Pendaftaran Online PNK 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.pnk.ac.id 2024 -- Pendaftaran PNK Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran Online PNK, PMB Politeknik Negeri Kupang, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PNK, Pendaftaran Online Mahasiswa Baru PNK, Pendaftaran Politeknik Negeri Kupang, Jalur SNBP, SNBT, Bidikmisi, KIP Kuliah, Mandiri, Program Kerjasama,. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online PNK 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini disampaikan untuk kalian yang berminat untuk kuliah di Politeknik Negeri Kupang. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Negeri Kupang atau yang disingkat dengan PNK adalah salah satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan vokasi.

Sejak Pendiriannya hingga tahun 2004, Politeknik Negeri Kupang berada dibawah pembinaan Universitas Nusa Cendana Kupang. Namun sejak dikeluarkannya SK Dirjen DIKTI No. 148/O/2004, tanggal 22 November 2004, PNK secara resmi berdiri sendiri dan bertanggung jawab langsung kepada Dirjen DIKTI Departemen Pendidikan Nasional.

Program pendidikan Diploma III PNK adalah sebagai berikut:
  • Jurusan Teknik Sipil terdiri dari Program Studi Teknik Sipil dengan konsentrasi: Teknik Bangunan Gedung, dan Teknik Bangunan Air
  • Jurusan Teknik MesinProgram Studi Teknik Mesin dengan konsentrasi: Teknik Mesin Produksi, dan Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin.
  • Jurusan Teknik Elektro terdiri dari : Program Studi Teknik Listrik dengan konsentrasi: Teknik Listrik, Teknik Elektronika, dan Teknik Komputer & Jaringan
  • Jurusan Administrasi Bisnis terdiri dari Program Studi Administrasi Bisnis dengan konsentrasi: Perkantoran, Pemasaran, Keuangan Perbankan
  • Jurusan Akuntansi terdiri dari Program Studi Akuntansi

Program pendidikan Diploma IV PNK adalah sebagai berikut:
  • Jurusan Teknik Sipil terdiri dari Program Studi Teknik Perancangan Irigasi dan Penanganan Pantai, Program Studi Teknik Perancangan dan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan
  • Jurusan Administrasi Bisnis terdiri dari Program Studi Manajemen Perusahaan dengan konsentrasi: Manajemen Perusahaan, Manajemen SDM, Manajemen Keuangan
  • Jurusan Akuntansi terdiri dari Program Studi Akuntansi Sektor Publik
  • Jurusan Pariwisata terdiri dari Program Studi Perhotelan dengan konsentrasi: Business Hospitality, Administrasi Perhotelan. Program Studi Usaha Perjalanan Wisata dengan konsentrasi: Manajemen Bisnis Perjalanan, dan Destinasi Pariwisata

Itulah daftar jurusan dan program studi yang ada di Politeknik Negeri Kupang (PNK). Setelah mengetahui jurusan dan program studi tersebut, mungkin kalian berminat untuk mendaftarkan diri di Politeknik Negeri Kupang sebagai calon mahasiswa baru.

Berikut ini admin sampaikan jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Politeknik Negeri Kupang. Silahkan disimak dengan baik.

1. Pendaftaran Online PNK Jalur SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah jalur seleksi undangan untuk siswa-siswi berprestasi yang ingin kuliah di Politeknik Negeri se-Indonesia. Salah satunya yaitu Politeknik Negeri Kupang (PNK).

Jalur ini hanya bisa diikuti oleh lulusan SMA / SMK / sederajat tahun ini yang berprestasi.

Proses pendaftaran SNBP diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasinya dengan mengisi data di PDSS SNBP. Setelah itu siswa melanjutkan pendaftaran sampai selesai.

Untuk informasi lebih rinci seperti tata cara pendaftaran, laman pendaftaran, persyaratan, jadwal, mekanisme seleksi, daftar Politeknik, dan lain-lain dapat dibaca secara lengkap pada artikel Informasi Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran Online SNBP.

2. Pendaftaran Online PNK Jalur SNBT

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) adalah jalur seleksi ujian tertulis masuk ke Politeknik Negeri se-Indonesia, Salah satunya masuk ke Politeknik Negeri Kupang (PNK).

Jalur SNBT dapat menjadi alternatif bagi yang tidak mendapat kesempatan mengikuti jalur SNBP atau yang telah mengikuti SNBP tetapi dinyatakan tidak lulus, maka bisa mendaftar SNBT.

Bagi yang ingin lulus dari jalur SNBT maka harus memiliki hasil tes UTBK yang tinggi karena kelulusan jalur SNBT ini didasarkan pada hasil tes UTBK.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / SMK / sederajat bisa mendaftar di jalur SNBT ini.

Pendaftarannya secara online di laman resmi SNBT untuk melengkapi data pendaftaran secara lengkap dan benar.

Keterangan lain seperti persyaratan, cara mendaftar, jadwal, biaya, laman pendaftaran, daftar perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran UTBK SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran Online PNK Jalur Mandiri

Selain jalur SNBP dan SNBT, Politeknik Negeri Kupang (PNK) juga membuka jalur seleksi mandiri untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Jalur mandiri ini seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis seperti pada jalur SNBT. Jadi bagi yang ingin lulus jalur mandiri, maka harus memiliki hasil tes tertulis yang tinggi.

Untuk informasi pendaftaran jalur mandiri silahkan dibaca secara langsung melalui alamat website resmi Politeknik Negeri Kupang (PNK) yaitu pmb.pnk.ac.id
4. Pendaftaran Online KIP Kuliah PNK

Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Politeknik Negeri Kupang (PNK) dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan KIP Kuliah.

KIP Kuliah yang dapat diikuti yaitu KIP Kuliah SNBP, KIP Kuliah SNBT, dan jika dibuka ada KIP Kuliah jalur mandiri.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui alamat kip-kuliah.kedikbud.go.id. Untuk informasi lebih lanjut seperti persyaratan, jadwal, cara mendaftar, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah

5. Pendaftaran Online PNK jenjang Magister

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang magister di PNK, silahkan daftarkan diri dengan terlebih dahulu membaca inforamasinya di laman https://pmb.pnk.ac.id/


Itulah jalur-jalur masuk ke PNK. Silahkan ikuti salah satunya atau jika tidak lolos dari satu jalur maka bisa mengikuti jalur lainnya yang masih dibuka.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi

Baca juga :

Demikianlah infomasi tentang Pendaftaran Online Politeknik Negeri Kupang (PNK). Mudah-mudahan informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian.

Admin turut mendoakan semoga bisa lulus seleksi masuk ke Politeknik Negeri Kupang (PNK) dan nantinya bisa belajar dan menjadi mahasiswa disana.

Mari bantu bagikan informasi ini pada teman atau saudara yang lainnya. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih dan salam sukses.