Pendaftaran Online POLINES 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.polines.ac.id 2024 -- Pendaftaran Polines Jalur SNBP - UTBK SNBT - Mandiri, PMB POLINES, Pendaftaran Mahasiswa Baru POLINES, Penerimaan Mahasiswa Baru POLINES, Informasi Pendaftaran Online POLINES, Seleksi POLINES, Ujian POLINES, Tes Politeknik Negeri Semarang (POLINES), Jalur Masuk POLINES, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur SPBP, Jalur SPBT Jalur Ujian Mandiri, Jalur Kerjasama, Jalur Alih Jenjang, Jalur S2, KIP Kuliah. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan membahas tentang Pendaftaran Online POLINES 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Membuka pembahasan kita, admin akan mengajak kalian untuk memahami sekilas informasi mengenai Politeknik Negeri Semarang (POLINES). Yuk disimak.
http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Politeknik Negeri Semarang (POLINES)

Politeknik Negeri Semarang atau yang disingkat dengan POLINES merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. 

Moto dari Politeknik Negeri Semarang (POLINES) yaitu Committed to Quality. 

Fasilitas kampus untuk beragam kegiatan kampus melalui organisasi kemahasiswaan menjadi sarana bagi pengembangan minat dan bakat mahasiswa di bidang akademik, kreativitas, seni, budaya, dan olahraga seperti :
  • Sarana dan prasarana masing-masing jurusan yang lengkap
  • Perpustakaan dengan Koleksi Pustaka yang lengkap
  • Fasilitas Laboratorium yang lengkap
  • Ruang Kuliah yang Nyaman untuk Mendukung Kegiatan Belajar
  • Gedung, dan lain-lain

Adapun jurusan dan program studi di POLINES yaitu :

Jurusan Teknik Sipil terdiri dari program studi :
  • D3 Konstruksi Gedung
  • D3 Teknik Perawatan dan Perbaikan Gedung
  • D4 Konstruksi Sipil
  • D4 Perancangan Jalan & Jembatan

Jurusan Teknik Mesin terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Mesin
  • D3 Teknik Konversi Energi
  • D4 Teknik Mesin Produksi dan Perawatan​
  • D4 Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi​

Jurusan Teknik Elektro terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Listrik
  • D3 Teknik Elektronika
  • D3 Teknik Telekomunikasi
  • D3 Teknik Informatika
  • D3 Teknik Telekomunikasi
  • D4 Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik
  • D4 Teknologi Rekayasa Komputer
  • D4 Teknologi Rekayasa Elektronika
  • S2 Teknik Telekomunikasi

Jurusan Akuntansi terdiri dari program studi :
  • D3 Akuntansi
  • D3 Keuangan dan Perbankan
  • D4 Komputerisasi Akuntansi
  • D4 Perbankan Syariah
  • D4 Analis Keuangan
  • D4 Akuntansi Manajerial

Jurusan Administrasi Bisnis terdiri dari program studi :
  • D3 Administrasi Bisnis
  • D3 Manajemen Bisnis Internasional
  • D4 Manajemen Pemasaran
  • D4 Administrasi Bisnis Terapan

Itulah sekilas informasi tentang Politeknik Negeri Semarang (POLINES). Semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Mungkin dari beberapa program studi yang telah disebutkan di atas, ada salah satu yang diminati. Untuk itu, silahkan daftarkan diri ke Politeknik Negeri Semarang (POLINES) dengan memilih program stud tersebut.

Baiklah kita lanjutkan kembali pembahasan kita tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru POLINES.

Pada tahun ini, Politeknik Negeri Semarang (POLINES) membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, jalur SNBT (UTBK SNBT), jalur mandiri SPBP, jalur jalur mandiri SPBT, jalur kerjasama, KIP Kuliah, serta jalur masuk magister dan jalur alih jenjang.

Persiapkan diri untuk menghadapi seleksi pada jalur yang diikuti. Mudah-mudahan dengan persiapan yang baik, keinginan kalian untuk lulus ujian seleksi bisa terkabulkan.

Langsung saja kita akan membahas jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Semarang (POLINES). Silahkan disimak dengan baik.

A. Pendaftaran Online POLINES Jalur SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) merupakan jalur seleksi nasional yang seleksinya didasarkan pada nilai raport siswa dan prestasi lainnya yang relevan.

Jalur ini diperuntukkan bagi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang ingin menempuh pendidikan jenjang Diploma di Politeknik Negeri yang salah satunya adalah Polines.

Biaya pendaftaran SNBP gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak perlu membayar biaya pendaftaran. 

Pendaftaran SNBP dilakukan secara online melalui website resminya di laman SNPMB yang bisa ditemukan dengan mengunjungi artikel di bawah ini.

