Pendaftaran D3 Analisis Kimia UII 2024/2025

Pendaftaran D3 Analisis Kimia UII 2024 -- Pendaftaran UII Program Studi D3 Analisis Kimia , Pendaftaran Diploma III Analisis Kimia UII, Seleksi Mahasiswa Baru UII Program Studi D3 Analisis Kimia, Penerimaan Mahasiswa Baru UII Fakultas MIPA Program Diploma III Analisis Kimia. 2026.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran D3 Analisis Kimia UII 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk adik-adik yang ingin melanjutkan pendidikan ke salah satu kampus yang ada di Yogyakarta yaitu kampus Universitas Islam Indonesia khususnya pada program studi Analisis Kimia. Yuk langsung saja simak informasinya berikut ini.

Pendaftaran UII Program Studi D3 Analisis Kimia

Yogyakarta, sebuah miniatur negeri nusantara.

Kota elok dengan beragam budaya dan panorama surganya.

Terbangun bersama ramah yang mewah,

seni nan indah dan alam yang megah.

Pendidikan adalah magnet besar kota ini.

Setiap jengkal nya selalu mampu memberi arti.

Menyajikan rindu bagi pendatang untuk senantiasa ingin kembali.


Universitas Islam Indonesia (UII) adalah salah satu perguruan tinggi ternama yang ada di Yogyakarta. Banyak pilihan program studi yang dimiliki oleh UII, salah satunya adalah Program Studi DIII Analisis Kimia.


A. You Should Know

Program Studi Analisis Kimia Program Diploma UII merupakan program pendidikan vokasi profesional yang telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan diharapkan dapat menjembatani lahirnya seorang profesional muda setingkat ahli madya (KKNI level 5) yang kompeten sebagai penguji laboratorium di bidang analisis kimia yang banyak dibutuhkan di dunia industri, lembaga pendidikan, maupun instansi pemerintahan.

Lulusan Program Studi Analisis Kimia Program Diploma UII telah tersertifikasi kompetensi secara nasional oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) serta didukung dengan fasilitas laboratorium yang lengkap dan terstandar internasional (ISO 17025) menjadikan mahasiswa dapat mengembangkan potensi secara optimal. Tiga sertifikat pendukung utama yang akan diterima lulusan adalah Analisa Prosedur Dasar Kimia, Validasi Metode Spektrofotometri, dan Validasi Metode Kromatografi.

Lulusan Program Studi Analisis Kimia Program Diploma UII rata-rata mampu mendapatkan pekerjaan kurang dari tiga bulan pertama setelah kelulusannya. Berbekal keterampilan serta kompetensi yang dimiliki, lulusan mampu bersaing di dunia kerja global dan memiliki peluang karier yang besar sebagai penguji laboratorium profesional diberbagai perusahaan dan instansi seperti Badan Pengawasan Obat Makanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, dan berbagai sektor industri yaitu petrokimia (PT Chandra Asri Petrochemical), perkebunan kelapa sawit (PT Astra Agro Lestari), farmasi (PT Ferron Pharmaceuticals), pertambangan dan perminyakan (PT. Smelting Indonesia dan Pertamina).


B. Students Speech

Program Studi Analisis Kimia Program Diploma UII merupakan wadah yang TEPAT untuk mahasiswa/i belajar tentang analisis kimia dan praktek penerapannya. Dibekali dengan kemampuan teori, keahlian kerja dan didukung adanya peralatan canggih yang representatif dengan kebutuhan industri seperti Spektrofotometer UV-Vis, AAS, HPLC dll. membuat saya mudah beradaptasi dengan dunia kerja (Rivaldi Imam Saputra ; Mahasiswa Angkatan 2017).


C. We are Competent

Program Studi Analisis Kimia Program Diploma Universitas Islam Indonesia, mempersiapkan agar mahasiswanya dapat langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus kuliah. Tidak hanya bekerja di laboratorium, analis kimia juga bisa bekerja pada perusahaan produk farmasi dan produk kesehatan publik lainnya baik sebagai Quality Assurance (QA), Quality Control (QA) maupun Manajer Teknis. Sebaran tempat kerja lulusan Prodi D3 Analisis Kimia mencakup wilayah lokal, nasional, maupun multinasional.


