Pendaftaran Online PNL 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.pnl.ac.id 2024 -- Pendaftaran PNL Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL), Pendaftaran PNL, Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL), Pendaftaran Mahasiswa Baru PNL, Panduan Pendaftaran Online Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL), Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, KIP Kuliah. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online PNL 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin kuliah di PNL. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/08/pendaftaran-online-pnl.html

Politeknik Negeri Lhokseumawe atau disingkat dengan PNL merupakan Politeknik Negeri yang terletak di Lhokseumawe, Aceh Utara, Indonesia. Politeknik Negeri Lhokseumawe telah didirikan pada tahun 1985.

Pada mulanya Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) bernama Politeknik Unsyiah yang merupakan bagian dari Universitas Syiah Kuala. Kini Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) telah memisahkan diri.

Perlu diketahui pula bahwa jurusan dan program studi yang ada di Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) yaitu :

Jurusan Teknik Sipil terdiri dari program studi :
  • D2 Jalur Cepat Pengukuran dan Penggambaran Tapak Bangunan Gedung
  • D3 Teknologi Konstruksi Bangunan Air
  • D3 Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan
  • D4 Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung
  • D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan

Jurusan Teknik Kimia terdiri dari program studi :
  • D3 Teknologi Kimia
  • D3 Teknologi Pengolahan Minyak dan Gas
  • D4 Teknologi Rekayasa Kimia Industri

Jurusan Teknik Mesin terdiri dari program studi :
  • D3 Teknologi Industri
  • D3 Teknologi Mesin
  • D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur
  • D4 Teknologi Rekayasa Pengelasan dan Fabrikasi

Jurusan Teknik Elektro terdiri dari program studi :
  • D3 Teknologi Listrik
  • D3 Teknologi Telekomunikasi
  • D3 Teknologi Elektronika
  • D4 Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi
  • D4 Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi
  • D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol

Jurusan Tata Niaga terdiri dari program studi :
  • D3 Akuntansi
  • D3 Administrasi Bisnis
  • D4  Manajemen Keuangan Sektor Publik
  • D4  Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah
  • S2 Keuangan Islam

Jurusan Teknologi Informasi Komputer terdiri dari program studi :
  • D4 Teknologi Rekayasa Multimedia
  • D4 Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan
  • D4 Teknik Informatika

Dari beberapa program studi yang ada di PNL mungkin salah satunya ada yang kalian minati, jika demikian silahkan daftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru di PNL.

Saat ingin mendaftar, perlu juga untuk mengetahui jalur apa saja yang bisa di pilih.

Nah, di PNL, ada beberapa jalur seleksi masuk yang dibuka dan bisa diikuti oleh calon peserta yang memenuhi ketentuan dan persyaratan.

Biasanya jalur yang dibuka oleh PNL yaitu jalur nasional seperti SNBP dan SNBT; dan jalur mandiri seperti jalur SMMPN, PPMPN, jalur alih jenjang, jalur masuk magister, dan jalur diploma dua.

Untuk mengetahui sepeti apa jalur-jalur tersebut, ayo ikuti penjelasannya di bawah ini.

A. Pendaftaran Online PNL Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan disebut juga jalur seleksi nasional karena jalur ini dilaksanakan secara nasional atau bersamaan oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Jalur SNBP ini diperuntukkan bagi siswa SMA sederajat yang berprestasi yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini. Untuk lulusan tahun-tahun sebelumnya bisa mengikuti seleksi jalur SNBT atau jalur mandiri.

Seleksi SNBP didasarkan pada prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport.

Proses pendaftaran SNBP dimulai dari pihak sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa-siswinya dengan mengisikan data siswa dan data sekolah di laman PDSS.

Siswa yang telah direkomendasaikan akan mendapatkan username dan password yang dapat digunakan untuk login ke laman pendaftaran SNBP untuk mengecek dan melengkapi data pendaftaran.

Mengenai biaya pendaftaran SNBP yaitu gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah.

Untuk penjelasan yang lebih lengkap mengenai persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, cara mendaftar SNBP, jumlah pilihan perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran Online PNL Jalur SNBT / UTBK SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi negeri yang salah satunya adalah PNL.

Jalur SNBT dibuka untuk memberikan kesempatan pada lulusan SMA sederajat maksimal lulus 3 tahun terakhir yang ingin masuk ke PNL melalui tes berbasis komputer (UTBK).

