Panduan Pengisian PDSS SNBP untuk Sekolah 2024/2025

Panduan PDSS SNBP 2024 -- Pendaftaran PDSS SNBP Sekolah dan Siswa, PDSS Sekolah, PDSS Siswa, Pendaftaran PDSS SNBP Online, Login Pendaftaran SNBP di PDSS SNBP, Jadwal PDSS SNBP, Petunjuk Pengisian Data di PDSS SNBP, Rekomendasi di PDSS. 2026. 2027.

Informasi ini berjudul Panduan Pengisian PDSS SNBP untuk Sekolah 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SNBP tahun ini. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa membantu mempermudah dalam pengisian data PDSS SNBP. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.


Informasi ini merupakan informasi pelengkap dari informasi sebelumnya yang berjudul Pendaftaran Online SNBP. Bagi kalian yang belum membaca informasi pada artikel tersebut, maka sebaiknya membaca terlebih dahulu agar lebih mudah dalam memahami artikel ini.

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa tahapan awal pendaftaran SNBP adalah pemberian rekomendasi dari Kepala Sekolah dan dilanjutkan verifikasi data oleh siswa. 

Pemberian rekomendasi oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa dilakukan di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau disingkat PDSS. Dalam hal ini yaitu PDSS SNBP.

Untuk lebih mudahnya, kita pisahkan PDSS SNBP menjadi dua yaitu, PDSS SNBP Sekolah dan PDSS SNBP Siswa. PDSS SNBP Sekolah diperuntukkan bagi sekolah, sedangkan PDSS SNBP siswa diperuntukkan bagi siswa.

Kepala Sekolah merekomendasikan siswa-siswi terbaiknya untuk mengikuti seleksi jalur SNBP melalui website PDSS SNBP. Pemberian rekomendasi tersebut yaitu dengan cara melakukan pengisian sejumlah data di PDSS SNBP secara lengkap dan benar.

Pengisian data di PDSS SNBP ini merupakan tahapan awal yang harus dilakukan kepala sekolah. Nantinya, siswa yang sudah direkomendasikan harus melakukan verifikasi kebenaran data yang telah di input oleh pihak sekolah melalui PDSS SNBP siswa.

Penjelasan mengenai Pendaftaran PDSS SNBP untuk Sekolah dan Siswa dapat disimak berikut ini.

Tahapan Pengisian Data PDSS di Portal SNBP :
  1. Login pada https://pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal SNPMB.
  2. Cek profil sekolah pada sidebar Profil yang berisikan Informasi Sekolah dan Kepala Sekolah.
  3. Definisikan jenis kelas yang ada pada sekolah Anda pada menu Jurusan. Data jurusan ini diambil dari Portal SNPMB, pastikan Anda sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang sudah didefinisikan.
  4. Finalisasi data sekolah dan jurusan Anda pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Sekolah”.
  5. Tambahkan siswa Eligible pada sidebar Siswa. Anda bisa menambahkan satu per satu siswa per jurusan dengan mengisikan NISN. Data NISN ini didapatkan langsung dari Portal SNPMB. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan siswa per jurusan dengan melakukan impor data. Panduan lebih detil akan dijelaskan pada bagian 5 dokumen ini.
  6. Finalisasi data siswa pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Siswa”.
  7. Selanjutnya adalah mendefinisikan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang harus ditempuh siswa dikurangi 1 semester yang sedang berjalan. Mohon diperhatikan bahwa setiap jurusan jenis studi yang didefinisikan pada tahapan sebelumnya harus didefinisikan kurikulumnya juga.
  8. Definisikan mata pelajaran setiap semester tingkat.
  9. Lakukan finalisasi data kurikulum. Mohon pastikan anda sudah benar dalam pengisian sebelum melakukan finalisasi.
  10. Tahapan selanjutnya adalah mengisikan jenis studi setiap Siswa Eligible per Jurusan.
  11. Isikan nilai per siswa per semester tingkat dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan sebelumnya. Anda bisa melakukan pengisian per siswa maupun secara bulk upload.
  12. Lakukan finalisasi data nilai. Mohon pastikan anda sudah melakukan pengisian dengan benar sebelum melakukan finalisasi ini karena finalisasi data nilai tidak dapat dibatalkan.
  13. Anda masih bisa melakukan pembatalan finalisasi data sekolah, siswa eligible, dan kurikulum dengan syarat belum mengisi nilai atau finalisasi data nilai belum dilakukan.

