Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP 2024/2025

KIP Kuliah Jalur SNBP 2024 -- Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP, Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Seleksi SNBP, Pendaftaran SNBP untuk Peserta KIP Kuliah, Prosedur Pendaftaran Program KIP Kuliah jalur SNBP, Pelamar KIP Kuliah jalur SNBP, Calon peserta Penerima KIP Kuliah Jalur SNBP, Pendaftaran Online KIP Kuliah jalur SNBP. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP 2024/2025. Informasi ini ditujukan khususnya untuk siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin mengikuti seleksi KIP Kuliah jalur SNBP. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.


Kekurangan dari segi ekonomi jangan sampai menjadi kendala untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Terlebih bagi mereka yang berprestasi di sekolah, mereka adalah generasi penerus bangsa yang akan turut mengisi dan memajukan negara ini.

Pemerintah melalui Kemendikbud turut berupaya dalam membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berprestasi akademik baik di sekolah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan memberikan bantuan biaya pendidikan yang di sebut dengan KIP Kuliah. 

Sekedar untuk diketahui sedikit bahwa KIP Kuliah ini nama sebelumnya adalah Bidikmisi.

KIP Kuliah diberikan kepada siswa-siswi yang berhak menerimanya yang disalurkan melalui berbagai jalur seleksi masuk perguruan tinggi yaitu :
  • KIP Kuliah jalur SNBP
  • KIP Kuliah jalur UTBK SNBT
  • KIP Kuliah jalur Mandiri PTN
  • KIP Kuliah jalur Mandiri PTS 
  • KIP Kuliah Kemenag untuk Kampus Keagamaan Islam

Melihat jalur penyaluran KIP Kuliah di atas ternyata cukup banyak jalur penyalurannya. Khusus untuk jalur penyaluran KIP Kuliah di PTN, maka dapat kita lihat hanya ada 3 jalur penyaluran yaitu KIP Kuliah jalur SNBP, KIP Kuliah jalur SNBT, dan KIP Kuliah jalur mandiri PTN

Fokus pembahasan kita kali ini adalah Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP.

KIP Kuliah jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi di Sekolah yang terkendala secara ekonomi untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri. Sebagai solusinya maka siswa yang demikian itu dapat mengikuti seleksi KIP Kuliah jalur SNBP.

Sebelum melakukan pendaftaran, siswa tersebut harus bisa memenuhi persyaratan pendaftaran SNBP dan juga persyaratan pendaftaran KIP Kuliah

Apabila bisa memenuhi persyaratan SNBP dan KIP Kuliah, maka dapat mengajukan diri untuk mengikuti seleksi KIP Kuliah jalur SNBP dengan disertai rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Berikut ini adalah persyaratan pendaftaran SNBP dan persyaratan pendaftaran KIP Kuliah yang harus dipenuhi oleh calon peserta.

A. Persyaratan Pendaftaran SNBP

Persyaratan pendaftaran SNBP ini terbagi menjadi persyaratan pendaftaran SNBP untuk sekolah dan untuk siswa. Berikut informasi selengkapnya.

1. Persyaratan Pendaftaran SNBP untuk Sekolah

Persyaratan untuk Sekolah yang akan mengikuti SNBP adalah:
  1. SMA / MA / SMK yang mempunyai NPSN.
  2. Ketentuan Akreditasi:
    • Akreditasi A: 40 % terbaik di sekolahnya
    • Akreditasi B: 25 % terbaik di sekolahnya
    • Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya
  3. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang diisikan hanya yang eligible sesuai dengan ketentuan.

2. Persyaratan Pendaftaran SNBP untuk Siswa

Siswa SMA / MA / SMK kelas terakhir (kelas 12) yang memiliki prestasi unggul:
  1. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
  2. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
  3. Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS
  4. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio.

Infomasi lain terkait pendaftaran SNBP dapat dibaca pada artikel di bawah ini :

Selain memenuhi persyaratan SNBP di atas, calon peserta juga harus memenuhi persyaratan KIP Kuliah berikut ini.

B. Persyaratan Pendaftaran KIP Kuliah

Persyaratan untuk mendaftar KIP Kuliah tahun ini adalah sebagai berikut:
  1. Penerima KIP Kuliah adalah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya;
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.

(Lanjutan) Persyaratan Calon Penerima KIP Kuliah Yang Memiliki Keterbatasan Ekonomi

Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan salah satu dokumen berikut :
  1. Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
  2. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau
  3. Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
  4. Mahasiswa dari panti sosial / panti asuhan, atau
  5. Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jika Tidak Memenuhi Salah Satu dari Lima Kriteria Persyaratan Di Atas :

Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua / wali paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp. 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).


Itulah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta KIP Kuliah jalur SNBP. Calon peserta harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran SNBP dan  persyaratan pendaftaran KIP Kuliah.

C. Link Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara onlne melalui laman KIP Kuliah yaitu kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau bisa juga dapat dilakukan melalui aplikasi KIP Kuliah Mobile Apps berbasis android di Play Store.

D. Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP

E. Informasi Lebih Lanjut

Informasi lengkap terkait KIP Kuliah telah dibahas pada artikel ini : Pendaftaran KIP Kuliah


Info :
Itulah informasi tentag KIP Kuliah jalur SNBP. Untuk informasi lain yang dibutuhkan bisa dibaca langsung di web resmi. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi KIP Kuliah dan website resmi SNBP.

Bacaan Lanjutan : Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBT

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua.

Admin turut mendoakan semoga kalian bisa mendapatkan KIP Kuliah melalui jalur seleksi SNBP. Terima kasih telah membaca artikel ini dan mari bantu bagikan informasi ini pada teman lainnya.