Pendaftaran Online Poltekkes Semarang 2024/2025

sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id 2024 -- Pendaftaran Poltekkes SMG, Sipenmaru Poltekkes Semarang, Pendaftaran Poltekkes Semarang, Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Semarang, Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekkes Semarang, Info Pendaftaran Online Poltekkes Semarang, Cara Pendaftaran Online Poltekkes Semarang. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi untuk anda mengenai Pendaftaran Online Poltekkes Semarang 2024/2025. Informasi ini diberikan dengan harapan bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran online. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

https://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Kesehatan Semarang atau yang dikenal dengan Poltekkes Semarang adalah institusi pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan untuk tenaga profesional di bidang kesehatan seperti keperawatan, kebidanan, ilmu gizi, kesehatan lingkungan, dan lain sebagainya.

Poltekkes Semarang merupakan salah satu Politeknik Kesehatan Negeri yang ada di Indonesia yang merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Falsafah, Motto, Janji Layanan yang dimiliki oleh Poltekkes Semarang adalah sebagai berikut :
  • Falsafah : Tenaga Kesehatan yang bermutu dihasilkan oleh institusi pendidikan yang bermutu.
  • Motto : Student’s Success
  • Janji Layanan : Cepat, Tepat dan Ramah.

Lokasi utama Poltekkes Semarang terletak di jalan Tirto Agung Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Indonesia. Sedangkan lokasi lainnya tersebar di berbagai tempat seperti di Jl. Adipati Mercy Purwokerto, Jl. Perintis Kemerdekaan Pekalongan 51116, Jl. Ahmad Yani Po Box 2 Blora, Jl. Baturaden Km 12 Purwokerto, Jl. Wolter Monginsidi 115 Semarang, dan Jl. Perintis Kemerdekaan, Magelang. Lokasi tersebut menunjukkan lokasi kampus program studi di Poltekkes Semarang.

Pada saat ini, Poltekkes Semarang telah memiliki delapan Jurusan dan beberapa Program Studi yang telah memiliki akreditas BAN-PT. Selengkapnya mengenai jurusan dan program studi adalah sebagai berikut
  1. Jurusan Keperawatan terdiri dari : Prodi D3 Keperawatan Semarang, Prodi D3 Keperawatan Purwokerto, Prodi D3 Keperawatan Pekalongan, Prodi D3 Keperawatan Blora, Prodi D3 Keperawatan Magelang, Prodi D4 Keperawatan Semarang, dan Prodi D4 Keperawatan Magelang.
  2. Jurusan Kebidanan terdiri dari : Prodi D3 Kebidanan Semarang, Prodi D3 Kebidanan Magelang, Prodi D3 Kebidanan Purwokerto, Prodi D3 Kebidanan Blora, Prodi D4 Kebidanan Semarang, dan Prodi D4 Kebidanan Magelang.
  3. Jurusan Gizi terdiri dari : Prodi D3 Gizi Semarang, dan Prodi D4 Gizi Semarang
  4. Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi terdiri dari : Prodi D3 Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Semarang, Prodi D3 Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Purwokerto, Prodi D4 Teknik Radiologi Semarang.
  5. Jurusan Keperawatan Gigi terdiri dari : Prodi D3 Keperawatan Gigi Semarang, dan Prodi D4 Keperawatan Gigi Semarang.
  6. Jurusan Kesehatan Lingkungan terdiri dari : Prodi D3 Kesehatan Lingkungan Purwokerto, dan Prodi D4 Kesehatan Lingkungan Purwokerto.
  7. Jurusan Analis Kesehatan terdiri dari : Prodi D3 Analis Kesehatan Semarang
  8. Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan terdiri dari : Prodi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Dari beberapa program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda agar bisa  menjadi mahasiswa di Poltekkes Semarang, tentnya harus melewati tahap seleksi yang diadakan oleh panitia dari Poltekkes Semarang.

Pada tahun ini, Poltekkes Semarang membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui berbagai jalur, diantaranya adalah jalur PMDP (Penelusuran Minat Dan Prestasi), Jalur Umum dan Jalur Mandiri. Selanjutnya anda bisa melakukan pendaftaran online dengan cara sebagai berikut :

Cara Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Poltekkes Semarang
  • Buka website resmi pendaftaran online Poltekkes Semarang, yaitu : sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id
  • Isi formulir pendaftaran online dengan lengkap dan benar
  • Setelah mengisi, maka akan mendapatkan nomor booking dan nomor pembayaran
  • Membayar biayan pembayaran pendaftaran di Bank BNI dengan menunjukkan nomor booking dan nomor pembayaran.
  • Setelah membayar di Bank, maka mendapatkan nomor PIN
  • Gunakan PIN tersebut untuk melakukan Aktivasi pendaftaran
  • Setelah melakukan aktivasi, selanjutnya akan mendapatkan nomor pendaftaran.
  • Gunakan nomor pendaftaran login calon mahasiswa baru
  • Setelah login, cetaklah berkas pendaftaran anda
  • Selanjutnya mengirimkan berkas pendaftaran melalui pos.
  • Alamat yang dituju yaitu alamat sesuai yang tercantum di Kartu Pendaftaran (Untuk Jalur Umum dan Mandiri), sedangkan untuk Jalur PMDP berkas pendaftaran dikirm ke Direktorat Poltekkes Semarang (Kampus I).