Penjelan rinci dari tiap tahapan di atas diberikan di bawah ini :

1. Login Sekolah

Sekolah harus login terlebih dahulu sebelum mulai mengisi. Sekolah yang bisa login hanya sekolah yang sudah terdaftar di Portal SNPMB. Berikut alurnya :
  • Buka laman https://pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, secara otomatis akan membuka halaman Portal SNPMB untuk melakukan login. Pada halaman tersebut, silahkan login menggunakan akun SNPMB (pasangan username dan password) yang telah terdaftar.
  • Jika anda berhasil login, halaman pertama yang muncul adalah halaman Profil Sekolah. Bagian ini akan dijelaskan pada bagian 2.

2. Profil Sekolah

Halaman ini adalah halaman Profil Sekolah yang berisikan informasi sekolah dan kepala sekolah. Kedua data ini diambil dari data yang ada pada portal SNPMB dan sifatnya tidak dapat diubah pada pengisian di PDSS. Jika terdapat kesalahan, sekolah dimohon memperbaiki.

Halaman Profil Sekolah ini akan otomatis terupdate ketika Anda Login. Informasi ini ditunjukkan dengan “Terakhir diupdate” yang diberi kotak hijau pada gambar. Kolom tersebut berisi tanggal dan waktu terakhir informasi sekolah Anda diupdate. Namun, perlu dicatat bahwa jika Anda sudah melakukan finalisasi Data Sekolah maka fitur otomatis update ini akan berhenti. Data terakhir sebelum Anda finalisasi akan menjadi informasi final pada Data Sekolah.

3. Jurusan

Menu berikutnya adalah halaman jurusan. Jurusan yang terdefinisi pada halaman ini adalah sesuai dengan data yang ada di portal SNPMB. Anda hanya perlu mengisikan jenis studi sesuai dengan sekolah Anda dengan melakukan klik pada kotak yang tersedia.

Jika sudah selesai memilih, silakan pilih “SIMPAN” yang ditandai dengan tanda centang. Setelah Anda berhasil menyimpan, akan muncul notifikasi ada berhasil menyimpan jurusan dan jenis studi.

Langkah selanjutnya adalah melakukan finalisasi yang dijelaskan pada bagian 7.1 finalisasi data sekolah agar Anda dapat melanjutkan ke pengisian siswa. Perlu diingat bahwa setelah anda melakukan finalisasi data sekolah, data jenis studi pada halaman ini tidak dapat diubah.

4. Siswa

Sebelum Anda dapat melanjutkan pengisian siswa eligible pada sidebar menu Siswa, pastikan Anda sudah melakukan finalisasi data sekolah dan jurusan (bagian 7.2). Jika Anda belum melakukan hal ini, akan muncul peringatan "Belum Finalisasi"

Jika Anda sudah melakukan Finalisasi Data Sekolah, akan muncul tampilan awal menu Siswa.

Perlu diperhatikan bahwa informasi Jurusan didapatkan dari pengisian Anda sebelumnya pada profil >> Jurusan. Selain itu, kuota yang tertulis pada kanan atas merupakan kuota siswa Eligible per Jurusan berdasarkan ketentuan dari panitia SNPMB. Isikan data Siswa hanya yang Eligible per Jurusan saja, dan urutan memasukkan data Siswa akan menjadi urutan “Peringkat” dari siswa tersebut.

