Pendaftaran Poltekkes Bandung 2024/2025

sipenmaru.poltekkesbandung.ac.id 2024 -- Sipenmaru Poltekkes Bandung, PMB Poltekkes Bandung, Pendaftaran Poltekkes Bandung, Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Bandung, Pendaftaran Jalur PMDP dan Uji Tulis, Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekkes Bandung, Info Pendaftaran Online Poltekkes Bandung, Cara Pendaftaran Online Poltekkes Bandung. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Poltekkes Bandung 2024/2025. Informasi ini disampaikan terutama untuk anda yang ingin kuliah di Poltekkes Bandung. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Poltekkes Bandung atau yang memiliki nama panjang yaitu Politeknik Kesehatan Bandung adalah salah satu Politeknik Negeri di bawah Kemenerian Kesehatan RI yang menyelenggarakan pendidikan di bidang Kesehatan.

Program studi yang ada di Poltekkes Bandung yaitu sebagai berikut :
  • Program studi Diploma IV terdiri dari Program studi : Kesehatan Lingkungan, Analis Kesehatan, Gizi
  • Program studi Diploma III terdiri dari Program studi : Analis Kesehatan, Gizi, Kesehatan Lingkungan, Kebidanan, Keperawatan, Keperawatan Gigi, dan Farmasi.

Poltekkes Bandung beralamatkan di Jl. Pajajaran No.56, Pasir Kaliki, Cicendo, Bandung, Jawa Barat 40171, Indonesia. Alamat website Poltekkes Bandung : www.poltekkesbandung.ac.id

Selanjutnya admin akan menginformasikan mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Poltekkes Bandung pada tahun ini. Ayo simak dengan baik informasinya.

1. Pendaftaran Poltekkes Bandung Jalur PMDP

Jalur PMDP dikenal sebagai jalur seleksi masuk ke Poltekkes tanpa tes. Jalur PMDP ini seleksinya didasarkan pada prestasi-prestasi siswa yang dilihat dari nilai raport.

Jadi, jalur PMDP ini hanya bisa diikuti oleh siswa-siswi berprestasi yang akan lulus dari Sekolah pada tahun ini dan berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke Poltekkes Bandung.

Jika berminat silahkan daftarkan diri anda dengan mengikuti tata cara pendaftaran seperti berikut ini:

Tata Cara Pendaftaran Jalur PMDP
  1. Buka alamat Poltekkes Bandung di : sipenmaru.poltekkesbandung.ac.id
  2. Klik menu “DAFTAR SIPENMARU”
  3. Klik link petunjuk pengumuman dan registrasi yang ada.
  4. Baca petunjuk registrasi dan pengumuman dengan cermat, bila perlu dicetak terlebih dahulu.
  5. Untuk melanjutkan, klik tombol “Ya, Saya telah menyetujui dan mempersiapkan persyaratan di atas”
  6. Isikan nama lengkap dengan huruf besar. Contoh : Abdul Razak
  7. Isikan nomor HP. Format : 087898543212
  8. Isikan alamat email Anda dengan benar (gunakan huruf kecil).
  9. Pilih Jalur Pendaftaran yaitu Jalur PMDP
  10. Pilih Kategori PIN. ada 2 pilihan yaitu D III 1(satu) pilihan atau D IV 1(satu) pilihan.
  11. Jawab pertanyaan captcha yang tertera, lalu Klik “SIMPAN”
  12. Sistem secara otomatis langsung mengirim email balasan ke alamat email yang telah Anda isikan sebelumnya. Tunggu beberapa saat.
  13. Cek INBOX email Anda, bila tidak ada email balasan, periksa pada bagian SPAM email Anda.
  14. Berikut ini beberapa informasi PENTING yang harus Anda perhatikan yang terdapat pada email balasan:
    • Nomor Invoice (12 digit angka)
    • Username (11 digit angka)
    • Password (kombinasi angka dan karakter)
  15. Anda bisa mulai melakukan pembayaran terhitung setelah 3 Jam melakukan pendaftaran secara online pada HARI KERJA setelah Anda menerima email balasan pendaftaran. Kecuali jika melakukan pendaftara pada hari sabtu dan minggu bisa melakukan pembayaran pada hari senin. Pembayarn dilakukan melalui Teller BNI atau ATM BNI.
  16. Setelah Anda selesai melakukan trasaksi pembayaran, tunggu 3 (Jam). Kami akan melakukan proses administrasi untuk memvalidasi pendaftaran Anda. Dengan asumsi pada hari kerja
  17. Akses kembali website Poltekkes Kemenkes Bandung di sipenmaru.poltekkesbandung.ac.id, akses menu “DAFTAR SIPENMARU”. Gunakan username dan password yang telah Anda dapatkan sebelumnya.

Itulah tata cara pendaftaran jalur PMDP yang dapat anda ikuti. Untuk informasi lain yang anda butuhkan silahkan baca langsung di website resmi Poltekkes Bandung.

