Panduan Pengisian PDSS dan Pendaftaran SPAN PTKIN Siswa 2024/2025

Pendaftaran SPAN PTKIN 2024 -- Pengisian PDSS SPAN PTKIN, Pendaftaran Akun Siswa, Login Aplikasi SPAN-PTKIN, PDSS Sekolah, Siswa SPAN-PTKIN, Daftar PDSS SPAN PTKIN, Halaman Web Siswa, Username dan Password SPAN PTKIN. Login Username PTKIN. Input Password, Login SPAN-PTKIN, SPAN-PTKIN Daftar, Akun SPAN PTKIN Siswa, 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Panduan Pengisian PDSS dan Pendaftaran SPAN PTKIN Siswa 2024/2025. Informasi ini sebagai pelengkap untuk melengkapi informasi pendaftaran SPAN PTKIN yang akan dilakukan oleh siswa sebagai calon peserta. Yuk disimak informasinya.


Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau yang sering disebut dengan nama SPAN PTKIN adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini saja.

Telah dijelaskan pada artikel sebelumnya mengenai persyaratan, jadwal, kriteria penerimaan, daftar PTKIN, jumlah pilihan program studi, dan lain sebagainya. Jika belum membacanya, silahkan baca terlebih dahulu : Informasi Pendaftaran SPAN PTKIN

Selanjutnya admin akan menginformasikan tentang panduan pengisian data di PDSS oleh sekolah dan panduan lengkap pendaftaran SPAN PTKIN oleh siswa. Langsung saja simak di bawah ini.

I. Pendaftaran PDSS SPAN PTKIN oleh Sekolah

Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) adalah pusat pengelolaan data sekolah dan siswa yang merupakan bagian dari proses pendaftaran seleksi masuk ke PTKIN.

PDSS SPAN-PTKIN merupakan bagian dari serangkaian proses pendaftaran SPAN PTKIN yang dilakukan oleh sekolah untuk merekomendasikan siswa-siswi terbaiknya yang berprestasi dalam mengikuti seleksi SPAN PTKIN.

Berikut ini informasi panduan pengisian data di PDSS SPAN-PTKIN untuk Sekolah.

A. Alur Registrasi PDSS
  1. Daftar Sekolah
    • Akses laman pdss.ptkin.ac.id 
    • Masukkan NPSN, kode registrasi sekolah, nomor HP, nomor WA, dan email kepala sekolah.
  2. Daftar Berhasil
    • Registrasi berhasil, password akan dikirim melalui email kepala sekolah yang dimasukkan pada saat pendaftaran
  3. Login
    • Akses laman pdss.ptkin.ac.id . Pilih login masukkan NPSN dan password  yang didapat dari kepala sekolah
  4. Pengisian PDSS
    • Cek data informasi sekolah
    • Cek data jurusan
    • Unggah KKM'unggah nilai siswa
    • Finalisasi
    • Cek data siswa yang didaftarkan
    • Infokan ke siswa

B. Tata Cara Registrasi PDSS
  1. Akses laman https://span.ptkin.ac.id/ lalu pilih PDSS, atau langsung akses laman https://pdss.ptkin.ac.id/
  2. Pilih menu Daftarkan Sekolah
  3. Muncul tampilan Registrasi Sekolah. Siapkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi Sekolah.
  4. Masukan NPSN Sekolah kemudian pilih Lanjutkan Pendaftaran
  5. Masukan Kode Registrasi Sekolah (kode registrasi sekolah dapat diperoleh pada akun Dapodik Sekolah), kemudian pilih Lanjutkan Pendaftaran
  6. Masukkan Nomor WhatsApp Kepala Sekolah dan Email Kepala Sekolah. Catatan: Email harus aktif dan valid karena password Login Sekolah akan dikirimkan melalui Email tersebut. Kemudian Pilih Lanjutkan Pendaftaran
  7. Selesai. Buka email dari SPAN-PTKIN, kemudian Pilih Login. Penjelasan lebih lanjut di bagian C di bawah ini.