Penambahan siswa dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

a. Tambah Siswa Satuan per Jurusan

Secara default, halaman awal siswa akan diarahkan dengan menggunakan cara ini. Untuk menambah siswa satu persatu, Anda dapat menuliskan NISN siswa pada tabel sebelah kiri

Pilih “SIMPAN”, maka sistem akan mencocokkan NISN siswa tersebut dengan data yang ada pada portal SNPMB.
  • Jika NISN tidak ditemukan atau tidak sesuai dengan siswa sekolah, akan muncul peringatan
  • Jika NISN ditemukan, siswa akan terisi pada tabel kanan

Anda dapat mengubah urutan “Peringkat” dari siswa dengan menekan tombol titik tiga yang ada di bawah kolom peringkat, kemudian menggesernya ke bawah / atas dengan siswa peringkat setelahnya. Anda masih dapat menambah / menghapus data siswa ini selama Anda belum melakukan Finalisasi Data Siswa. Tombol tanda silang yang ada di sisi kanan dapat digunakan untuk menghapus siswa dari daftar Siswa Eligible.

Setelah Anda melakukan perubahan, tekan “SIMPAN PERINGKAT” untuk menyimpan data siswa yang eligible beserta urutan peringkatnya. Setelah itu, akan muncul notifikasi keberhasilan.

b. Tambah Siswa Bulk

Menu ini digunakan untuk melakukan upload data siswa per jurusan secara bulk berdasarkan template yang diberikan oleh sistem. Menu ini terletak pada “Import Data” yang berada pada halaman Siswa.

Langkah pertama adalah unduh template dengan menekan tombol Unduh. Setelah itu lakukan pengisian dokumen Excel dengan menambahkan NISN siswa.

Pastikan pengisian dokumen Excel sudah benar sesuai ketentuan yang tertera pada dokumen tersebut. Kemudian, upload data tersebut dengan menekan tombol Choose File setelah terlebih dahulu memilih Jurusan yang dituju.

Jika sudah memilih file, pilih “SIMPAN”, akan tampil notifikasi keberhasilan.

Selanjutnya, silahkan lakukan finalisasi siswa jika anda sudah yakin semua isian siswa eligible beserta peringkatnya sudah tepat. Petunjuk untuk melakukan finalisasi data siswa dapat dilihat pada bagian 8.2.

5. Kurikulum

Menu ini terletak pada sidebar sebelah kiri yang bertuliskan “Kurikulum”. Menu ini berfungsi untuk mendefinisikan kurikulum yang berlaku pada jurusan untuk setiap semester tingkat. Penjelasan mengenai pengisian kurikulum akan dibagi menjadi 2, yaitu :
  • bagaimana mendefiniskan kurikulum setiap semester setiap tingkat,
  • bagaimana memilih mata pelajaran yang ada pada kurikulum tersebut.

5.1 Kurikulum per Semester

Setelah Anda memilih menu kurikulum, halaman pertama yang akan muncul berguna untuk mendefinisikan kurikulum per Jurusan per Jenis Studi dalam setiap Semester Tingkat masa studi siswa Anda.

Untuk memilih kurikulum, tekan tombol “Pilih Kurikulum”  pada setiap semester dan setiap tingkat. Kemudian akan muncul pop-up notifikasi tambah atau batal.

Pilih Standar Kurikulum yang akan diberlakukan.

Pilih salah satu, kemudian tekan tombol Tambah. Jika berhasil menyimpan, Anda akan langsung diarahkan ke halaman Mata Pelajaran per Kurikulum yang dijelaskan pada poin 5.2.

Jika sudah berhasil mendefinisikan kurikulum, halaman kurikulum akan tampil.

Anda dapat melihat mata pelajaran yang sudah didefinisikan dengan menekan tombol “Detil Kurikulum”, maupun menghapus kurikulum dengan menekan tombol “Hapus Kurikulum”

Jika Anda ingin menghapus kurikulum, tekan tombol “Hapus Kurikulum”. Setelah menekan tombol “Hapus Kurikulum” akan muncul notifikasi hapus atas atau batal.

Pilih Hapus jika Anda yakin ingin menghapus kurikulum yang telah didefinisikan. Perlu dicatat bahwa penghapusan kurikulum hanya bisa dilakukan jika anda belum melakukan finalisasi Data Kurikulum pada menu Finalisasi.

5.2 Mata Pelajaran per Kurikulum

Menu ini akan terbuka otomatis setelah Anda mendefinisikan kurikulum. 