D. Sertifikat Kompetensi Mahasiswa

Mahasiswa Analisis Kimia FMIPA UII Tersertifikasi Secara Nasional

Lulusan Program Studi Analisis Kimia FMIPA UII dibekali dengan 3 Sertifikat Kompetensi keahlian oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UII yang diakui secara Nasional.

3 Sertifikat Kompetensi Keahlian Lulusan Program Studi Analisis Kimia FMIPA UII, yaitu :

  1. Analisa Prosedur Dasar Kimia
  2. Validasi Metode Spektrometri
  3. Validasi Metode Kromatografi


E. Laboratory Instruments

Laboratorium Program Studi Analisis Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia dilengkapi dengan berbagai instrument pengujian kimia yang canggih dan modern seperti Gas Chromatography, High Performance Liquid Chromatography (HPLC), Spectrophotometer UV-Vis Double Beam, Spectrophotometer UV-Vis, Atomic Absorption Spectrophotometer, dan Potensiostat.


F. Prospek Karir Lulusan

Beberapa prospek karir lulusan DIII Analisis Kimia UII yaitu :

  • Analis Laboratorium
  • Analis Forensik
  • Quality Control / Quality Assurance
  • Manager Teknis Manager Mutu
  • Pranata Laboratorium Pendidikan
  • Tenaga Ahli Sampling
  • Pegawai Negeri Sipil
  • Polisi Bagian Laboratorium Forensik
  • Analis Lingkungan
  • Konsultan Instrument Laboratorium
  • Entrepreneur


G. Mitra Industri / Instansi

Beberapa mitra industri / instansi yang bekerjasama dengan DIII Analisis Kimia UII yaitu :

  • BEA Cukai Kelas 1 Jakarta
  • PTLR BATAN
  • PT Indocement Cirebon
  • Dinas Lingkungan Hidup
  • Badan Pengawas Obat dan Makanan
  • PT. Smelting Gresik
  • PT. Bio Farma
  • Puslabfor Mabes Polri
  • PT. Sidomuncul Semarang
  • Balai Konservasi Borobudur
  • PT. Sucofindo


H. Proud to be Analyst

Lulusan program studi DIII Analisis Kimia UII rata-rata mampu memperoleh pekerjaan dalam kurun waktu 3 bulan pertama setelah kelulusannya. Para Alumni DIII Analisis Kimia UII mampu ditempatkan diberbagai posisi dalam labolatorium, baik industri multinasional yang bergerak dibidang farmasi, pengolahan minyak dan logam serta bidang-bidang lainnya.

Beberapa contohnya yaitu :

  • Bribda. Hartiwi Putri I.R ; Puslabfor Mabes Polri
  • Febria Lutfi Udin P ; Foreman On Site Plant PT. Dahana Persero
  • Annisa Wulandari ; Tester Labolatory PT. Pertamina Gas

I. Sebaran Jejaring Alumni

Lulusan Program Studi DIII Analisis Kimia UII telah banyak terserap oleh dunia kerja dan mampu berkarir diberbagai Perusahaan atau Instansi Nasional yang tersebar dipenjuru Indonesia.

Selain itu, Alumni Program Studi DIII Analisis Kimia UII juga memiliki jejaring Ikatan Keluarga Alumni yang kuat sehingga semakin memperluas jejaring alumni baik secara regional maupun nasional.