Bacaan Terkait : Pendaftaran Sipenmaru Poltekkes Jalur PMDP dan Umum

2. Pendaftaran Poltekkes Bandung Jalur SIMAMA

Jalur SIMAMA merupakan jalur seleksi bersama masuk ke Poltekkes. Informasi lebih lanjut dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran SIMAMA Poltekkes Kemenkes.

3. Pendaftaran Poltekkes Bandung Jalur Uji Tulis

Jalur Uji Tulis merupakan jalur kedua setelah jalur PMDP yang dibuka oleh Poltekkes Bandung. Seleksi jalur Uji Tulis dilakukan melalui ujian tertulis dan uji kesehatan bagi yang telah lulus ujian tertulis.

Jadi, persiapkanlah diri anda sebaik mungkin untuk menghadapi seleksi jalur uji tulis. Dengan persiapan yang maksimal, semoga anda bisa lulus seleksi jalur uji tulis.

Jalur Ujian Tulis Poltekkes Bandung terbagi menjadi 3 jalur, yaitu jalur umum, jalur khusus, dan jalur keluarga miskin (Gakin).
  • Jalur Umum diperuntukkan bagi calon peserta dari masyarakat umum / lulusan SMA sederajat
  • Jalur Khusus diperuntukkan bagi calon peserta yang telah bekerja (kelas karyawan)
  • Jalur Gakin diperuntukkan bagi calon peserta dari keluarga miskin (Gakin)

Bagi anda yang berminat untuk mengikuti jalur Uji Tulis ini, maka silahkan daftarkan diri anda dengan mengikuti tata cara pendaftaran seperti berikut ini.

Tata Cara Pendaftaran Jalur Ujian Tulis
  1. Siapkan alamat email yang aktif anda
  2. Buka alamat : sipenmaru.poltekkesbandung.ac.id
  3. Buka menu DAFTAR SIPENMARU dan Baca informasi yang ada secara teliti. Klik link menu "Ya, Saya telah menyetujui dan mempersiapkan persyaratan di atas”
  4. Lalu Isi Nama Lengkap, Nomor HP, pilihan Pembelian PIN
    • PIN A = D.III, 1 (satu) pilihan jurusan/prodi. 
    • PIN B = D.IV, 1 (satu) pilihan jurusan/prodi. 
    • PIN C = D.III, 2 (dua) Pilihan Jurusan.
  5. Contoh :
    • Nama Lengkap : Siti Aisyah
    • Alamat Email : aisyah@yahoo.com
    • Program Studi : D.III / D.IV
  6. Isi Kode Pertanyaan Captcha pada form. Misal : 3 + 3 = ?. Jawabannya 6, lalu Klik Simpan
  7. Buka Email anda untuk mendapatkan Nomor Invoice, Username dan Password (di INBOX atau SPAM)
  8. Lakukan pembayaran ke Teller BNI terdekat dengan memperlihatkan nomor invoice yang di dapat dari email. (Apabila melakukan pembayaran lewat ATM BNI lihat prosedur pembayaran di menu STUDENT CENTER)
  9. Setelah Melakukan Pembayaran Username dan Password akan aktif 1 (satu) hari terhitung tanggal pembayaran (hari kerja) senin s/d Jum’at.
  10. Akses kembali alamat : sipenmaru.poltekkesbandung.ac.id , lihat Username dan password dari Email yang di dapat. Buka Menu DAFTAR SIPENMARU. Masukan Username dan Password. Klik Login. Lakukan pendaftaran dengan mengikuti proses STEP berikut ini :
    • Step 1 : Isi Form data biodata diri, data pendidikan, dan lokasi ujian
    • Step 2 : Upload file. Untuk Peserta Umum, Mohon Upload Melampirkan Surat Keterangan Kelulusan / Mengikuti Ujian. Untuk Peserta Khusus, Mohon Upload Melampirkan Keterangan Bekerja (SK) Pengangkatan Bekerja. Untuk peserta GAKIN, mohon melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan / kecamatan. Scan maksimum 600 Kb. Bentuk file *.JPG
    • Step 3 : Klik simpan
    • Step 4 : Cetak kartu peserta ujian tulis

Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Poltekkes Bandung. Silahkan anda ikuti jalur mana saja yang anda minati dan tentunya harus disesuaikan dengan ketentuan dari jalur yang anda ikuti tersebut.


Itulah informasi mengenai Pendaftaran Poltekkes Bandung yang dapat admin bagikan kepada anda. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki. 

Admin selaku pengurus web ini turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk ke Poltekkes Bandung melalui jalur yang anda ikuti. Terima kasih admin ucapkan untuk anda yang telah setia membaca artikel di web ini.

Mari bantu bagikan juga artikel ini kepada teman-teman lain yang membutuhkan. Terima kasih.