Jika Anda ingin mengaktifkan mata pelajaran berdasarkan pilihan yang ada pada halaman ini, berikan checklist pada kolom digunakan. Setelah anda memberikan checklist, KKM dan JAM dapat diisikan

Setelah selesai mengaktifkan seluruh mata pelajaran yang akan digunakan, pilih SIMPAN yang ada pada bagian bawah pilihan Mata Pelajaran.

Jika Anda salah atau tidak mengisikan KKM dan Jam maka akan muncul pesan notifikasi kesalahan. Jika berhasil, muncul juga pesan notifikasi keberhasilan.

Anda juga bisa menyalin Mata Pelajaran dari semester lain yang sudah pernah dibuat melalui fitur “Salin Dari Semester Lain” dengan memilih pilihan yang ada dari dropdown list kemudian pilih Salin

Khusus untuk SMK, disediakan juga mata pelajaran dengan kompetensi C2 dan C3

Jika akan menggunakan mata pelajaran tersebut, aktifkan checklist. Setelah Anda memilih mata pelajaran tersebut, nama dari mata pelajaran tersebut dapat diganti dan disesuaikan dengan nama mata pelajaran di sekolah Anda. Perlu dicatat bahwa tidak semua nama mata pelajaran bisa diganti. Hanya mata pelajaran yang ditandai dengan tanda * dan di SMK saja yang bisa diganti namanya.

Silahkan tuliskan nama mata pelajaran tersebut

Setelah selesai mengaktifkan Mata Pelajaran untuk setiap semester tingkat dan jurusan, tahapan selanjutnya adalah melakukan “Finalisasi Data Kurikulum” pada menu Finalisasi yang dijelaskan lebih detil pada bagian 7.3.

6. Nilai

Pengisian nilai siswa eligible terletak pada sidebar “Siswa”. Sebelum mengisi nilai siswa eligible, silahkan tentukan terlebih dahulu jenis studi siswa pada setiap jurusan yang telah didefinisikan sebelumnya. Perlu diperhatikan bahwa setelah anda memilih jenis studi untuk siswa, maka anda tidak bisa melakukan pembatan finalisasi kurikulum.

Setelah itu, pilih Jenis Studi untuk setiap siswa pada setiap jurusan. Bisa juga mengisikan sekaligus jenis studi siswa dengan memilih pada “Ubah Jenis Studi Semua Siswa” pada kotak hijau pada gambar kemudian tekan tombol Ubah jika sudah memilih. Jika berhasil akan muncul notifikasi keberhasilan.

Setelah menentukan Jenis Studi untuk setiap siswa pada tiap jurusan, silahkan mengisikan nilai per Siswa untuk setiap tingkat dan setiap semester kecuali semester berjalan. Caranya adalah dengan memilih tab “Nilai Siswa” yang ada di atas,

Atau dapat melalui tab “Siswa per Jurusan” dengan memilih ikon pensil untuk seorang siswa

Terdapat juga keterangan status Pengisian Nilai setiap siswa pada gambar sebelumnya. Kolom ini akan berisi keterangan Belum Isi, Belum Lengkap, dan Sudah Lengkap

6.1 Nilai Siswa

Silakan lakukan pengisian nilai untuk setiap Mata Pelajaran kemudian pilih SIMPAN yang ditandai dengan kotak merah pada gambar di atas. Jika Anda salah dalam mengisikan nilai, misalnya saja nilai yang diberikan negatif atau diluar dari skala, maka akan muncul notifikasi.

Jika anda berhasil menyimpan nilai, akan muncul notifikasi keberhasilan.

Lakukan lagi untuk setiap siswa yang ada pada Jurusan Anda. Namun jika anda ingin melakukan bulk upload, Anda dapat melakukan memilih tab “IMPORT DATA” yang akan menampilkan informasi untuk melakukan import nilai siswa per Jurusan per Jenis Studi per Tingkat dan Per Semester.

Isikan terlebih dahulu Jurusan, Jenis Studi, Tingkat, dan Semester kemudian pada kolom Unduh Template tekan tombol Unduh.

Mohon untuk tidak menghapus NISN siswa yang sudah digenerate (degenerate berdasarkan isian pada siswa eligible) pada template excel karena akan menimbulkan masalah. Selain itu, NISN siswa tidak perlu ditambah dengan angka 0 lagi di depannya. Sistem akan otomatis mengisikan angka 0 di depan untuk melengkapi NISN 10 digit.

