Pendaftaran PNC 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.pnc.ac.id 2024 -- Pendaftaran PNC Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran PNC Online, PMB PNC, Penmaru PNC, Pendaftaran Mahasiswa Baru PNC, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PNC, Informasi Pendaftaran Diploma PNC, Jalur SNBP, SNBT, Bidikmisi, KIP Kuliah, Jalur Mandiri, Politeknik Negeri Cilacap, 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Politeknik Negeri Cilacap (PNC) 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin mendaftar kuliah di PNC. 

Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi gambaran untuk kalian dalam melakukan persiapan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Cilacap (PNC). Ayo ikuti pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Negeri Cilacap atau yang disingkat dengan nama PNC adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yaitu Politeknik Negeri yang terletak di kabupaten Cilacap yang merupakan daerah terluas di Jawa Tengah yang memiliki 24 Kecamatan dan 285 Desa berada pada posisi ujung barat selatan dan berbatasan dengan Jawa Barat.

Awal berdirinya Politeknik Negeri Cilacap (PNC) digagas oleh Bupati Cilacap pada tahun 2006 yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat kehidupan melalui jenjang pendidikan yang selaras dan sejalan dengan program pemerintah cilacap menuju daerah pro investasi.

Pada saat ini, Politeknik Negeri Cilacap (PNC) telah memiliki 3 program studi sebagai berikut :
  • D-3 Teknik Elektronika
  • D-3 Teknik Listrik
  • D-3 Teknik Mesin
  • D-3 Teknik Informatika
  • D-4 Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan
  • D-4 Pengembangan Produk Agroindustri
  • D-4 Rekayasa Keamanan Siber
  • D-4 Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah

Berdasarkan informasi yang telah admin sebutkan di atas, mungkin dapat memberikan motivasi tersendiri untuk kalian terutama yang akan kuliah di Politeknik Negeri Cilacap (PNC).

Bagi yang akan kuliah di Politeknik Negeri Cilacap (PNC), maka perlu mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Politeknik Negeri Cilacap (PNC).

Politeknik Negeri Cilacap (PNC) kembali membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri (SM PNC).

Melalui jalur-jalur tersebut, calon mahasiswa dapat masuk ke Politeknik Negeri Cilacap (PNC), tentunya setelah dinyatakan lulus ujian seleksi masuk.

Untuk mengetahui informasi tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran Online Politeknik Negeri Cilacap (PNC) Jalur SNBP

Jalur SNBP ini merupakan jalur paling awal yang dibuka oleh Politeknik Negeri Cilacap (PNC) untuk menerima mahasiswa baru. Jalur ini dibuka secara nasional, artinya berbarengan dengan kampus-kampus negeri lainnya.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah jalur seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia yang salah satunya adalah PNC ini.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah jenjang SMA sederajat pada tahun ini. Untuk lulusan tahun kemaren-kemaren tidak bisa mengikuti jalur SNBP.

Proses seleksi dilakukan tanpa ujian tertulis, namun dilakukan dengan didasarkan pada nilai rapor siswa dan prestasi lainnya yang relevan.

Siswa-siswi berprestasi yang ingin mendaftar jalur SNBP ini terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka akan mendapatkan username dan password yang dapat digunakan untuk melengkapi proses pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Untuk biaya pendaftaran SNBP gratis karena ditanggung oleh pemerintah.

Informasi lebih lengkap seperti persyaratan pendaftaran, cara pendaftaran, kriteria penerimaan, tahapan seleksi, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat dibaca pada Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran Online Politeknik Negeri Cilacap (PNC) Jalur SNBT

Setelah jalur SNBP, selanjutnya dibuka jalur SNBT yang merupakan jalur kedua.

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) adalah jalur seleksi nasional yang seleksinya dilakukan melalui tes yang mana jalur ini dapat diikuti oleh lulusan SMA sederajat yang lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Jalur SNBT disebut juga dengan jalur UTBK SNBT karena memang tes dilakukan di SNBT ini tes berbasis komputer (UTBK).

Lulusan tahun ini yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP dapat mengikuti jalur SNBT ini.