C. Tata Cara Login PDSS
  1. Akses laman https://span.ptkin.ac.id/ lalu pilih PDSS, atau langsung akses laman https://pdss.ptkin.ac.id/
  2. Masukan NPSN dan Password yang diperoleh dari email Kepala Sekolah atau WhatsApp Kepala Sekolah kemudian Pilih Login

Setelah login lalu mengisi data PDSS seperti di bagian D di bawah ini.

D. Tata Cara Pengisian PDSS

Pengisian PDSS dapat dilakukan apabila sekolah sudah melakukan Registrasi Sekolah dan Login pada laman https://pdss.ptkin.ac.id/. Setelah Login, sekolah wajib melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Cek Profil Sekolah

Cek Kembali Profil sekolah, data Profil sekolah diambil dari data DAPODIK dan data EMIS. Pilih "Perbaruan Data Sekolah" jika data belum sesuai, sekolah dapat melakukan perbaikan data melalui Dapodik (https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/) atau melalui EMIS.

Bagi Satuan Pendidikan Pondok Pesantren yang tidak memiliki bentuk jurusan pada Data Induk Pendidikan wajib memilih Jenis Sekolah yang paling sesuai dengan Izin yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI

2. Pilih Kurikulum yang diterapkan sekolah kemudian pilih Simpan

3. Pilih Pengaturan Jurusan

4. Pilih Perbarui Data Sekolah

5. Cek Data Jurusan dan Data Jumlah Siswa

Jika data sudah sesuai maka pilih "Pengisian KKM"

Jika data belum sesuai, sekolah dapat melakukan perbaikan data melalui Dapodik bagi satuan Pendidikan dibawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/ atau melalui EMIS Madrasah pada laman https://emis.kemenag.go.id/ atau EMIS Pondok Pesantren pada laman https://emispendis.kemenag.go.id/pdpontrenv2/

6. Menyesuaikan Mata Pelajaran dan Mengunduh File template Excel KKM

Pilih "Sesuakan Mata Pelajaran"

Mata Pelajaran wajib akan tampil sesuai dengan jenis Satuan Pendidikan. Satuan Pendidikan diantaranya MA / SMA / SMK / Pondok Pesantren / PDF / PKPPS / Muadalah Mualimin / Muadalah Salafiyah. Satuan Pendidikan Wajib melakukan Input Nilai sesuai mata pelajaran wajib yang telah ditentukan oleh sistem SPAN-PTKIN dan Satuan Pendidikan dapat menambahkan mata pelajaran.

Pilih "Simpan"
Pilih "(Langkah 1) Unduh file excel KKM"
Pilih "OK"

7. Mengisi File Excel KKM

Hasil file unduhan KKM akan disesuaikan dengan data pada Dapodik, seperti halnya dengan Mata Pelajaran, secara otomatis disesuaikan dengan jenis sekolah. Sekolah hanya diijinkan merubah/mengisi kolom NILAI.

8. Mengunggah File Excel KKM

Setelah mengisi file KKM, maka sekolah melakukan Unggah File Excel KKM

Pilih "(Langkah 2) Unduh file excel KKM"
Kemudian pilih file Excel KKM dan pilih Open.

9. Hasil Unggah KKM

Cek Kembali data KKM yang sudah diunggah, jika terjadi kesalahan KKM sekolah dapat langsung memperbaikinya dengan cara klik kolom nilai KKM.

10. Pilih Data Siswa

11. Pilih Perbarui Data Siswa

Cek kembali Data Siswa (NISN, Nama, Jurusan, Jenis Kelamin). Jika data belum sesuai maka sekolah dapat melakukan perbaikan data melalui Dapodik pada Link https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/ atau https://nisn.data.kemdikbud.go.id/; atau melalui EMIS Madrasah dan Pontren bagi Satuan Pendidikan di bawah Kementerian Agama RI pada laman https://emis.kemenag.go.id/ atau https://emispendis.kemenag.go.id/pdpontrenv2/

12. Mengunggah Nilai Siswa

Jika data siswa sudah sesuai maka sekolah dapat mengunggah nilai siswa dengan memilih Nilai Siswa