Sering pula jalur SNBT ini disebut dengan jalur UTBK SNBT karena memang tes di jalur SNBT ini menggunakan bantuan komputer atau ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Proses pendaftarann SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta secara online melalui laman resmi SNBT. Jika mengalaki kesulitan, maka bisa meminta bantuan pada kakak tingkat yang paham tentang ini, atau bisa juga meminta bantuan pada pihak sekolah untuk mendaftarkan.

Terkait biaya pendaftaran SNBT bahwa calon peserta harus membayar biaya pendaftaran SNBT melalui bank.

Untuk penjelasan lebih lengkap seperti persyaratan pendaftaran SNBT, cara mendaftar, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan program studi dan perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran Online PNL Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi masuk ke PNL yang dikelola secara mandiri / lokal oleh panitia penyelenggara, bukan secara nasional.

Jalur mandiri yang dibuka oleh PNL bisa menjadi alternatif untuk kalian yang masuk juga belum lulus seleksi melalui jalur SNBP atau SNBT.

Dengan adanya jalur mandiri ini, kesempatan untuk masuk ke PNL masih terbuka lebar. Persiapkan diirimu agar bisa lulus jalur seleksi mandiri ini.

Ada beberapa jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh PNL. Kalian tinggal cocokan dengan ketentuan dan persyaratan yang paling mungkin untuk diikuti. Berikut jalur-jalurnya :

1. Jalur PPMPN

Penelusuran Prestasi Masuk Politeknik Negeri (PPMPN) adalah jalur seleksi mandiri masuk ke PNL yang diperuntukkan bagi siswa SMA / SMK / MA atau sederajat lulusan tahun ini dan tahun kemaren yang memiliki prestasi di Bidang Olahraga, Seni dan IPTEK yang dibuktikan dengan sertifikat / piagam kejuaraan yang dimenangkan selama di bangku sekolah.

2. Jalur SMMPN

Seleksi Mandiri Masuk Politeknik Negeri (SMMPN) dalah jalur seleksi mandiri masuk ke PNL yang diperuntukkan bagi siswa SMA / SMK / MA atau sederajat lulusan 3 tahun terakhir yang mana seleksinya dilakukan melalui tes.

3. Diploma Dua Jalur Cepat

Bagi yang ingin masuk ke PNL dan memilih D2 Jalur Cepat Pengukuran dan Penggambaran Tapak Bangunan Gedung, maka dapat mengikuti seleksi di jalur ini.

4. Jalur Alih Jenjang

Jalur ini dibuka untuk menerimaan calon mahasiswa dari Jenjang Diploma Tiga melanjutkan ke Sarjana Terapan.

5. Seleksi Masuk Magister Terapan

Jalur ini dibuka untuk lulusan Lulusan S1 / D4 yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana terapan.

Informasi lengkap mengenai jalur-jalur mandiri di atas dapat diakses melalui http://pmb.pnl.ac.id/

D. Pendaftaran Online KIP Kuliah  PNL

KIP Kuliah merupakan program pemberian bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi serta calon mahasiswa tersebut memiliki kemampuan akademik yang baik.

Untuk bisa mendaftar, maka pendaftar harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia KIP Kuliah.

Calon peserta yang ingin mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah, harus mendaftar dan mengikuti jalur seleksi masuk yang ada di PNL seperti jalur SNBP atau SNBT, atau bahkan jalur mandiri (jika ada).

Keterangan lebih lanjut dapat dikonsultasikan dengan pihak sekolah atau kakak senior yang lebih paham yang ada di kampus tujuanmu.

Pendaftaran KIP Kuliah online di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi selengkapnya seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, cara mendaftar, dan lainnya bisa ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke PNL. Silahkan daftarkan diri dan ikuti proses seleksinya hingga pengumuman kelulusan.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di laman resmi PNL.

Sumber : http://pmb.pnl.ac.id/

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tentang Pendaftaran Online PNL Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri yang telah admin sampaikan bisa bermanfaat untuk kalian.

Terima kasih telah membaca artikel di website ini, semoga kita termasuk orang-orang yang bisa sukses semuda mungkin. Ayo sukai halaman web kami dan bagikan atau share artikel ini pada teman lainnya.