Lengkapi nilai pada setiap mata pelajaran yang ada pada file csv. Kolom mata pelajaran dihasilkan dari isian yang Anda lakukan sebelumnya saat pendefinisian kurikulum. Isian nilai harus sesuai dengan skala yang Anda isikan juga pada saat pendefinisian kurikulum dan mata pelajaran.

Jika sudah selesai mengisi nilai untuk setiap mata pelajaran, simpan file csv tersebut.Kemudian unggah pada halaman PDSS dengan mengisi Jurusan, Jenis Studi, Tingkat, dan Semester. Setelah itu tekan tombol Choose File pada kolom File, pilih file csv yang sudah Anda isi. Terakhir, tekan SIMPAN.

Perlu dicatat bahwa melakukan upload nilai baru akan mengubah nilai semua siswa pada jurusan, tingkat, dan semester yang dipilih. Mohon diperhatikan juga jika Anda sudah mengisi nilai siswa secara lengkap, namun Anda ternyata salah mengisikan jenis studi siswa tersebut dan akan mengganti jenis studinya, maka semua isian nilai yang dilakukan sebelumnya akan terhapus untuk siswa tersebut. Silahkan berhati-hati dalam melakukan pengisian.

6.2 Pengisian Status Khusus

Pengisian Status Khusus hanya diisikan jika siswa termasuk dalam kategori berikut:
  • Pindahan
  • Tidak Naik Kelas
  • Pertukaran Pelajar
  • Cuti
Jika siswa termasuk dalam 4 kategori di atas isikan Status Khusus yang ada pada Nilai Siswa.

Setelah Anda memilih, maka akan muncul popup pemilihan kurikulum untuk siswa tersebut.

Silakan pilih Standar Kurikulum yang berlaku hanya untuk siswa tersebut, isian NPSN Sekolah Asal hanya akan muncul jika Status Khusus Siswa adalah Pindahan dan isikan hanya jika Siswa tersebut pindahan dalam sekolah dalam negeri.

Setelah mengisikan jenis kurikulum untuk siswa status khusus, akan muncul halaman mengaktifkan Mata Pelajaran yang hanya berlaku untuk siswa dengan status khusus tersebut. Berikan checklist pada kolom Digunakan untuk mata pelajaran yang akan diaktifkan.

Setelah memilih mata pelajaran yang akan digunakan, isikan KKM dan Jam terlebih dahulu. Setelah selesai mengisikan KKM dan Jam pilih SIMPAN yang ada pada bagian bawah pilihan Mata Pelajaran.

Langkah berikutnya adalah mengisikan nilai untuk siswa dengan status khusus.

Silakan lakukan pengisian nilai untuk setiap Mata Pelajaran kemudian pilih SIMPAN. Pengisian nilai untuk siswa dengan status khusus telah selesai dilakukan.

6.3 Cetak Nilai Siswa

Anda dapat mengunduh hasil isian nilai siswa per jurusan dalam format pdf dengan menekan pilihan menu “Ekspor Data” yang terletak pada atas halaman Siswa. Menu Ekspor Data hanya akan muncul jika isian nilai sudah pernah dilakukan oleh sekolah.

Pilih Jurusan terlebih dahulu kemudian tekan tombol EKSPOR untuk mengunduh hasil pengisian nilai seluruh siswa untuk jurusan yang dipilih.

7. Finalisasi

Halaman finalisasi digunakan sebagai pernyataan bahwa data yang Anda isikan pada Kurikulum, Jenis Studi Siswa, maupun Nilai dan Status Khusus Siswa adalah data yang benar dan Anda setujui. Finalisasi dibagi menjadi empat menu pada tahapan pengisian PDSS ini, yaitu Finalisasi Data Sekolah, Finalisasi Data Siswa, Finalisasi Data Kurikulum, dan Finalisasi Data Nilai yang akan dijelaskan di bawah ini.

