Pendaftaran Politeknik AKA Bogor 2024/2025

Pendaftaran Politeknik AKA Bogor 2024 -- Pendaftaran Maba Politeknik AKA Bogor, PMB Politeknik AKA Bogor, Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik AKA Bogor, Seleksi Peneriman Mahasiswa Baru Politeknik AKA Bogor, Pendaftaran D3 Politeknik AKA Bogor. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Politeknik AKA Bogor 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi anda yang berkeinginan untuk kuliah di Politeknik AKA Bogor. Infomasi selengkapnya dapat anda simak berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik AKA Bogor adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan di Bidang Kimia Analisis.

Sejarah singkat tentang pendirian Politeknik AKA Bogor yaitu :
  • 8 Oktober 1959 – Politeknik AKA Bogor didirikan dengan nama Akademi Analis berdasarkan SK Menteri Muda Perindustrian Rakjat No. 1060/S.D.
  • 29 September 1964 – Akademi Analis diubah menjadi Akademi Kimia Analisis (AKA) berdasarkan SK Menteri Perindustrian Rakjat No. 597/PMR/64
  • 1981 – AKA dinyatakan sebagai lembaga pendidikan profesional program Diploma 3 berdasarkan SKB Menteri Perindustrian No. 278/M/SK/6/81 dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0186/O/1981
  • 2008 – AKA menjadi satuan kerja yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK BLU)
  • 2013 – AKA Bogor membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1)
  • 5 Januari 2015 – Akademi Kimia Analisis diubah menjadi Politeknik AKA Bogor berdasarkan SK Menteri Perindustrian RI No. 04/M-IND/PER/1/2015 dengan tiga program studi, yaitu D3 Analisis Kimia, D3 Penjaminan Mutu Industri Pangan, dan D3 Pengolahan Limbah Industri

Program studi yang ada di Politeknik AKA Bogor yaitu :
  • D3 Analisis Kimia
  • D3 Penjaminan Mutu Industri Pangan
  • D3 Pengolahan Limbah Industri

Bagi anda yang berminat untuk menjadi mahasiswa Politeknik AKA Bogor, maka silahkan daftarkan diri anda dengan mengikuti jalur seleksi yang dibuka. Berikut adalah macam-macam jalur seleksi yang dibuka oleh Politeknik AKA Bogor.

Jalur-jalur Seleksi Politeknik AKA Bogor

1. Jalur Undangan / PMDK

Jalur Undangan / PMDK adalah jalur seleksi calon mahasiswa baru yang diperuntukkan khusus Bagi SMU/SMK di bawah Kementerian Perindustrian dan khusus untuk Sekolah-sekolah dimanapun yang Siswa Almuni nya berprestasi di kampus Politeknik AKA Bogor, dan untuk informasinya bisa di cek melalui sekolah nya masing-masing .

2. Jalur Seleksi Rapor

Jalur seleksi raport adalah jalur seleksi calon mahasiswa baru yang diperuntukkan khusus bagi siswa SMU/SMK/MA Jurusan IPA, yang saat ini aktif di semester akhir yang memenuhi ketentuan.

3. Jalur Ujian Masuk Gelombang I

Jalur ujian masuk gelombang I adalah jalur seleksi calon mahasiswa baru melalui test tertulis yang di selenggarakan di kampus Politeknik AKA Bogor, Untuk Pendaftar yang tidak lolos seleksi Rapor, maka otomatis dapat mengikuti jalur ini tanpa membayar biaya pendaftaran, dengan syarat melakukan konfirmasi melalui website resmi www.aka.ac.id

4. Jalur Ujian Masuk Gelombang II

Jalur ujian masuk gelombang II adalah jalur seleksi tes tertulis seperti gelombang I. Jalur ini dibuka setelah gelombang I berakhir. Bagi anda yang tidak lulus gelombang I, maka bisa mengikuti tes tertulis gelombang II namun harus membayar lagi biaya pendaftaran.

Persyaratan dan Mekanisme Pendaftaran Jalur Seleksi Undangan dan Jalur Seleksi Raport
  1. Pendaftar dapat berasal dari SMA / MA jurusan IPA atau SMK yang memberikan mata pelajaran KIMIA dalam struktur kurikulumnya.
  2. Membayar uang pendaftaran melalui rekening operasional Akademi Kimia Analisis dengan nomor rekening 0325128740 Bank BNI Cabang Bogor a.n. “RPL 023 AKA Bogor utk BLU”. Jika transfer melalui ATM nama penerimanya ” Rekening Operasional.
  3. Untuk memudahkan proses transaksi, diharapkan pembayaran dilakukan melalui BANK, atau mesin ATM saja, agar proses transaksi bisa mudah dilacak oleh bagian keuangan.
  4. Wajib melampirkan Bukti Asli pembayaran uang pendaftaran melalui Bank. Bisa Melalui ATM dengan mengirimkan Reciept Bukti Pembayaran.
  5. Mengisi Formulir Pendaftaran ( download di web resmi ) untuk Kolom No Ujian dan Kolom-kolom paling bawah pada formulir pendaftaran ( Penerima Pendaftaran, Pemeriksa Nilai Rapor, Peng-Input Data dan Verifikasi Data, harap dikosongkan saja )
  6. Melampirkan fotocopy rapor semester I s/d semester terakhir, untuk SMU/MA sederajat semester 1 s/d 5, untuk sekolah Akselerasi semester 1 s/d 3, untuk SMK sederajat ( 3 tahun ) semester 1 s/d 5, untuk SMK sederajat (4 tahun ) semester 1 s/d 7, dan telah dilegalisir oleh kepala sekolah
  7. Mengirimkan Pas foto berwarna ( latar belakang merah/biru, pakaian bebas sopan dan rapi ) terbaru ukuran  4×6 cm (1 lembar) dan 3×4 cm (1 lembar) dibelakang foto wajib ditulis nama dan asal sekolah
  8. Semua Persyaratan Tersebut dapat dikirim melalui POS ke alamat Kampus Politeknik AKA Bogor. Jl. Pangeran Sogiri No 283 Tanah Baru Bogor Utara, atau bisa juga datang langsung ke Kampus Politeknik AKA Bogor.

Persyaratan dan Mekanisme Pendaftaran Jalur Tes Gelombang I dan II

Persyaratan dan mekanisme pendaftaran jalur tes gelombang I dan II hampir sama dengan persyaratan dan mekanisme jalur seleksi undangan dan jalur seleksi raport. Hanya saja calon peserta tidak perlu melampirkan fotocopy raport dan untuk cara pembayarannya dapat dilakukan melalui Bank atau membayar langsung di kampus Politeknik AKA Bogor.

Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran untuk semua jalur seleksi bisa dilihat di website resmi Politeknik AKA Bogor

Kontak Panitia
Phone : +62-251-8650 351
Whatsapp : +6281284331482
Instagram : @poltekakabogor
twitter : @akabogor
E-mail : poltek_akabogor@aka.ac.id
E-mail PMB : infopmb@aka.ac.id
Itulah informasi tentang jalur-jalur seleksi Politeknik AKA Bogor dan ketentuannya. Silahkan anda ikuti jalur seleksi yang anda minati.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Politeknik AKA Bogor.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Online Politeknik AKA Bogor yang dapat admin sampaikan kali ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat untuk anda.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman-teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat. Sukai juga halaman web kami.