J. Alumni Speech

DIII Analisis Kimia UII adalah tempat belajar yang sangat tepat, karena disini kita tidak hanya belajar tentang kimia tetapi juga tentang agama yang bisa diterapkan kehidupan sehari-hari maupun ditempat kerja. Suasana yang membuat kita tetap nyaman dan diimbangi juga dengan dosen yang baik dan professional membuat kita tidak malas dan selalu termotivasi untuk terus belajar (Roby Tri Wahyudi Dalimunthe ; Quality Control - PT. Sari Dumai Sejati)


K. We Are The Champions

Beberapa raihan prestasi di level nasional dan internasional yaitu :

  • Gold and Silver Medals in 8 th International Innovation Invention and Design (INDES) tingkat Internasional 2019 di Perak, Malaysia
  • Juara 2 Olimpiade Vokasi Indonesia Kategori Bussiness Plan tingkat Nasional 2018 di Surabaya
  • Juara 1 Olimpiade Sistem Manajemen Laboratorium tingkat Nasional 2018 di Yogyakarta

Selain prestasi-prestasi di atas, tentunya masih banyak lagi prestasi lainnya.


L. Edu Wisata

Aktivitas Kemahasiswaan di Prodi D3 Analisis Kimia UII berorientasi pada peningkatan softskill, lifeskill dan kemandirian Mahasiswa. Kegiatan-kegiatan kemahasiswaan tersebut juga akan diakui dan termuat pada Satuan Kredit Partisipasi (SKP) mahasiswa ketika Lulus.


M. Pola Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru UII secara umum mengikuti pola berikut :

1. Computer Based Test (CBT)

yaitu pola seleksi berbasis komputer yang dapat dilakukan di Kampus Terpadu UII, sekolah mitra di beberapa wilayah di Indonesia, atau bahkan melakukannya dari rumah saja. Hasil dapat diketahui segera setelah tes selesai.

2. Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB)

yaitu pola seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui asesmen prestasi bidang akademik atau minat-bakat yang dimiliki siswa.

3. Penelusuran Hafiz Alquran (PHA)

yaitu pola seleksi yang ditujukan untuk siswa berprestasi dengan kemampuan akademik yang tinggi dan hafal Alquran minimal 10 juz.

4. Seleksi Berbasis Rapor (SIBER)

yaitu pola seleksi dilakukan secara daring. Cukup mendaftar, mengunggah nilai rapor, lalu melihat pengumuman di hari yang sama.

5. Penelusuran Pemimpin Muda (PPM)

yaitu pola seleksi penerimaan calon mahasiswa bagi pendaftar / siswa yang memiliki pengalaman menjadi pengurus organisasi siswa di tingkat SMA/SMK/MA. Organisasi Siswa yang dimaksud di antaranya adalah: OSIS, Pramuka, Paskibra, Ekstrakurikuler (Keilmuan, Olahraga, Seni), dan Rohis Sekolah.

Untuk info lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru, silahkan kunjungi pmb.uii.ac.id atau diploma.chemistry.uii.ac.id


N. Biaya Kuliah Analisis Kimia UII

Semester 1*

  • Angsuran 1 : Rp. 3.160.000,00
  • Angsuran 2 : Rp. 3.830.000,00

Semester 2*

  • Angsuran 1 : Rp. 3.130.000,00
  • Angsuran 2 : Rp. 3.830.000,00

Semester 3*

  • Angsuran 1 : Rp. 2.767.500,00
  • Angsuran 2 : Rp. 4.037.400,00

Semester 4*

  • Angsuran 1 : Rp. 2.737.500,00
  • Angsuran 2 : Rp. 3.787.500,00

Semester 5*

  • Angsuran 1 : Rp. 1.267.500,00
  • Angsuran 2 : Rp. 2.537.500,00

Semester 6*

  • Angsuran 1 : Rp. 1.247.500,00
  • Angsuran 2 : Rp. 1.937.500,00

Total Biaya Kuliah : Rp. 34.270.000,00

Keterangan : *Caturdharma

Informasi Terkait : Pendaftaran Online Universitas Islam Indonesia (UII)

Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru UII program studi DIII Analisis Kimia. Apabila ada perubahan atau perbedaan informaasi, maka ikuti yang ada di website resminya.

Dengan adanya informasi ini, mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan gambaran untuk adik-adik semua terkait penerimaan mahasiswa baru UII pada program studi DIII Analisis Kimia. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga sukses selalu menyertai kita semua. Aamiin.