Tata cara pendaftaran, jadwal lengkap, persyaratan, mekanisme seleksi, nama-nama Politeknik lain, dan keterangan lainnya bisa dibaca pada artikel sebelumnya atau langsung klik pada halaman berikut : Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran Online POLINES Jalur SNBT 

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) merupakan jalur seleksi ujian tulis yang dilakukan secara nasional oleh PTN dan Politeknik Negeri di Indonesia, serta beberapa PTKIN.

Polines adalah salah satu Politeknik Negeri yang turut dalam jalur SNBT ini.

Jalur SNBT ini juga sering disebut dengan jalur UTBK SNBT karena ujian tulis yang dilaksanakan berbantu komputer. UTBK sendiri memiliki kepanjangan nama Ujian Tulis Berbasis Komputer.

Nah, bagi kalian lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK sederajat yang ingin masuk ke Polines, jalur UTBK SNBT ini bisa menjadi salah satu alternatif jalur pilihanmu yang bisa diikuti.

Baca informasi lebih lanjutnya seperti persyaratan pendaftaran, alur pendaftaran, jadwal, biaya, daftar PTN / Politeknik, dan ketentuan lainnya pada artikel berikut : Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.
 
C. Pendaftaran Online POLINES Jalur Mandiri 

Jalur Mandiri merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan secara mandiri oleh POLINES untuk menjaring calon mahasiswa baru lulusan SMA / MA / SMK / MAK negeri ataupun swasta.

Jalur ini bisa dijadikan sebagai jalur alternatif bagi kalian yang tidak lulus mengikuti seleksi jalur sebelumnya. 

Perlu diketahui bahwa jalur mandiri di Polines ada 2 macam yaitu :

1. Jalur Mandiri : Seleksi Polines Berdasarkan Prestasi (SPBP)

Jalur SPBP ini hanya bisa diikuti oleh siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK / MAK yang memiliki prestasi, nilai raport semester 1 s.d. 5., serta memiliki surat keterangan mengenai peringkat pararel dari sekolah.

Prestasi yang dimaksud adalah prestasi unggul di bidang akademik / non akademik pada kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir yang dibuktikan dengan sertifikat / piagam penghargaan dengan kategori prestasi keagamaan, seni, keolahragaan, atau organisasi.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi laman pmb.polines.ac.id lalu pilih jalur SPBP.

2. Jalur Mandiri : Seleksi Polines Berdasarkan Tes (SPBT)

Jalur SPBT ini terbuka untuk lulusan SMA / MA / SMK / MAK yang berprestasi unggul ataupun tidak berprestasi unggul. Jalur ini seleksinya melalui tes tertulis.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi laman pmb.polines.ac.id lalu pilih jalur SPBT.

D. Pendaftaran Online POLINES Jalur Kerjasama

Jalur Kerjasama ini diadakan berkat kerja sama antara Polines dengan perusahaan atau perguruan tinggi lainnya. Biasanya ada PT. PLN (Perusahaan Listrik Negara), PT MAJ (Mekar Armada Jaya), MSU (Management and Science University) Malaysia, dan lainnya.

Di setiap tahunnya akan diperbarui apakah jalur kerjasama akan dibuka atau tidaknya. Cek secara berkala di situs resmi Polines di laman pmb.polines.ac.id.

E. Pendaftaran Online KIP Kuliah POLINES

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik yang baik.
 
Sebelum berubah menjadi KIP Kuliah, awalnya program ini bernama Bidikmisi. Namun meski berubah, program ini masih merupakan program yang hampir sama dalam pelaksanaannya.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui kip-kuliah.kemdikbud.go.id menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Siswa menggunakan username dan password tersebut untuk login dan kemudian melakukan pengisian data secara lengkap dan benar.

Informasi selengkapnya tentang tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, mekanisme seleksi, persyaratan, dan hal lainnya bisa dibaca pada alamat website di atas atau bisa kunjungi artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

F. Pendaftaran Program Magister dan Program Alih Jenjang

Selain melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Diploma, Polines juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Magister dan juga untuk program alih jenjang.

Informasi pendaftaran dan lainnya :
  • Program Magister :  buka laman pmb.polines.ac.id lalu pilih jalur program magister
  • Program Alih Jenjang :  buka laman pmb.polines.ac.id lalu pilih jalur program alih jenjang

Itulah beberapa jalur seleksi yang dibuka oleh POLINES. Silahkan ikuti jalur yang diprediksikan bisa memberikan peluang besar untuk lulus seleksi.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Polines.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan kali ini tentang Pendaftaran Online POLINES Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan.

Admin turut mendoakan semoga kalian semua bisa lulus seleksi. Terima kasih admin ucapkan atas kesempatan yang diberikan untuk membaca artikel  ini. Salam sukses untuk kita semua. Ayo bagikan informasi ini pada teman lainnya.