Pilih "(Langkah 1) Unduh file excel nilai siswa"
Unduh File Excel Nilai Siswa semua Jurusan
Kemudian isi File Nilai Siswa semua jurusan
Selajutnya pilih "(Langkah 2) Unggah excel nilai siswa"
Pilih salah satu file import_nilai_siswa_ips_xxxxxx.xls kemudian pilih Open.
Lakukan Kembali Pilih "(Langkah 2) Unggah excel nilai siswa"
Pilih salah satu file import_nilai_siswa_ipa_xxxxxx.xls kemudian pilih Open

Jumlah File Excel import_nilai_siswa_jurusan_xxxxx tergantung jumlah jurusan yang ada pada sekolah masing-masing sesuai data yang terdaftar pada Dapodik

13. Nilai Berhasil Diunggah

Akan muncul tampilan jika nilai berhasil diunggah

E. Finalisasi PDSS

Sebelum melakukan Finalisasi, sekolah diharapkan melakukan pengecekan ulang apakah nilai siswa berhasil terunggah pada sistem, pastikan semua kolom "Lengkap" Sekolah dapat melakukan tahapan Finalisasi dengan cara melakukan klik tombol "Finalisasi"

Tahapan terakhir, perhatikan informasi pengisian PDSS sebelum melakukan Finalisasi PDSS. Pilih "Finalisasi PDSS" untuk melakukan tahapan terakhir

F. Cetak Data Siswa

Setelah melakukan Finalisasi PDSS sekolah mencetak Data Siswa.
Pilih "Cetak Data Siswa". Hasil cetakan Data Siswa kemudian diberikan ke siswa

G. Kontak SPAN PTKIN

Sekolah dapat menghubungi panitia melalui :
Email : info@span-ptkin.ac.id
Website : https://span-ptkin.ac.id
Whatsapp: 081578901020 (chat)
Alamat Panitia SPAN-UM PTKIN:
Rektorat Lantai 2 Kampus 3 UIN Walisongo
Jl. Prof. Dr. Hamka Ngaliyan,
Semarang, Jawa Tengah 50185

---------------------------------------------

II. Panduan Pendaftaran SPAN PTKIN untuk Siswa

Selanjutnya akan dijelaskan mengenai pendaftaran akun siswa pada SPAN PTKIN serta cara login dan pengisian data pendaftarannya.

Ada 2 cara pendaftaran SPAN PTKIN yang dapat dilakukan oleh calon peserta yaitu pendaftaran melalui website dan pendaftaran melalui aplikasi. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

# Pendaftaran SPAN PTKIN untuk Siswa Melalui Website

A. Alur Registrasi Siswa

1. Pendaftaran Akun Siswa

Buka alamat https://siswa.ptkin.ac.id

Pilih pendaftaran akun, isikan NISN, NPSN, tanggal lahir, dan email aktif. 
Password akan dikirimkan ke email yang telah didaftarkan

2. Login

Buka kembali alamat https://siswa.ptkin.ac.id

Masukkan NISN dan password kemudian pilih login untuk melengkapi biodata

3. Cek Nilai Rapor

Siswa diwajibkan untuk mengecek nilai rapor yang sudah terinput di sistem. 
Apabila ada perbedaan nilai, silahkan hubungi pihak sekolah

4.  Unggah File Rapor

Unggah file rapor kelas X/1, X/2, XI/1, XI/2, XII/1 dalam bentuk pdf.
Unggah file rapor bersifat wajib.

5. Pilih PTKIN dan Prodi

Siswa memilih 2 PTKIN dan 2 prodi

6. Finalisasi dan Unduh Kartu Peserta

Siswa wajib melakukan finalisasi pendaftaran dan unduh kartu peserta

B. Tata Cara Registrasi / Pendaftaran Akun Siswa

1. Kunjungi laman https://siswa.ptkin.ac.id

Isikan NISN, password, dan kode chaptha yang terlihat lalu Pilih "Pendaftaran Akun"

2. Tampilan Registrasi Akun Siswa

Siapkan NISN, NPSN, Tanggal Lahir (yyyy-mmdd) dan Email Siswa Aktif.

