukti kelulusan. Selanjutnya Ijazah dan SKHU tersebut dapat menggunakan untuk melakukan proses pendaftaran di Sekolah jenjang SMA / MA / SMK sederajat yang diminatinya atau dapat digunakan untuk melamar pekerjaan.

Sebagai pengingat bahwa pengumuman hasil UN SMP-MTs ini akan dumumkan melalui situs un.kemdikbud.go.id

Bagi yang ingin mendaftar ke jenjang SMA / MA / SMK sederajat, silahkan baca informasinya secara lengkap pada artikel berikut ini.
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pengumuman Hasil UN SMP MTs. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda.

Admin mengucapkan selamat untuk siswa-siswi yang dinyatakan lulus UN dan lulus Sekolah, dan ucapkan tetap semangat untuk siswa-siswi yang belum lulus. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu. Silahkan bagikan info ini kepada teman-teman lain yang membutuhkan.