Untuk bisa mendaftar, maka harus membayar biaya pendaftaran sesuai ketentuan dari panitia. 

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman resmi SNBT. Namun apabila mengalami kesulitan, dapat meminta bantuan pada kakak senior atau pihak sekolah. Biasanya mereka akan membantu.

Keterangan lebih lengkap mengenai SNBT seperti persyaratan pendaftaran, cara mendaftar, biaya pendaftaran, jumlah pilihan perguruan tinggi, jadwal pelaksanaan, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran Online Politeknik Negeri Cilacap (PNC) Jalur Mandiri

Selain menerima mahasiswa baru melalui jalur SNBP dan SNBT, Politeknik Negeri Cilacap (PNC) juga menerima mahasiswa baru melalui jalur ujian mandiri atau yang dikenal dengan SM PNC.

Seleksi Mandiri Politeknik Negeri Cilacap (SM PNC) merupakan jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh PNS untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui tes.

Untuk calon peserta yang telah mengikuti UTBK SNBT dan memiliki sertifikatnya, tidak perlu lagi mengikuti tes mandiri ini, tetapi cukup mengunggah bukti sertifikat UTBK SNBT. Sedangkan yang tidak mengikuti UTBK SNBT berarti harus mengikuti tes di jalur mandiri ini.

Biasanya jalur SM PNC ini dibuka untuk 2 gelombang sekitaran bulan Juni hingga Juli.

Sekedar mengingatkan : untuk bisa lulus jalur ujian mandiri ini tentunya kalian harus melakukan persiapan yang semaksimal mungkin. Persiapan yang dapat dilakukan salah satunya mempelajari materi-materi yang berkaitan dengan tes masuk jalur mandiri Politeknik Negeri Cilacap (PNC) terutama yang berkaitan dengan UTBK.

Keterangan lebih lanjut mengenai jalur SM PNC dapat dibaca langsung pada laman pmb.pnc.ac.id

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah Politeknik Negeri Cilacap (PNC)

Politeknik Negeri Cilacap (PNC) merupakan salah satu Politeknik Negeri yang menyalurkan dana pendidikan kepada calon mahasiswa yang berpretasi yang berasal dari keluarga kurang mampu. Dana bantuan pendidikan tersebut dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Pelaksanaan KIP Kuliah mengikuti jadwal jalur seleksi nasional. Kalian bisa memilih KIP Kuliah jalur SNBP atau KIP Kuliah jalur SNBT, atau jika ada KIP Kuliah jalur Mandiri.

Pendaftaran KIP Kuliah secara online melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id . Berkonsulasilah dengan pihak sekolah untuk lebih jelasnya.

Informasi penting seperti cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan ketentuan lainnya dapat dibaca pada Pendaftaran KIP Kuliah.

Selain ada bantuan biaya hidup KIP Kuliah, ada pula beasiswa di PNC seperti berikut ini :
  • PPA :
    • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik diberikan oleh kampus.
  • Ikatan Orang Tua Mahasiswa :
    • Beasiswa IOM merupakan beasiswa dari orang tua mahasiswa.
  • Pertamina Foundation :
    • Beasiswa PF prestasi yaitu program pemberian bantuan biaya pendidikan, bantuan biaya hidup dari pertamina.
Silahkan daftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa dengan memenuhi semua ketentuannya. Informasi lebih lanjut temukan di laman resmi PMB PNC.


Itulah beberapa jalur seleksi masuk ke PNC, silahkan pilih salah satu yang memberi peluang besar untuk kelulusanmu. Apabila tidak lulus di satu jalur, maka ikuti jalur selanjutnya yang dibuka.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi PNC.

Sumber : https://pmb.pnc.ac.id/

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tentang Pendaftaran Politeknik Negeri Cilacap (PNC) Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian.

Admin turut mendoakan yang terbaik untuk kalian semoga bisa lulus seleksi masuk Politeknik Negeri Cilacap. Admin juga mengucapkan terima kasih atas kesetiaan mengunjung web ini setiap hari  untuk membaca informasi yang ada. Sekian dari admin dan salam sukses.