Isikan NISN (harus sesuai), NPSN (harus sesuai), Tanggal Lahir (harus sesuai dengan format yyyy-mm-dd) dan Email, kemudian pilih "Daftar"

3. Buka email dari SPAN-PTKIN untuk melihat password

C. Tata Cara Login Siswa

1. Kunjungi kembali laman https://siswa.ptkin.ac.id/

2. Isikan NISN dan Password yang diperoleh dari email

Isikan NISN, password, dan kode chaptha yang terlihat lalu Pilih "Login"

3. Mengisi Biodata

Setelah Login berhasil maka Siswa akan diarahkan pada laman Biodata.

Cek Kembali NISN, Nama, Sekolah, dan Jurusan. Jika ada kesalahan silahkan hubungi operator Satuan Pendidikan / Sekolah untuk perbaikan data pada Dapodik/Emis. 

Data akan tersinkron dengan sistem SPAN-PTKIN dalam jangka waktu 1x24 Jam setelah pengajuan perbaikan ke Dapodik/Emis. Setelah data tersebut sesuai, siswa dapat melanjutkan pengisian biodata siswa.

4. Unggah Foto

Pada bagian ini ada 3 langkah yang wajib dipenuhi, yaitu :

a) Foto Siswa

Siswa dapat memilih tombol "foto" untuk mengunggah Foto Siswa
ukuran 3x4 dengan background merah. Setelah Foto selesai diunggah, pilih "Simpan Foto"

b) Data Siswa

Siswa mengisi Data Siswa, seperti No.KTP/NIK, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Agama, Nomor Whatsapp, Alamat, Lokasi, No. KIP (Optional / Kosongkan jika tidak memikili), No.PKH (Optional / Kosongkan jika tidak memiliki), No.KJP (Optional / Kosongkan jika tidak memiliki).

c) Data Hafidz (optional)

Data Hafidz bersifat optional / tidak wajib. Bagi siswa yang memiliki sertifikat/bukti Hafidz dapat mengisikan pada kolom ini.

d) Data Orang Tua

Siswa mengisi Data Orang Tua, seperti Nama Ayah, Nama Ibu, Pendidikan Ayah, Pendidikan Ibu, Penghasilan Ayah, Penghasilan Ibu, NO HP Orang Tua, Alamat dan Tempat Tinggal. Setelah isian Data Orang Tua selesai, pilih "Simpan"

5. Data Rapor

Pada bagian ini terdapat 2 step/langkah yang wajib dipenuhi yaitu:

a) Cek Nilai Rapor Siswa

Apabila data nilai rapor tidak sesuai, silakan menghubungi Kepala Sekolah.
Siswa wajib melakukan cek Nilai Rapor yang telah diunggah oleh Satuan Pendidikan / Sekolah tempat Siswa. Cek Nilai Rapor Kelas X/Semester 1, Kelas X/Semester 2, Kelas XI/Semester 1, Kelas XI/Semester 2 dan Kelas XII/Semester 1.

Pilih "Rapor"

Jika terjadi kesalahan maka Siswa melaporkan ke Satuan Pendidikan/ Sekolah. Hanya Satuan Pendidikan / Sekolah yang dapat melakukan perubahan Nilai. 

Setelah melakukan Cek Nilai Rapor dan data sesuai, pilih "Nilai Telah Sesuai"

Jika telah yakin, klik OK

b) Foto Rapor

Siswa wajib mengunggah/upload file Rapor Kelas X/1, Kelas X/2, Kelas XI/1, Kelas XI/2, Kelas XII/1 dalam format pdf. Pilih "Rapor"

Pilih file Rapor tiap kelas untuk melakukan unggah Rapor, Sesuaikan unggahan Rapor dengan Kelas pada Aplikasi.

Siswa mengunggah file Rapor per-kelas dalam format PDF, kemudian pilih "Unggah Foto". Selanjutnya pilih kembali Pilihan Rapor Kelas Selanjutnya dan 

kemudian ulangi langkah Poin b) untuk mengunggah nilai Rapor kelas selanjutnya.

