Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNMPTN 2022/2023

KIP Kuliah Jalur SNMPTN 2022 -- Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNMPTN, Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Seleksi SNMPTN, Pendaftaran SNMPTN untuk Peserta KIP Kuliah, Prosedur Pendaftaran Program KIP Kuliah jalur SNMPTN, Pelamar KIP Kuliah jalur SNMPTN, Calon peserta Penerima KIP Kuliah Jalur SNMPTN, Pendaftaran Online KIP Kuliah jalur SNMPTN. 2024. 2025.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNMPTN 2022/2023. Informasi ini ditujukan khususnya untuk siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin mengikuti seleksi KIP Kuliah jalur SNMPTN. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/


Kekurangan dari segi ekonomi jangan sampai menjadi kendala untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Terlebih bagi mereka yang berprestasi di sekolah, mereka adalah generasi penerus bangsa yang akan turut mengisi dan memajukan negara ini.

Pemerintah melalui Kemendikbud turut berupaya dalam membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berprestasi akademik baik di sekolah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan memberikan bantuan biaya pendidikan yang di sebut dengan KIP Kuliah. 

Sekedar untuk diketahui sedikit bahwa KIP Kuliah ini nama sebelumnya adalah Bidikmisi.

KIP Kuliah diberikan kepada siswa-siswi yang berhak menerimanya yang disalurkan melalui berbagai jalur seleksi masuk perguruan tinggi yaitu :
  • KIP Kuliah jalur SNMPTN
  • KIP Kuliah jalur UTBK SBMPTN
  • KIP Kuliah jalur SNMPN Politeknik
  • KIP Kuliah jalur SBMPN Politeknik
  • KIP Kuliah jalur Mandiri PTN
  • KIP Kuliah jalur Mandiri PTS 
  • KIP Kuliah Kemenag untuk Kampus Keagamaan Islam

Melihat jalur penyaluran KIP Kuliah di atas ternyata cukup banyak jalur penyalurannya. Khusus untuk jalur penyaluran KIP Kuliah di PTN, maka dapat kita lihat hanya ada 3 jalur penyaluran yaitu KIP Kuliah jalur SNMPTN, KIP Kuliah jalur SBMPTN, dan KIP Kuliah jalur mandiri PTN. 

Fokus pembahasan kita kali ini adalah Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNMPTN.

KIP Kuliah jalur SNMPTN diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi di Sekolah yang terkendala secara ekonomi untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri. Sebagai solusinya maka siswa yang demikian itu dapat mengikuti seleksi KIP Kuliah jalur SNMPTN.

Sebelum melakukan pendaftaran, siswa tersebut harus bisa memenuhi persyaratan pendaftaran SNMPTN dan juga persyaratan pendaftaran KIP Kuliah

Apabila bisa memenuhi persyaratan SNMPTN dan KIP Kuliah, maka dapat mengajukan diri untuk mengikuti seleksi KIP Kuliah jalur SNMPTN dengan disertai rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Berikut ini adalah persyaratan pendaftaran SNMPTN dan persyaratan pendaftaran KIP Kuliah yang harus dipenuhi oleh calon peserta.

A. Persyaratan Pendaftaran SNMPTN

# Persyaratan SNMPTN untuk Sekolah
  1. SMA / SMK / MA / MAK Negeri ataupun Swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  2. Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar

# Persyaratan SNMPTN untuk Siswa
  1. Calon peserta SNMPTN adalah Siswa SMA / SMK / MA / MAK yang akan lulus dari satuan pendidikan yang diikutinya pada tahun ini yang :
  2. Memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;
    • belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya.
  3. Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
  4. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (untuk siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (untuk SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  5. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN

Infomasi lain terkait pendaftaran SNMPTN dapat dibaca pada artikel di bawah ini :

Selain memenuhi persyaratan SNMPTN di atas, calon peserta juga harus memenuhi persyaratan KIP Kuliah berikut ini.

B. Persyaratan Pendaftaran KIP Kuliah

Persyaratan untuk mendaftar KIP Kuliah tahun ini adalah sebagai berikut:
  1. Penerima KIP Kuliah adalah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya;
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.

(Lanjutan) Persyaratan Calon Penerima KIP Kuliah Yang Memiliki Keterbatasan Ekonomi

Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan salah satu dokumen berikut :
  1. Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
  2. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau
  3. Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
  4. Mahasiswa dari panti sosial / panti asuhan, atau
  5. Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jika Tidak Memenuhi Salah Satu dari Lima Kriteria Persyaratan Di Atas :

Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua / wali paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp. 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).


Itulah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta KIP Kuliah jalur SNMPTN. Calon peserta harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran SNMPTN dan  persyaratan pendaftaran KIP Kuliah.

C. Link Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNMPTN

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara onlne melalui laman KIP Kuliah yaitu kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau bisa juga dapat dilakukan melalui aplikasi KIP Kuliah Mobile Apps berbasis android di Play Store.

Untuk memberikan kemudahan bagi peserta KIP Kuliah yang mengikuti seleksi SNMPTN, siswa peserta KIP Kuliah tidak perlu menginput nomor KIP Kuliah di Halaman Pendaftaran SNMPTN - LTMPT.

Siswa peserta KIP Kuliah jalur seleksi SNMPTN cukup melengkapi berkas pendaftaran KIP Kuliah dan memilih seleksi SNMPTN di Menu SELEKSI SIM KIP-Kuliah.

Sinkronisasi antara SIM KIP-Kuliah dan SIM Pendaftaran SNMPTN - LTMPT akan dilakukan secara otomatis dan berkala melalui mekanisme host-to-host (berlaku bagi yang sudah finalisasi maupun yang belum).

D. Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNMPTN

E. Informasi Lebih Lanjut

Informasi lengkap terkait KIP Kuliah telah dibahas pada artikel ini : Pendaftaran KIP Kuliah


Info :
Itulah informasi tentag KIP Kuliah jalur SNMPTN. Untuk informasi lain yang anda butuhkan bisa anda baca langsung di web resmi. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi KIP Kuliah dan website resmi SNMPTN.

Bacaan Lanjutan : Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SBMPTN

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNMPTN. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda semua.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa mendapatkan KIP Kuliah melalui jalur seleksi SNMPTN. Terima kasih telah membaca artikel ini dan mari bantu bagikan informasi ini pada teman lainnya.