Pengumuman Kelulusan IPDN 2024/2025

spcp.ipdn.ac.id 2024 -- Pengumuman Tes Pantukhir / Kesehatan / Psikologi, Pengumuman Capra IPDN, Pengumuman Hasil Seleksi IPDN, Pengumuman Hasil Tes IPDN, Pengumuman Hasil Akhir IPDN, Cara Melihat Pengumuman Kelulusan IPDN, Pengumuman Penentuan Kelulusan IPDN, Jadwal Pengumuman Kelulusan IPDN, Pengumuman Kelulusan IPDN Online. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pengumuman Kelulusan IPDN 2024/2025. Informasi ini diberikan sebagai pelengkap informasi sebelumnya tentang Pendaftaran Online IPDN. Dengan adanya informasi ini, semoga anda dapat terbantu dalam melihat pengumuman kelulusan IPDN. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.


IPDN atau Institut Pemerintah Dalam Negeri adalah Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. IPDN merupakan penggabungan STPDN dengan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP).

Sebelum menjadi Calon Praja IPDN maka para calon peserta diwajibkan untuk mendaftar dan mengikuti semua tahapan tes yang akan diujikan sampai dengan tahap akhir.

Jika pendaftar/peserta lulus disetiap seleksi yang diujikan sampai dengan tes akhir serta memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, maka peserta dapat dinyatakan lulus sebagai calon praja IPDN. Begitu pula sebaliknya, jika peserta tidak lulus tes dari salah satu tes yang diujikan, maka peserta dinyatakan gugur karena sistem yang digunakan dalam seleksi ini adalah sistem gugur.

Ada beberapa tahapan seleksi IPDN yang harus dilewati oleh para peserta agar bisa lulus seleksi, yaitu mulai dari seleksi adminatrasi sampai tes pantuhir. Di setiap selesai tes, maka akan langsung diumumkan nama-nama peserta yang lulus tes.

Jika nama anda dinyatakan lulus tes disetiap tahapan, maka anda dapat melanjutkan tes ke tahap berikutnya sampai tes pantukhir. Jika anda lulus tes pantuhir, berarti anda dinyatakan lulus tes IPDN dan status anda berubah menjadi Praja IPDN.

Mungkin ada sebagian dari anda yang mengalami kesulitan dalam hal melihat pengumuman kelulusan IPDN disetiap tahapnya. Untuk itu, admin akan memberikan informasi berupa panduan untuk anda agar lebih mudah menemukan informasi pengumuman kelulusan IPDN.

Pengumuman yang akan admin sampaikan disini dimulai dari tahap awal hingga tahap akhir. Silahkan disimak di bawah ini.

1. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Praja IPDN

Seleksi administrasi adalah seleksi tahap awal pendaftaran Capra IPDN. Seleksi administrasi berupa pengecekan berkas-berkas pendaftaran. Berkas-berkas pendaftaran yang sesuai dengan persyaratan dari panitia IPDN maka akan dinyatakan lulus seleksi.

Pengumuman lulus seleksi administrasi dapat dilihat di spcp.ipdn.ac.id . Baca dengan teliti keterangan yang dimuat di website tersebut. Anda dapat login ke website tersebut menggunakan akun yang anda miliki. Apabila anda lulus seleksi berkas, silahkan ikuti proses berikutnya sesuai petunjuk.

2. Pengumuman Hasil TKD

Setelah lulus seleksi administrasi, selanjutnya anda dapat mengikuti seleksi Tes Kemampuan Dasar yang dilaksanakan di Ibu kota Provinsi. Jika anda lulus seleksi maka anda dapat melanjutkan tes ke tahap berikutnya yaitu tes kesehatan daerah. Pengumuman hasil TKD dapat dilihat di spcp.ipdn.ac.id

3. Pengumuman Hasil Tes Kesehatan Daerah

Bagi yang dinyatakan lulus TKD, maka anda dapat mengkuti Tes Kesehatan Daerah. Tes Kesehatan Daerah bertempat di Ibu kota Provinsi. Jika anda lulus Tes Kesehatan daerah, maka anda dapat mengikuti Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran. Pengumuman Tes Kesehatan Daerah diumumkan secara online melalui alamat spcp.ipdn.ac.id

4. Pengumuman Hasil Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran

Setelah lulus Tes Kesehatan Daerah, maka anda dapat mengikuti Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran yang dilaksanakan di Ibu kota Provinsi. Jika anda lulus seleksi Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran, maka dapat mengikuti Penerimaan Peserta Pantukhir dan Verifikasi Faktual Dokumen. Hasil Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran diumumkan melalui alamat spcp.ipdn.ac.id

5. Pengumuman Hasil Verifikasi Faktual Dokumen

Setelah lulus Tes Kesehatan II, maka tes selanjutnya adalah Tes Kesamaptaan. Tes dilaksanakan di Jasdam/Jasrem. Jika anda lulus, maka dapat mengikuti tes berikutnya. Pengumuman kelulusan dapat dilihat di alamat spcp.ipdn.ac.id

6. Pengumuman Hasil Pantukhir (Kesehatan, Kesemaptaan dan Wawancara)

Setelah lulus dari beberapa tes di atas, tes terakhir adalah Tes Pantukhir yang merupakan tes penentuan akhir. Tes pantukhir dilaksanakan di IPDN Jatinangor. Tes pantukhir terdiri dari tes Kesehatan, Kesamaptaan dan Wawancara.

Jika nanti anda dinyatakan lulus lulus tes pantukhir, berarti anda benar-benar hebat karena telah diuji melalui berbagai tes mulai dari seleksi administrasi sampai dengan tes pantukhir ini.

Pengumuman kelulusan Tes pantukhir akan diumumkan secara online melalui website resmi SPCP IPDN, yaitu spcp.ipdn.ac.id

Penting!!!
  • Apabila ada perubahan atau perbedaan, maka silahkan ikuti yang ada di website resmi.

Admin mengucapkan selamat bagi anda yang dinyatakan lulus IPDN, dan ucapan tetap kuat dan semangat admin berikan untuk peserta yang tidak lulus.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan kepada anda tentang Pengumuman Kelulusan IPDN. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih atas kesempatan yang anda berikan untuk membaca artikel ini, sekian dari admin dan salam sukses.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami. Terima kasih dan semoga sukses.