Pastikan Rapor terunggah sesuai Kelas pada aplikasi, berikut tampilan jika Rapot sudah terunggah. Siswa dapat menambahkan file rapor lebih dari 1 file. 

Setelah selesai mengunggah rapor, siswa melajutkan pemilihan Perguuran Tinggi dan Program Studi.

6. Pilihan Program Studi

Siswa dapat memilih 2 (dua) PTKIN/PTN dan 2 (dua) Program Studi.

Siswa terlebih dahulu mengetahui zona / wilayah PTKIN / PTN dan Program Studi yang akan dipilih untuk memudahkan pemilihan.

Pilih wilayah, Pilih PTKIN/PTN, Pilih Program Studi Pilihan 1 dan 2, selajutnya Pilih "Simpan"

7. Data Prestasi

Data Prestasi Siswa bersifat Optional/ tidak wajib. Siswa dapat mengunggah data prestasi paling banyak 3 (tiga) data prestasi, jika Siswa memiliki prestasi lebih dari 3 (tiga) maka pilih 3 (tiga) prestasi yang paling tinggi pencapaiannya.

Pilih Prestasi, kemudian pilih Tambah Prestasi, Pilih Capaian Prestasi, Pilih Jenis Prestasi, Pilih Tingkat Prestasi, dan kemudian Pilih "Simpan"

8. Finalisasi

Siswa diwajibkan melakukan Finalisasi untuk dapat memperoleh Kartu Tanda Peserta SPAN PTKIN Tahun ini.

Pilih menu Finalisasi, Pilih "Finalisasi". Jika telah yakin klik OK

9. Download Kartu Tanda Peserta

Setelah melakukan finalisasi Siswa diwajibkan mengunduh Kartu Tanda Peserta. Pilih "Cetak Kartu" maka akan terunduh file PDF.

Cetak dan Simpan Kartu Tanda Peserta Tersebut sebagai Bukti Pendaftran SPAN-PTKIN dan akan digunakan sebagai salah satu syarat registrasi ulang jika dinyatakan Lulus.


# Tata Cara Registrasi / Pendaftaran Akun Siswa melalui Aplikasi

Pendaftaran SPAN PTKIN melalui aplikasi tidak dijelaskan secara rinci karena langkah-langkahnya hampir sama dengan langkah-langkah pendaftaran melalui website yang telah dijelaskan di atas.

Berikut langkahnya secara umum :

1. Unduh dan Install Aplikasi

Unduh dan Install Aplikasi pada Playstore dengan nama Pendaftaran SPAN-PTKIN

2. Buka Aplikasi Pendaftaran SPAN-PTKIN

Jika belum memiliki akun (calon pendaftar baru biasanya belum memiliki akun) silahkan klik menu login lalu klik pendaftaran akun, lalu ikuti langkah-langkahnya yang hampir sama dengan pendaftaran melalui website di atas. 

Jika telah memiliki akun (telah membuat akun) silahkan klik menu login lalu klik login, lalu ikuti langkah-langkahnya yang juga hampir sama hampir sama dengan pendaftaran melalui website di atas.

Mungkin hanya ada sedikit perbedaan pada bentuk tombol yang di klik atau penempatan posisinya yang digunakan di aplikasi dan website. Silahkan diikuti. Kalian pasti bisa.


Itulah cara pendaftaran akun SPAN PTKIN siswa dan cara loginnya serta pengisian data pendaftarannya. Silahkan diikuti dan diperhatikan dengan seksama.

Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, silahkan ikuti yang ada di laman resmi.

Silahkan kembali lagi ke artikel utama tentang pendaftaran SPAN PTKIN untuk menemukan informasi tentang persyaratan, jadwal, biaya, daftar PTKIN, pilihan program studi, dan lain sebagainya. Kunjunngi link artikelnya berikut ini : Pendaftaran SPAN PTKIN

Demikianlah informasi mengenai Panduan Pengisian PDSS dan Pendaftaran SPAN PTKIN Siswa. Semoga informasi tersebut bermanfaat dalam memandu proses pendaftaran SPAN PTKIN siswa.

Terima kasih atas waktunya. Jangan lupa untuk like dan share artikel ini pada rekan lainnya.