7.1 Finalisasi Data Sekolah

Finalisasi Data Sekolah digunakan sebelum Anda mengisikan data Siswa. Hal yang difinalisasi adalah informasi Data Sekolah dan Jurusan (dalam hal ini jenis studi). Pastikan Anda melakukan finalisasi Data Sekolah hanya jika Anda sudah yakin bahwa kedua informasi yang disebutkan sebelumnya sudah tepat.

Jika Anda sudah yakin dan ingin melakukan finalisasi, tandai checkbox persetujuan kemudian pilih “Finalisasi”

Setelah melakukan finalisasi, tombol akan berubah warna sebagai penanda bahwa Anda sudah melakukan finalisasi Data Sekolah. Selain itu, terdapat informasi tanggal dan waktu Anda melakukan finalisasi Data Sekolah ini.

7.2 Finalisasi Data Siswa

Menu ini merupakan tahapan setelah pengisian Siswa Eligible oleh sekolah. Lakukan Finalisasi Data Siswa hanya jika Anda sudah yakin bahwa data rangking siswa Eligible per jurusan sudah benar. Anda tidak dapat menghapus / menambah data siswa jika sudah melakukan Finalisasi Data Siswa. 

Sebagai tambahan, sistem akan melakukan pengecekan jumlah siswa per jurusan sehingga minimal ada satu orang siswa yang didaftarkan sebagai Siswa Eligible (jika memiliki kuota). Jika jumlah siswa 0 (tidak ada yang didaftarkan), maka Anda tidak dapat melakukan Finalisasi Data Siswa. Jika anda melakukan finalisasi namun kuota maksimal siswa eligible tidak terpenuhi akan muncul peringatan

Jika Anda sudah yakin dan ingin melakukan finalisasi, tandai checkbox persetujuan, kemudian pilih “Finalisasi”

Setelah melakukan Finalisasi Data Siswa, data tanggal dan waktu Anda melakukan finalisasi akan tercatat seperti pada gambar di atas. Anda dapat melanjutkan pengisian kurikulum setelah melakukan finalisasi ini.

7.3 Finalisasi Data Kurikulum

Finalisasi Data Kurikulum digunakan setelah Anda mengisikan dengan tuntas Kurikulum yang berlaku setiap semester tingkat (di dalamnya termasuk menentukan Mata Pelajaran serta KKM dan Jam) dan sebelum Anda mengisikan Jenis Studi Siswa dan data Nilai. 

Hal yang difinalisasi adalah data kurikulum dan mata pelajaran (serta KKM dan jam). Pastikan Anda melakukan finalisasi Data Kurikulum hanya jika Anda sudah yakin bahwa informasi yang disebutkan sebelumnya sudah tepat.

Jika Anda sudah yakin dan ingin melakukan finalisasi, bacalah Persetujuan yang ada pada kotak Finalisasi Data Kurikulum dengan cermat kemudian tandai checkbox persetujuan kemudian pilih “Finalisasi”

Setelah melakukan finalisasi, data tanggal dan waktu anda melakukan finalisasi akan tercatat seperti pada gambar di atas.

8. Pembatalan Finalisasi

Pembatalan Finalisasi merupakan fitur tambahan yang disediakan pada menu Finalisasi tab Pembatalan Finalisasi.

Pembatalan Finalisasi dibagi menjadi 3 menu, yaitu Pembatalan Finalisasi Data Sekolah, Pembatalan Finalisasi Data Siswa Eligible, dan Pembatalan Finalisasi Kurikulum.

8.1 Pembatalan Finalisasi Data Sekolah

Fitur ini akan aktif jika sekolah Anda sudah melakukan finalisasi Data Sekolah, namun ternyata Anda menyadari ada kesalahan dalam pengisian jenis studi maupun data lainnya.

Pembatalan Finalisasi Data Sekolah hanya bisa dilakukan dengan syarat sekolah Anda belum memasukkan daftar Siswa Eligible dan tentu saja belum melakukan finalisasi Data Siswa Eligible tersebut.

Jika sekolah sudah mengisikan daftar siswa eligible dan belum melakukan finalisasi Data Siswa Eligible namun ingin mundur tahapan pengisian kembali ke data sekolah, silahkan hapus dahulu seluruh Data Siswa Eligible di setiap jurusan. Setelah itu tombol “Batalkan” akan aktif.

