Pengumuman Kelulusan US SD MI SDLB 2024

Pengumuman US SD MI SDLB 2024 -- Pengumuman Hasil Ujian Sekolah/Madrasah SD, MI, SDLB, Pengumuman Kelulusan Siswa SD MI SDLB, Info Pengumuman Lulus / Tidak Lulus US/M SD MI SDLB, Cara Melihat Pengumuman Hasil US/M SD MI SDLB. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pengumuman US SD MI SDLB 2024. Informasi ini ditujukan bagi siswa-siswi yang telah mengikuti Ujian Sekolah/Madrasah beberapa waktu yang lalu. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Ujian Sekolah/Madrasah atau bentuk lain yang sederajat yang sering disebut dengan US/M adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik untuk semua muatan/mata pelajaran dan muatan lokal.

Siswa-siswi kelas akhir yaitu yang duduk di bangku kelas VI, semuanya wajib mengikuti US/M ini karena sebagai salah satu persyaratan untuk kelulusan dari satuan pendidikan (SD / MI / SDLB).

Bagi siswa-siswi yang berhalangan mengikuti US/M karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah, maka dapat mengikuti US/M Susulan yang sesuai ketentuan dan jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia.

Setelah mengikuti US/M beberapa minggu yang lalu, kini tiba saatnya untuk meilhat hasil US/M. Dalam melihat hasil US/M ini, tentunya pada peserta memiliki rasa cemas karena takut tidak lulus. Namun harus yakin bahwa apapun hasil yang diperoleh itu adalah yang terbaik untuk anda.

Dalam menentukan kelulusan siswa dari US/M ataupun kelulusan dari Sekolah / Madrasah, maka panitia menggunakan kriteria-kriteria tertentu yang telah ditetapkan. 

Berikut adalah Salinan Lampiran Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor : 045/H/HK/2015, Tanggal : 17 Desember 2015 :

Kelulusan US/M
  1. Peserta didik dinyatakan lulus US/M apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan nilai US/M
  2. Kriteria kelulusan US/M ditetapkan melalui rapat pendidik sebelum pelaksanan US/M yang mencakup:
    • nilai minimal setiap mata pelajaran US/M; dan
    • nilai rata-rata minimal mata pelajaran US/M

Kelulusan Dari Satuan Pendidikan
  1. Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah:
    • menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
    • memeroleh nilai sikap/perilaku minimal baik; dan
    • lulus US/M.
  2. Kriteria peserta didik telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran ditentukan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik berdasarkan laporan hasil belajar dari kelas I semester 1 sampai kelas VI semester 2.
  3. Kriteria nilai sikap/perilaku peserta didik ditentukan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik.
  4. Kriteria peserta didik lulus dari US/M ditentukan satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik

Pengumuman Kelulusan dari Satuan Pendidikan
  • Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan diumumkan paling lambat empat minggu setelah pelaksanaan US/M.

Berdasarkan keterangan di atas, maka dapat disimpulkan sedikit yaitu pengumuman US/M diumumkan paling lambat empat minggu setelah pelaksanaan US/M. Kemudian kriteria kelulusan siswa dari US/M dan kriteria kelulusan dari satuan pendidikan ditentukan oleh rapat dewan pendidik.

Untuk lokasi pengumuman biasanya akan diumumkan secara langsung di Sekolah atau melalui Dinas Pendidikan setempat. Selain itu, ada pula pengumuman US/M yang diumumkan secara online di internet.
Keterangan : US/M = Ujian Sekolah / Madrasah
Itulah tata cara melihat pengumuman kelulusan US/M secara online khusus untuk Sekolah-sekolah yang ada di Kota Pangkal Pinang.

Admin mengucapkan selamat untuk siswa-siswi yang dinyatakan lulus US/M dan lulus dari Sekolah/Madrasah, dan ucapan tetap semangat dan jangan menyerah admin ucapkan untuk siswa-siswi yang dinyatakan tidak lulus US/M dan tidak lulus dari sekolah / Madrasah.


Demikianlah informasi tentang Pengumuman Kelulusan US SD MI SDLB. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda semua.

Mari bantu bagikan informasi ini kepada teman-teman lain yang membutuhkan. Jangan lupa untuk like halaman web kami yang berada di sebelah kanan untuk pengguna komputer / laptop. Terima kasih.