Selamat datang di www.pendaftaranonline.web.id . Temukan dan baca informasi yang anda butuhkan di web ini. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Sebagai contoh ketik saja "SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, Dikti, PMDK-PN, SPMB, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, TNI-POLRI, Siswa Baru, dll". Jangan lupa untuk share informasi yang ada pada teman-teman yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami yang ada di sebelah kanan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Biaya Pendidikan ITB 2018/2019 (Institut Teknologi Bandung)

Biaya Pendidikan ITB 2018 -- Biaya Kuliah ITB, UKT ITB, Biaya Studi ITB, Biaya Perkuliahan ITB, Dana Pendidikan ITB, Ketentuan Pembiayaan ITB, Informasi Biaya Pendidikan ITB, Uang Kuliah Tunggal ITB, Bantuan Biaya Pendidikan ITB, Institut Teknologi Bandung (ITB), usm.itb.ac.id. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan pembahasan tentang Biaya Pendidikan ITB 2018/2019. Informasi ini diberikan sebagai gambaran awal bagi anda yang ingin kuliah di ITB. Pahami informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/06/biaya-pendidikan-itb.html

Biaya Pendidikan adalah besarnya dana yang harus dikeluarkan untuk membiayai pendidikan yang sedang di tempuh. Misalkan anda kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), maka anda harus mengeluarkan biaya pendidikan yang besarnya sesuai dengan ketentuan dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sejak beberapa tahun lalu, Pembayaran Biaya Pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Sistem UKT ini telah diterapkan di Institut Teknologi Bandung (ITB) sejak tahun 2013.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah suatu sistem pembayaran biaya pendidikan mahasiswa pada suatu Universitas dalam satu masa studi (misal 4 tahun) yang pembayarannya dibagi rata tiap semester. Misalnya masa studi Anda 4 tahun (Sarjana) sehingga ada 8 semester, maka pembayaran UKT dari semester 1 sampai semester 8 adalah sama. Misalnya pada semester 1, anda membayar UKT Rp. 5.000.000,00 , maka untuk semester berikutnya akan tetap membayar biaya UKT sebesar RP. 5.000.000,00. 

Pembayaran Biaya UKT ini disesuaikan dengan data ekonomi mahasiswa yang bersangkutan. Jika memiliki penghasilan yang besar, maka UKT yang harus dibayar juga besar. Sedangkan jika penghasilannya rendah, maka pembayaran UKT akan disesuaikan dengan penghasilan anda.

Pada saat ini, Institut Teknologi Bandung (ITB) menerapkan biaya UKT kepada mahasiswa yang terbagi menjadi 2 bagian yaitu untuk UKT Fakultas/Sekolah SBM dan UKT Fakultas/Sekolah non SBM. SBM kepanjangan dari Sekolah Bisnis dan Manajemen.

Untuk biaya UKT Fakultas/Sekolah SBM (non reguler) yang dibebankan kepada mahasiswa sebesar RP. 20.000.000,00 tiap semester. Sedangkan biaya UKT Fakultas/Sekolah non SBM sebesar Rp. 10.000.000,00 tiap semester. Dengan pembayaran biaya UKT tersebut, maka untuk mahasiswa baru tidak akan lagi dikenakan biaya uang pangkal dalam bentuk apapun. Anda cukup membayar UKT saja tiap semester.

Institut Teknologi Bandung (ITB) telah menyiapkan berbagai macam beasiswa yang akan diberikan kepada para mahasiswa sesuai dengan tingkat kemampuan ekonomi orang tua dari mahasiswa. Dengan demikian, para mahasiswa akan dikenakan biaya pendidikan tiap semester yang besarnya berkisar antara Rp. 0,- (Nol Rupiah) sampai dengan Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah).

Selain itu, Institut Teknologi Bandung (ITB) juga memberikan kemudahan berupa subsidi UKT yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Besarnya subsidi yang akan diberikan didasarkan pada tingkat kemampuan ekonomi orang tua dari mahasiswa yang bersangkutan yang akan dijelaskan setelah mahasiswa tersebut diterima menjadi mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB).

Biaya UKT yang dibebankan kepada mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dibedakan menjadi beberapa kelompok yaitu Kelompok I sebesar RP. 400.000,- , Kelompok II sebesar Rp. 800.000,- , Kelompok III sebesar RP. 4.000.000,- , Kelompok IV sebesar Rp. 8.000.000,- , dan Kelompok V sebesar Rp. 10.000.000,- .  Kelompok biaya tersebut diberlakukan untuk mahasiswa Fakultas/Sekolah non SBM. Sedangkan untuk mahasiswa Fakultas/Sekolah SBM (non reguler) biaya UKT-nya sebesar Rp. 20.000.000,- tiap semester.

A. Biaya Kuliah Jenjang Sarjana ITB untuk Fakultas / Sekolah SBM dan Non SBM



B. Biaya Kuliah Jenjang Diploma ITB
  • Biaya SPP Program Diloma ITB : Rp. 600.000,- per semester

C. Biaya Pendidikan Apoteker

Biaya pendidikan mahasiswa program studi Profesi Apoteker adalah sebesar Rp. 14.000.000,- (empat belas juta rupiah) per semester, yang dibayarkan pada setiap awal semester.

D. Biaya Kuliah Jenjang Pascasarjana ITB

Biaya Kuliah jenjang Pascasarjana ITB ditentukan seperti pada tabel berikut ini.

Strata Fakultas/Sekolah Kewarganegaraan Biaya Pendidikan
Magister Fakultas/Sekolah Non SBM Indonesia BPPS : Rp. 10.500.000,- per semester
Asing Ditetapkan secara terpisah
Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Indonesia Ditetapkan secara terpisah
Asing Ditetapkan secara terpisah
Doktor Fakultas/Sekolah Non SBM Indonesia BPPS : Rp. 12.500.000,- per semester
Asing Ditetapkan secara terpisah
Dana Riset : Ditetapkan secara terpisah
Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Indonesia
Ditetapkan secara terpisah
Asing Ditetapkan secara terpisah

Sumber : http://usm.itb.ac.id

Itulah biaya pendidikan yang harus dibayar bagi anda yang kuliah di ITB. Untuk informasi lain yang dibutuhkan dapat dilihat langsung di website resmi ITB

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ITB.

Silahkan baca juga : Pendaftaran Online ITB

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan tentang Biaya Pendidikan ITB. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda terutama yang akan kuliah di ITB.

Terima kasih admin ucapkan untuk anda yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua.