Pendaftaran Mahasiswa Beasiswa TNI 2024-2025

rekrutmen-tni.mil.id 2024 -- Pendaftaran Mahasiswa Beasiswa TNI, Pendaftaran MABEA Calon PaPK TNI, Pendaftaran Mahasiswa Beasiswa TNI, Beasiswa Ikatan Dinas TNI, Pendaftaran Online Mahasiswa Beasiswa TNI, Syarat, Cara, dan Jadwal Pendaftaran Online MABEA TNI, Mahasiswa Beasiswa Tentara Nasional Indonesia, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan membagikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Beasiswa TNI 2024-2025. Informasi ini diberikan dengan harapan bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran Mahasiswa Beasiswa TNI. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

TNI atau Tentara Nasional Indonesia adalah suatu pasukan yang dibentuk dengan tujuan untuk menjaga keamanan Negara Republik Indonesia atau bisa juga disebut sebagai Angkatan Perang Indonesia. Pada mulanya TNI didirikan pada 5 Oktober 1945 dengan nama Tentara Keamanan Rakyat dan berubah nama  pada 3 Juni 1947 menjadi Tentara Nasional Indonesia sampai saat ini.

Dalam rangka memenuhi tenaga ahli pada organisasi TNI, pada tahun ini TNI membuka penerimaan calon anggota baru untuk menjadi calon Perwira Prajurit Karier TNI yang cakap, profesional, bermoral, dan cinta tanah air, melalui program Mahasiswa Beasiswa TNI. 

Program Mahasiswa Beasiswa TNI ini dibuka untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa / mahasiswa terbaik dari berbagai Perguruan Tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta dengan jurusan atau program studi sesuai yang dibutuhkan TNI. Bagi anda yang berminat menjadi calon Perwira Prajurit Karier TNI serta bisa memenuhi persyaratan pendaftarannya, ayo daftarkan diri anda.

Untuk bisa mendaftar mengikuti Mahasiswa Beasiswa TNI, maka anda harus bisa memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan, baik persyaratan umum, persyaratan SKS, peryaratan IPK, dan persyaratan khusus pendaftaran. Berikut penjelasan selengkapnya.

A. Persyaratan Umum Pendaftaran
  1. Warga Negara Republik Indonesia (WNI), Pria / Wanita bukan Prajurit TNI / Anggota Polri dan PNS.
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945
  4. Berkelakuan Baik, serta tidak pernah kehilangan hal untuk menjadi prajurit TNI yang dinyatakan berdasarkan surat dari Polres setempat.
  5. Sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba
  6. Tinggi badan laki-laki minimal 163 cm, dan perempuan minimal 157 cm.
  7. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan dengan status mahasiswa beasiswa TNI
  8. Sesuai Jurusan / Kesarjanaan yang dibutuhkan Matra
  9. Mendapatkan surat rekomendasi dari Dekan / Fakultas dengan melampirkan transkip nilai beserta Indek Prestasi (IP) dan Indek Prestasi Komulatif (IPK) terakhir serta keteranag akreditasi jurusan atau program studi.

B. Persyaratan Khusus
  1. Mengajukan permohonan secara tertulis untuk memperoleh Beasiswa Ikatan Dinas TNI kepada Panglima TNI u.p. Aspers Panglima TNI, Mabes TNI  Cilangkap Jakarta Timur.
  2. Sanggup menjalani Ikatan Dinas Pertama Keprajuritan (IDP) selama 10 tahun sejak diangkat menjadi Perwira TNI.
  3. Sanggup ditempatkan di seluruh wilayahNegara Kesatuan Republik  Indonesia setelah selesai pendidikan.

C. Persyaratan Tambahan
  1. Usia tidak lebih dari 25 tahun
  2. Persyaratan SKS :
    • Jurusan Kedokteran Umum minimal telah mencapai 120 SKS, atau sudah mencapai semester 6, atau 3 semester menjelang lulus sarjana Kedokteran (S.Ked).
    • Jurusan / Program Studi S-1 lainnya minimal sudah menempuh 110 SKS
    • Jurusan / Program Studi harus sesuai dengan kebutuhan angkatan
  3. Persyaratan Indeks Prestasi (IP) semester terakhir dan atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terakhir :
    • Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta dengan jurusan atau program studi terakreditas "A" minimal 2,80
    • Perguruan Tinggi binaan Kemhan / TNI / Angkatan dengan jurusan atau program studi terakreditas "B" minimal 3,00

D. Pendaftaran Online dan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Beasiswa TNI

Pendaftaran MABEA TNI dilakukan secara online melalui situs rekrutmen-tni.mil.id. Lakukan pengisian sejumlah data pendaftaran secara online di alamat tersebut hingga mencetak tanda bukti pendaftaran online. Tata cara pendaftarannya akan adin berikan dibawah.

Setelah mendaftar secara online, kemudian melanjutkan pendaftaran dengan datang langsung ke kodam, korem, lantamal, dan lanud terdekat didaerah anda. Anda datang langsung untuk mendaftar dengan membawa tanda bukti pendaftaran online dan perlengkapan persyaratan pendaftaran seperti yang telah disebutkan di atas. Melakukan pendaftaran sesuai jam kerja.

1. Cara Pendaftaran Online Mahasiswa Beasiswa TNI
  1. Pendaftaran dilakukan melalui alamat rekrutmen-tni.mil.id
  2. Kemudian klik menu Mahasiswa Beasiswa TNI
  3. Kemudian klik tombol daftar / registrasi yang terletak dibagian samping kanan.
  4. Isi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, NIK / nomor KTP, Jenis kelamin, email, dan validasi sandi rahasia. Jika telah terisi, kemudian klik "daftar"
  5. Password akan ditampilkan setelah Anda mengisi form dengan benar, selain itu password juga akan dikirimkan ke alamat email yang Anda daftarkan. 
  6. Login ke menu pendaftaran menggunakan email/username dan password yang telah anda peroleh.
  7. Isilah biodata diri dengan lengkap dan benar.
  8. Jika telah selesai, cetaklah formulir pendaftaran online.

2. Pendaftaran Ulang
  1. Daftar ulang secara fisik dengan datang langsung ke tempat pendaftaran yang telah ditentukan dengan menunjukkan cetakan formulir pendaftaran.
  2. Membawa dokumen asli berupa :
    • Surat pendaftaran, akte kelahiran, KTP calon, KTP orang tua/wali, Kartu Keluarga, SKCK, Ijazah dan SKHUN SD, SLTP, SLTA / sederajat, pas foto hitam putih dan berwarna ukuran 4x6 sebanyak 20 lembar, dan rapor SLTA sederajat
  3. Bagi ang pindah domisili membawa surat keterangan pindah domisili dari Kelurahan / Kecamatan
  4. Masing-masing berkas di foto copy satu lembar dan dilegalisir. 

E. Tempat pendaftaran
  • Medan : Ajendam I / Bukit Barisan
  • Padang : Lantamal II Padang
  • Palembang : Ajendam II/Sriwijaya
  • Lampung : Ajenrem 043/Garuda Hitam
  • Bandung : Ajendam III/Siliwangi
  • Semarang : Ajendam IV/Diponegoro
  • D.I Yogyakarta : Pangkalan TNI AU Adisutjipto
  • Solo : Ajenrem 074/Warastratama
  • Surabaya : Ajenrem 084/Bhaskara Jaya
  • Malang : Pangkalan TNI AU Abd.Rachman Saleh
  • Pontianak : Ajendam XII/Tanjungpura
  • Banjarmasin : Ajenrem 101/Antasari
  • Makassar : Ajendam VII/Wirabuana
  • Manado : Lantamal VIII Manado
  • Maluku : Ajendam XVI/Pattimura
  • Jayapura : Ajendam XVII/Cendrawasih
  • Denpasar : Ajendam IX/Udayana
  • Jakarta : Ajendam Jaya
  • NAD : Ajendam Iskandar Muda

F. Status Beasiswa
  1. Bagi mahasiswa yang lulus seleksi tingkat pusat, maka mahasiswa tersebut tetap melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi asal dan akan diberi tunjangan beasiswa sebesar Rp. 1.000.000,- setiap bulan dan bantuan biaya skripsi sebesar Rp. 2.000.000,- (satu kali selama kuliah).
  2. Batas waktu pemberian tunjangan beasiswa :
    • 4 tahun bagi mahasiswa kedokteran umum, kedokteran gigi, kedokteran hewan, dan apoteker
    • 3 tahun bagi mahasiswa S-1 lainnya.
  3. Apabila tidak menyelesaikan program studinya, mahasiswa diwajibkan mengikuti seleksi tingkat pusat calon Perwira Prajurut Karier TNI
  4. Bagi mahasiswa beasiswa TNI yang telah menyelesaikan kuliah, dan lulus dari pendidikan pertama Perwira Prajurut Karier TNI akan dilantik menjadi Perwira TNI dengan pangkat letnan dua.

G. Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Beasiswa TNI

H. Biaya Seleksi

Selama proses seleksi berlangsung, tidak dipungut biaya apapun. Jika ada oknum yang mengatasnamakan panitia seleksi yang meminta sejumlah uang, maka segera laporkan pada panitia terdekat.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Rekrutmen Mahasiswa Beasiswa TNI.


Demikianlah informasi yang dapar admin sampaikan pada kesempatan ini mengenai Pendaftaran Online Mahasiswa Beasiswa TNI. Semoga informasi tersebut bisa memberikan panduan kepada anda dalam melaksanaan rangkaian proses pendaftaran Mahasiswa Beasiswa TNI.

Ayo bantu bagikan informasi ini pada teman atau saudara anda yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga anda bisa mendapatkan Beasiswa TNI. Sekian dari admin dan salam sukses.