Silahkan tekan tombol “Batalkan” kemudian akan muncul tampilan pengingat.

Jika Anda sudah yakin melakukan pembatalan finalisasi data sekolah, silahkan tekan “Batalkan Finalisasi”. Setelah itu, akan muncul notifikasi.

8.2 Pembatalan Finalisasi Siswa Eligible

Fitur ini akan aktif jika sekolah Anda sudah melakukan finalisasi Data Siswa Eligible, namun ternyata Anda menyadari ada kesalahan dalam pengisian urutan rangking siswa maupun belum semuanya Anda isikan.

Pembatalan Finalisasi Siswa Eligible hanya bisa dilakukan dengan syarat sekolah Anda belum mendefinisikan kurikulum dan tentu saja belum melakukan finalisasi Data Kurikulum.

Jika sekolah Anda sudah mengisi kurikulum dan belum finalisasi Data Kurikulum, namun ingin mundur karena ada kesalahan dalam menentukan siswa eligible, maka hapus seluruh kurikulum yang telah didefinisikan pada setiap jurusan dan jenis studi terlebih dahulu. Setelah itu, tombol “Batalkan” akan aktif.

Jika Anda sudah yakin melakukan pembatalan finalisasi data siswa, silahkan tekan “Batalkan Finalisasi”. Setelah itu akan muncul notifikasi

8.3 Pembatalan Finalisasi Kurikulum

Fitur ini akan aktif jika sekolah Anda sudah melakukan finalisasi Data Kurikulum, namun ternyata Anda menyadari ada kesalahan pendefinisian jenis kurikulum, pemilihan mata pelajaran, maupun kesalahan pengisian KKM serta Jam.

Pembatalan Finalisasi Kurikulum hanya bisa dilakukan dengan syarat sekolah Anda belum pernah mengisi nilai sama sekali, belum mengisi jenis studi siswa, dan tentu saja belum melakukan finalisasi Data Nilai.

Jika sekolah Anda belum pernah mengisi nilai sama sekali, belum mengisi jenis studi siswa, dan belum melakukan finalisasi Data Nilai, namun ingin mundur karena ada kesalahan dalam mengisikan data kurikulum, silahkan tekan tombol “Batalkan”

Silahkan tekan tombol “Batalkan”, kemudian akan muncul notifikasi.

Jika Anda sudah yakin melakukan pembatalan finalisasi data kurikulum, silahkan tekan “Batalkan Finalisasi”. Setelah itu akan muncul notifikasi lagi.

Maka tahapan pembatalan finalisasi Kurikulum telah berhasil dilakukan. 

Catatan penting bahwa jika Anda sudah pernah mengisikan nilai, namun karena ingin kembali ke tahapan pengisian kurikulum sehingga nilai siswa yang pernah diisi tersebut diisikan angka 0 maka sistem tetap akan menganggap bahwa Anda sudah pernah mengisikan nilai sehingga tidak bisa melakukan pembatalan Finalisasi Kurikulum. Mohon berhati-hati sebelum melakukan pengisian Data Nilai dan Jenis Studi siswa eligible.


Catatan :
  • Apabila ada permasalahan / kesulitan dalam proses pendaftaran, maka dapat melaporkan permasalahan dengan mengakses menu "bantuan" yang tersedia di sistem PDSS tersebut.

II. Pengisian Data Pendaftaran SNBP oleh Siswa

Setelah proses pendaftaran PDSS SNBP oleh pihak Sekolah telah selesai, selanjutnya dilakukan proses pendaftaran SNBP oleh siswa. 

Proses pengisian data pendaftaran SNBP oleh siswa dapat ditemukan panduannya pada artikel berikut : Pengisian Data Pendaftaran SNBP oleh Siswa


Untuk informasi lengkap lainnya seperti jadwal pendaftaran, KIP Kuliah jalur SNBP, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel berikut :
Untuk calon peserta KIP Kuliah silahkan baca artikel lanjutan berikut :
Demikianlah informasi tentang Panduan Pengisian PDSS SNBP untuk Sekolah. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan panduan bagi anda yang ingin mendaftar SNBP.