Pendaftaran Online STEM Akamigas 2024/2025

www.akamigas.ac.id 2024 -- PMB STEM Akamigas Cepu, Pendaftaran Mahasiswa Baru STEM Akamigas, Penerimaan Mahasiswa Baru STEM Akamigas, Panduan Pendaftaran Online STEM Akamigas, Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru STEM Akamigas : Jalur Aparatur, Jalur Umum, Jalur Industri dan KESDM, Sekolah Tinggi Energi dan Mineral Akamigas Cepu. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan menyampaikan informasi mengenai Pendaftaran Online STEM Akamigas 2024/2025. Informasi ini disampaikan agar bisa memberi panduan kepada anda dan juga memudahkan anda dalam melakukan proses pendaftaran STEM Akamigas Cepu. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

STEM Akamigas atau yang memiliki kepanjangan Sekolah Tinggi Energi dan Mineral merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Sebelum bernama STEM Akamigas, dahulunya bernama Akademi Minyak dan Gas Bumi (AMBG) (1966-1967), dan erubah lagi menjadi Akademi Minyak dan Gas Bumi (Akamigas) (1967-2002). dan sekarang menjadi STEM Akamigas.

Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM) telah didirikan pada 21 Februari 2002 atau pada 25 Oktober 1967 sebagai Akamigas.

Program Pendidikan yang diselenggarakan di STEM Akamigas terdiri dari Program Diploma I, II, III dan IV yang difokuskan pada keahlian di bidang minyak, gas bumi, dan panas bumi.

Pada tahun ini, Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM Akamigas) kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk 3 jalur yaitu : Jalur Aparatur, Jalur Umum, Jalur Industri dan KESDM. Jika berminat menjadi mahasiswa baru di STEM Akamigas, silahkan daftarkan diri anda segera.

Langsung saja kita akan menjelaskan masing-masing dari jalur penerimaan mahasiswa baru yang telah dibuka oleh Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM Akamigas). Simak selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran Online STEM Akamigas Jalur Aparatur

Jalur Aparatur ini dibuka untuk memberikan kesempatan kepada Instansi Pemerintah di lingkungan Dinas Pertambangan dan Energi serta Pemprov/Pemkot/Pemda yang bergerak dalam bidang sumber daya energi dan mineral untuk memanfaatkan pendidikannya tersebut bagi pegawainya.

Dalam kata lain bahwa jalur Aparatur ini dibuka untuk Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di lingkungan Dinas Pertambangan dan Energi serta Pemprov/Pemkot/Pemda yang bergerak dalam bidang sumber daya energi dan mineral.

Program Studi dan Konsentrasi
  • Program Studi D IV Teknik Produksi Minyak dan Gas terdiri dari konsentrasi : Keinspekturan Tambang
  • Program Studi D IV Teknik Pengelolaan Minyak dan Gas terdiri dari konsentrasi : Keinspekturan Migas
  • Program Studi D IV Teknik Insturmentasi Kilang terdiri dari konsentrasi : Keinspekturan Ketenagalistrikan.
  • Program Studi D IV Logistik Minyak dan Gas terdiri dari konsentrasi : Manajemen Pertambangan dan Energi, Manajemen Services Migas, Sistem Informasi Manajemen Pertambangan dan Energi.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Dinas Pertambangan dan Energi serta Pemprov / Pemkot / Pemkab
  2. Memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Dokter atau Instansi pengirim.
  3. Mendapat persetujuan dari instansi yang bersangkutan dalam bentuk Surat Tugas Belajar.
  4. Ketentuan Ijazah : 
    • Untuk Program studi Keinspekturan : berijazahkan SMA IPA atau SMK jurusan Teknik
    • Untuk Program studi Logistik Minyak dan Gas : berijazahkan SMA/SMK semua jurusan

Kelengkapan Berkas Pendaftaran
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Foto copy ijazah yang telah dilegalisir
  • Surat keterangan dokter Instansi/Perusahaan.
  • Pas foto hitam putih ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar

Setelah semua berkas dipersiapkan, selanjutnya mengirimkan berkas pendaftaran. Info lebih lanjut silahkan hubungi Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru STEM Akamigas Cepu di alamat kampus berikut :
Kampus STEM Akamigas Cepu
Jln. Gajah Mada No. 38 Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Indonesia.
Telp. : (0296) 422356
Fax : (0296) 425939
2. Pendaftaran Online STEM Akamigas Untuk Industri dan KESDM

Jalur ini dibuka untuk memberikan kesempatan kepada Instansi / Perusahaan yang bergerak dibidang energi dan sumber daya mineral untuk memanfaatkan pendidikannya tersebut bagi pegawai / pekerjaannya.

Program Studi dan Konsentrasi
  • Program Studi Teknik Produksi Minyak dan Gas terdiri dari konsentrasi : Teknik Produksi Minyak dan Gas, Pemboran, Panas Bumi
  • Program Studi Teknik Instumentasi Kilang terdiri dari konsentrasi : Teknik Instumentasi Kilang, Teknik Listrik Perminyakan
  • Program Studi Teknik Penggolahan Minyak dan Gas terdiri dari konsentrasi : Teknik Penggolahan Minyak dan Gas, Laboratorium Pengolahan, Gas Processing, Fire anda Safety, Utilities.
  • Program Studi Teknik Mesin Kilang terdiri dari konsentrasi : Teknik Mesin Kilang, Teknologi Gas, Teknik Mesin Lapangan.
  • Program Studi Logistik Minyak dan Gas terdiri dari konsentrasi : Logistik Minyak dan Gas, Manajemen Services Migas, Manajemen Pertambangan dan Energi, Sistem Informasi Manajemen Pertambangan dan Energi.

