Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia (BI) 2024/2025

Beasiswa BI 2024 -- Info Pendaftaran Online Beasiswa Bank Indonesia (BI), Beasiswa Diploma / S1, Penerimaan Beasiswa Bank Indonesia (BI), Pembukaan Beasiswa Bank Indonesia (BI), Informasi Beasiswa Bank Indonesia (BI), Syarat dan Cara Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia (BI), 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia (BI) 2024/2025. Sebelum membahas tentang Beasiswa BNI, admin akan memberikan sedikit informasi tentang Bank Negara Indonesia (BNI).

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Bank Indonesia adalah bank sentral Republik Indonesia yang mempunyai satu tujuan tunggal yakni mencapai dan menjaga kestabilan nilai rupiah. 

Selain melaksanakan tugas pokoknya sebagai Bank Sentral, Bank Indonesia (BI) juga peduli pada dunia pendidikan di Indonesia yaitu dengan memberikan Beasiswa kepada mahasiswa di beberapa kampus di Indonesia.

Bank Indonesia akan memberikan Beasiswa kepada Mahasiswa yang memenuhi persyaratan dan ketentuan seperti berikut ini :

1. Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia (BI) :
  1. Mahasiswa Reguler
  2. Minimal telah menyelesaikan 40 SKS atau 3 semester
  3. Dari latar belakang ekonomi kurang mampu (keluarga pra sejahtera)
  4. IPK minimal 3,00
  5. Mengisi Form Biodata Online atau langsung di kampus
  6. Usia maksimal 23 tahun pada saat menerima beasiswa
  7. Tidak sedang bekerja / berada dalam status ikatan dinas dari lembaga / instansi lain.
  8. Tidak sedang menerima beasiswa / status ikatan dinas dari lembaga / instansi lain.
  9. Mempunyai pengalaman menjalankan aktivitas sosial yang memiliki dampak kebermanfaatan bagi masyarakat.
  10. Bersedia berperan aktif, mengelola dan mengembangkan komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia serta berpartisipasi pada semua kegiatan yang diselengggarakan oleh Bank Indonesia

2. Dokumen Administrasi yang dikumpulkan :
  1. Kartu Hasil Studi semester terakhir
  2. Surat Keterangan tidak mampu dari Kalurahan / kartu BLT, jaskesmas, Raskin
  3. Fotocopy transkrip nilai yang sudah disahkan oleh pejabat berwenang
  4. Fotocopy KTP
  5. Fotocopy Kartu keluarga
  6. Curiculum Vitae (CV)
  7. Surat Keterangan Penghasilan orang tua dari instansi yang berwenang
  8. Fotocopy Kartu Mahasiswa
  9. Fotocopy buku rekening bank (bagian depan) atas nama mahasiswa
  10. Surat Pernyataan tidak sedang bekerja
  11. Surat Pernyataan tidak sedang menerima beasiswa
  12. Surat rekomendasi dari pimpinan fakultas
  13. Surat Pernyataan bersedia untuk berperan aktif, mengelola dan mengembangkan komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia serta berpartisipasi pada semua kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.
  14. Surat keterangan dari Kepala Desa / Lurah di mana orang tua calon penerima beasiswa berdomisili yang menerangkan bahwa yang bersangkutan adalah benar tidak mampu membiayai perkuliahan anaknya yang namanya tercantum pada surat tersebut;
  15. Berkas dibuat rangkap 2 (dua) masukkan dalam 1 map dan dikumpulkan ke Sub Bagian Kemahasiswaan

Itulah kelengkapan berkas administrasi yang harus dikumpulkan. Tentunya kelengkapan berkas administrasi tersebut tidak semuanya dikumpulkan. Silahkan sesuaikan dengan persyaratan dari kampus anda. 

Tanyakan pada pengurus beasiswa ini di kampusmu agar tidak ada kesalahan dalam penyerahan berkas administrasi dan lain-lainnya.

3. Tahapan Seleksi

Seleksi secara umum dilakukan 2 tahap, yaitu tahap 1 dan tahap 2. Tahap 1 merupakan tahap seleksi administrasi, sedangkan tahap 2 adalah seleksi khusus untuk yang lolos seleksi tahap 1.

Seleksi Tahap 1 :

Seleksi pada tahap satu yaitu seleksi administrasi, dimana calon penerima beasiswa harus memenuhi persyaratan administrasi yang telah ditentukan. Panitia akan menyeleksi berkas-berkas administrasi yang telah dikumpulkan oleh peserta. Bagi peserta yang dinyatakan lulus pada tahap 1 ini dapat mengikuti seleksi tahap 2.

Seleksi Tahap 2 :

Seleksi tahap dua hanya dapat diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus seleksi tahap satu. Seleksi tahap dua yaitu tes wawancara.

Seleksi Tahap Selanjutnya :

Setelah melalui seleksi tahap 1 dan 2, selanjutnya yaitu melihat pengumuman kelulusan, pembentukan organisasi GenBI, dan pengembangan kompetensi.

Seleksi di atas disesuaikan dengan kampus anda masing-masing karena di setiap kampus tidak semuanya sama. Jadi, harus berkoordinasi dengan baik karena disini hanya memberikan informasi secara umum.

Tahapan Seleksi Keseluruhan dirangkum Seperti berikut ini:
  • Seleksi Tahap 1 (Administrasi dan Kriteria Umum)
  • Seleksi tahap 2 (Wawancara)
  • Pengumuman
  • Pembentukan Organisasi GenBI
  • Pengembangan Kompetensi

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia (BI). Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kamu yang ingin sekali mendapatkan beasiswa BI.