Itulah cara melakukan pendaftaran online masuk ke Poltekkes Semarang. Selanjutnya anda bisa memilih jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang telah dibuka oleh  Poltekkes Semarang. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran Poltekkes Semarang Jalur PMDP

PMDP atau Penelusuran Minat dan Prestasi adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang berdasarkan pada prestasi akademik dan minat yang tinggi untuk mengikuti pendidikan kesehatan di Politeknik Kesehatan Semarang.

Dengan kata lain bahwa seleksi jalur PMDP tidak dilakukan melalui ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi akademik dan minat siswa. Siswa yang memiliki prestasi dan minat yang tinggi yang akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur PMDP.

Sedangkan siswa yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur PMDP, maka bisa mengikuti seleksi jalur umum atau jalur mandiri.

Biasanya pihak kampus akan memberikan undangan ke sekolah-sekolah agar pihak sekolah mendaftarkan siswanya yang berprestasi dan memiliki minat yang tinggi. Info selengkapnya lihat di sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id

Bacaan Terkait : Pendaftaran Sipenmaru Poltekkes Jalur PMDP dan Umum

2. Pendaftaran Poltekkes Semarang Jalur SIMAMA

Jalur SIMAMA merupakan jalur seleksi bersama masuk ke Poltekkes. Informasi lebih lanjut dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran SIMAMA Poltekkes Kemenkes.

3. Pendaftaran Jalur Umum Poltekkes Semarang

Jalur umum merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi lulusan bagi lulusan SMA, MA dan SMK jurusan tertentu yang memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Seleksi jalur umum didasarkan pada hasil Ujian Tertulis dan Ujian Kesehatan yang dilaksanakan serentak di seluruh Politeknik Kesehatan di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat di sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id

Persyaratan Pendaftaran Jalur Umum Poltekkes Semarang
  1. Lulusan SMA / MA dan Ujian Persamaan IPA dan IPS
  2. Lulusan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dapat memilih Program Studi yang sesuai
  3. Umur maksimal 27 tahun
  4. Berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuna fisik yang dapat mengganggu proses pembelajaran dan dalam menjalankan tugas keprofesiannya kelak.
  5. Tinggi badan untuk pilihan jurusan / program studi Keperawatan, Kebidanan, Teknik  Radiodiagnostik  dan  Radioterapi,  Analis  Kesehatan,  Rekam Medis dan Informasi Kesehatan minimal : Laki-laki  = 155 cm, dan Wanita  = 150 cm 
  6. Khusus peserta seleksi dengan pilihan Jurusan Kebidanan adalah perempuan. 
  7. Membayar biaya pendaftaran

4. Pendaftaran Poltekkes Semarang Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru bagi lulusan SMA, MA dan SMK jurusan tertentu yang memenuhi persyaratan yang ditentukan. Seleksi jalur mandiri sama seperti pada jalur umum yaitu didasarkan pada hasil ujian tertulis.

Bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus jalur PMDP atau jalur umum, silahkan mendaftar kembali mengikuti seleksi jalur mandiri. Persiapkan diri anda sebaik mungkin agar bisa diterima melalui jalur mandiri ini. Pendaftaran dilakukan melalui sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id

5. Pendaftaran Program Pascasarjana Poltekkes Semarang

Salah satu kelebihan Poltekkes Semarang yaitu telah membuka program Pascasajana. Pada tahun ini, Poltekkes Semarang kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk program Pascasarjana. Pendaftaran dilakukan secara online melalui sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id

Dari beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Poltekkes Semarang tersebut, silahkan anda pilih jalur yang diprediksikan memiliki peluang paling besar untuk memberikan kelulusan. Pilihlah dengan tepat.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Poltekkes Semarang.

Baca Juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Online Poltekkes Semarang. Semoga informasi tersebut bisa menambah wawasan bagi anda terutama yang akan melakukan proses pendaftaran online masuk ke Poltekkes Semarang.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga sukses. Ayo bantu bagikan atau share infomasi ini pada teman-teman lainnya, dan sukai juga halaman web kami.