Pendaftaran Politeknik ATI Makassar 2024/2025

Pendaftaran Politeknik ATI Makassar 2024 -- Pendaftaran Poltek ATIM, PMB Poltek ATIM, Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Poltek ATIM, Pendaftaran Maba Politeknik ATI Makassar, Cara Pendaftaran Politeknik ATI Makassar, Pendaftaran Mahasiswa Baru ATI Makassar. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Politeknik ATI Makassar 2024/2025. Infomasi ini ditujukan terutama bagi siswa lulusan SMA / sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke Politeknik ATI Makassar. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.


Keinginan untuk mengembangkan dunia Industri Indonesia harus diiringi dengan kemajuan pendidikan di bidang Industri. Salah satu hal yang telah dilakukan oleh Pemerintah yaitu menyelenggarakan pendidikan di bidang Industri. Salah satu Pendidikan Tinggi bidang Industri yang telah diselenggarakan oleh Pemerintah adalah Politeknik ATI Makassar.

Politeknik ATI Makassar atau Politeknik Akademi Teknologi Industri atau disingkat Poltek ATIM adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan yang ada di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan di bidang Teknologi Industri.

Sejarah singkat berdirinya Politeknik ATI Makassar yaitu : pada mulanya perguruan tinggi ini bernama Akademi Industri Makassar yang berubah nama menjadi Akademi Teknik Industri Makassar didirikan sejak tahun 1967 dengan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Dasar Ringan dan Tenaga No. 273/SK/M/1967.

Selanjutnya pada tahun 2015, nama Akademi Teknik Industri Makassar  berubah kembali menjadi Politeknik ATI Makassar yang didasarkan pada SK Menteri Perindustrian NO. 07/M-IND/PER/1/2015.

Pada saat ini, Politeknik ATI Makassar telah menyelenggarakan program studi :
  • Otomasi Sistem Permesinan
  • Teknik Industri Agro
  • Teknik Kimia Mineral
  • Teknik Manufaktur Industri Agro

Dari sejumlah program studi yang ada di Politeknik ATI Makassar, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru Politeknik ATI Makassar.

Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri menjadi mahasiswa baru Politeknik ATI Makassar, maka ada 2 jalur yang bisa anda pilih. Berikut informasi selengkapnya.

1. Pendaftaran Politeknik ATI Makassar Jalur Undangan

Jalur undangan ini diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi di sekolah yang memiliki nilai rata-rata rapor semester I sampai semester VII adalah 7 dan khusus Matematika adalah 8.

Bagi anda yang berprestasi di sekolah, ayo daftarkan diri anda dengan mengikuti prosedur dan memenuhi persyaratan pendaftaran.

Persyaratan Jalur Undangan:
  1. Lulus SMA/SMK Sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini
  2. Membayar Uang Pendaftaran
  3. Melampirkan Surat Rekomendasi Sekolah
  4. Rata-rata nilai semester I-VII adalah 7, dengan nilai matematika rata-rata 8

Prosedur Pendaftaran Jalur Undangan:
  1. Mendaftar di kampus ATI Makassar (boleh diwakili) di Jl Sunu No. 220 Makassar
  2. Mengisi Formulir Biodata
  3. Mengembalikan Formulir
  4. Surat rekomendasi sekolah wajib dibawa
  5. Panitia mencetak kartu peserta

Waktu Pendaftaran
  • Waktu pendaftaran setiap jam kerja, Senin-Jumat, pukul 09.00-15.00 WITA.

2. Pendaftaran Politeknik ATI Makassar Jalur Tes / Jalur Umum

Jalur umum atau Jalur tes merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui tes tertulis. Jalur ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi melalui jalur undangan atau yang telah mengikuti melalui jalur undangan tapi telah dinyatakan tidak lulus.

Persyaratan Calon Mahasiswa Baru adalah sebagai berikut :
  1. Lulusan SMU / SMK Sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini
  2. Membayar Uang Pendaftaran
  3. Pas Foto Berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.
  4. Fotocopy STTB / Ijazah / SKHU yang telah dilegalisir 1 lembar.

Prosedur Pendaftaran Jalur Undangan:
  1. Mendaftar di kampus ATI Makassar (boleh diwakili) di Jl Sunu No. 220 Makassar
  2. Mengisi Formulir Biodata
  3. Mengembalikan Formulir
  4. Panitia mencetak kartu ujian
  5. Mengisi formulir biodata, pilihan jurusan. Pastikan form terisi dengan benar

Informasi dan Tempat Pendaftaran Semua Jalur : 
Kampus Politeknik Ati Makassar, Jl. Sunu 220 Makassar 90211
Telp : (0411) 449609 ; Fax : (0411) 449867
Website : www.atim.ac.id
e-mail : pmb@atim.ac.id
Facebook : www.facebook.com/atimakassar220

Itulah jalur-jalur pendaftaran mahasiswa baru Politeknik ATI Makassar. Untuk informasi lain yang anda butuhkan silahkan baca langsung di web resmi. Apabila ada perubahan maka yang berlaku adalah yang ada di web resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Politeknik ATI Makassar. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda semua. Admin turut mendoakan semoga ana bisa diterima sebagai mahasiswa baru Politeknik ATI Makassar. Terima kasih dan mari bantu bagikan artikel ini pada teman lainnya yang membutuhkan.