Pengumuman Hasil Seleksi SMM PTN-Barat 2024/2025

Pengumuman Hasil Seleksi SMM PTN-Barat 2024 -- Pengumuman Hasil Ujian SMM PTN-Barat, Pengumuman SMM PTN-Barat, Pengumuman Kelulusan SMM PTN-Barat, Pengumuman Hasil Tes SMM PTN-Barat, Pengumuman Hasil Kelulusan SMM PTN-Barat, Pengumuman Online SMM PTN-Barat, Cara Melihat Pengumuman Hasil Seleksi SMM PTN-Barat, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pengumuman Hasil Seleksi SMM PTN-Barat 2024/2025. Informasi ini ditujukan khususnya bagi peserta SMM PTN-Barat yang telah mengikuti ujian beberapa waktu yang lalu. Nah sekarang waktunya bersiap-siap untuk melihat pengumuman hasil seleksi SMM PTN Barat. Mari kita simak informasinya.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

SMM PTN-Barat atau Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat adalah program seleksi masuk perguruan tinggi jalur mandiri yang dibuka secara bersamaan oleh beberapa PTN di wilayah barat.

Jalur SMM PTN-Barat bisa menjadi alternatif bagi mereka yang telah mengikuti jalur SNMPTN atau SBMPTN tetapi belum lulus juga, nah jalur SMM PTN-Barat bisa menjadi solusinya.

Tidak berbeda jauh dengan jalur SBMPTN, pada jalur SMM PTN-Barat juga mengadakan seleksi melalui ujian tertulis (PBT) dan juga ujian keterampilan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan.

Sebagai gambaran bahwa nantinya peserta yang akan dinyatakan lulus dari jalur SMM PTN-Barat ini adalah peserta yang lulus dari ujian tertulis (PBT) dan khusus untuk peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan harus bisa lulus dari ujian tertulis (PBT) dan ujian keterampilan.

Berdasarkan penjelasan di situs SMM PTN-Barat bahwa penerimaan peserta SMM PTN-Barat harus memenuhi kriteria berikut :
  1. Lulus dari pendidikan menengah (SMA / MA / SMK / dan sederajat lainnya)
  2. Lulus SMM PTN-Barat tahun ini
  3. Sehat
  4. Memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing-masing PTN penerima, termasuk besaran nilai UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi yang besarnya dapat dilihat website perguruan tinggi masing-masing

Jadi, selain harus lulus SMM PTN Barat, peserta juga harus memenuhi kriteria lainnya seperti yang disebutkan di atas agar bisa dinyatakan lulus seleksi dari jalur SMM PTN Barat.

Seperti saat pengumuman SNMPTN dan SBMPTN yang mana situs resmi mengalami error sehingga peserta tidak dapat mengakses situs tersebut, kemungkinan juga situs SMM PTN-Barat bisa saja mengalami hal yang sama.

Jadi, untuk semua peserta SMM PTN-Barat diharapkan tetap tenang apabila situs resmi SMM PTN-Barat mengalami error. Peserta dapat menunggu beberapa saat hingga situs kembali normal. Saat situs telah kembali normal, maka peserta dapat melakukan pengecekan hasil seleksi SMM PTN-Barat.

Bagi peserta SMM PTN-Barat yang pernah mengikuti seleksi SNMPTN atau SBMPTN, maka tidak akan kesulitan bagaimana cara melihat pengumuman hasil seleksi SMM PTN-Barat karena cara melihatnya tidak jauh beda.

Namun untuk peserta lain yang mungkin saja merasa kesulitan dan membutuhkan panduan untuk cara melihat pengumuman hasil seleksi SMM PTN-Barat, maka berikut ini admin berikan tata caranya.

Tata Cara Melihat Pengumuman Hasil Seleksi SMM PTN-Barat :
  1. Buka alamat : pengumuman.smmptnbarat.id
  2. Masukkan nomor peserta dan tanggal lahir pada kolom yang tersedia, serta kode captcha yang muncul
  3. Kemudian cek kelulusan
  4. Lalu baca keterangan yang muncul, apakah kamu dinyatakan lulus atau tidak

Bagi peserta yang dinyatakan lulus SMM PTN-Barat, admin ucapkan selamat. Sedangkan bagi peserta yang tidak dinyatakan lulus, maka jangan putus asa, masih ada cara lain untuk bisa kuliah yaitu dengan mendaftar jalur mandiri PTN yang masih dibuka atau mendaftar di PTS ternama.
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pengumuman Hasil Seleksi SMM PTN-Barat. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut bermanfaat untuk kalian semua.

Terima kaasih telah membaca artikel ini. Silahkan baca juga artikel lainnya sesuai yang kamu butuhkan. Cukup sekian dan semoga kesuksesan bisa kita raih semuda mungkin. Aamin.