Persyaratan Umum Pendaftaran
  1. Pegawai Negeri Sipil / BUMN / Swasta yang bergerak dalam bidang Energi dan Sumber Daya Mineral dan Instansi dan perusahaan lain yang terkait dengan kegiatan tersebut
  2. Berijazah SMA/Sederajat, sesuai dengan Program Studi/Konsentrasi yang dipilih.
  3. Memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Dokter Instansi/Perusahaan.
  4. Telah dipertimbangkan oleh Pimpinan Instansi
  5. Ketentuan Umur sesuai kebijakan pejabat :
    • D-I maksimal umur 39 tahun
    • D-II maksimal umur 41 tahun
    • D-III maksimal umur 43 tahun
    • D-IV maksimal umur 45 tahun

Persyaratan Khusus Pendaftaran
  1. Lulus Tes STEM tahun ini atau maksimal 2 tahun sebelumnya (waiting list).
  2. Bagi yang bekerja di BUMN / Swasta menyesuaikan dengan instansi yang bersangkutan
  3. Bagi PNS dilingkungan Energi dan Sumber Daya Mineral serendah-rendahnya golongan IIA dengan masa kerja minimal 2 tahun. (Khusus D-I)
  4. Berijazah D-I STEM Akamigas. (Khusus D-II)
  5. Berijazah D-II STEM Akamigas atau D-III non STEM Akamigas. (Khusus D-III)
  6. Berijazah D-III STEM Akamigas. (Khusus D-IV)

Kelengkapan Berkas Pendaftaran dan pengiriman berkas sama seperti pada jalur Aparatur. Silahkan lihat kembali di atas.

3. Pendaftaran Online STEM Akamigas Untuk Umum (PMBU)

STEM Akamigas membuka jalur penerimaan mahasiswa baru untuk memberikan kesempatan kepada putra putri terbaik Indonesia dari masyarakat umum atau beasiswa dari Instansi/Perusahaan untuk dididik di STEM Akamigas pada jenjang Program Diploma IV untuk menjadi tenaga profesional siap kerja.

Program Studi
  • Teknik Produksi Minyak dan Gas
  • Teknik Pengolahan Minyak dan Gas
  • Teknik Instumentasi Kilang
  • Teknik Mesin Kilang
  • Logistik Minyak dan Gas

Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulusan SMA/MA IPA, dan lulusan SMK Teknik.
  2. Lulusan sekolah 3 tahun terakhir termasuk tahun ini
  3. Belum menikah
  4. Untuk lulusan tahun ini, jika nilai UAN belum keluar, maka bisa menggunakan nilai rapor untuk nilai Bahasa Inggris dan Matematika semester I sampai dengan semester IV dengan nilai minmal 7,0
  5. Ketentuan Nilai UAN untuk lulusan tahun lalu :
    • Nilai rata-rata UB minimal  6,00
    • Nilai bahasa Inggris minimal 7,00
    • Nilai Matematika minimal 7,00

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat website www.akamigas.ac.id. Buka alamat website tersebut, dan pilih menu pendaftaran jalur umum. Isilah biodata diri anda dengan lengkap dan benar sampai dengan mencetak kartu tanda peserta STEM Akamigas.

4. Pendaftaran Online STEM Akamigas Jalur Beasiswa

Jalur Beasiswa ini dibuka untuk memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik dari masyarakat umum yang bertempat tinggal di daerah penghasil dan/atau daerah yang melaksanakan kegiatan bidang energi dan sumber daya mineral dan/atau berasal dari daerah tertinggal, terpencil, atau pedalaman dan/atau daerah pasca bencana,

Calon mahasiswa tersebut nantinya akan dididik pada jenjang Program Diploma IV di STEM Akamigas menjadi tenaga profesional siap kerja dengan program studi dan ketentuan administrasi.

Program Studi
  • Teknik Produksi Minyak dan Gas
  • Teknik Pengolahan Minyak dan Gas
  • Teknik Instumentasi Kilang
  • Teknik Mesin Kilang
  • Logistik Minyak dan Gas

Persyaratan Pendaftaran dan Ketentuan Administrasi
  1. Telah lulus jenjang SLTA (SMU / MA IPA dan SMK Teknik)
  2. Lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini
  3. Nilai UAN untuk lulusan tahun 3 tahun terakhir minimal 6,00,  untuk Bahasa Inggris minimal 7,00 dan Matematika minimal 7,00
  4. Untuk lulusan tahun ini yang belum keluar nilai UAN dapat menggunakan Nilai Raport  Bahasa Inggris dan Matematika semester I s/d semester IV Minimal 7,00.
  5. Berbadan sehat yang dibuktikan dengan Surat Keterngan Dokter Instansi / Pemerintah, dan tidak buta warna, serta bebas narkoba

Pendaftaran dilakukan secara online akan diinfokan lebih lanjut pada website www.akamigas-stem.esdm.go.id . Seleksi didasarkan pada prestasi-prestasi calon peserta terutama dilihat dari nilai raport.

Jadwal Pelaksanaan Untuk semua Jalur Masuk STEM Akamigas
  • Pendaftaran dibuka dapat dilihat langsung di website resmi STEM Akamigas.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi STEM Akamigas.

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Online STEM Akamigas. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan kepada anda.

Admin turut mendoakan semoga anda lulus ujian seleksi dan diterima menjadi mahasiswa di STEM Akamigas CEPU. Terima kasih atas kesempatan yang anda berikan untuk membaca artikel ini dan mari bagikan informasi ini kepada teman yang membutuhkan. Cukup sekian dan salam sukses untuk kita semua.