Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah dan Siswa 2019/2020

pdss.snmptn.ac.id 2019 -- Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah dan Siswa 2019, PDSS Sekolah, PDSS Siswa, Pendaftaran PDSS SNMPTN Online, Login Pendaftaran SNMPTN di PDSS SNMPTN, Jadwal PDSS SNMPTN, Petunjuk Pengisian Data di PDSS SNMPTN, Rekomendasi di PDSS. 2021.

Informasi ini berjudul Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah dan Siswa 2019/2020. Informasi ini ditujukan bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SNMPTN tahun ini. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa membantu mempermudah dalam pengisian data PDSS SNMPTN. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Informasi ini merupakan informasi pelengkap dari informasi sebelumnya yang berjudul Pendaftaran Online SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN. Bagi kalian yang belum membaca informasi pada artikel tersebut, maka sebaiknya membaca terlebih dahulu agar lebih mudah dalam memahami artikel ini.

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa tahapan awal pendaftaran SNMPTN adalah pemberian rekomendasi dari Kepala Sekolah dan dilanjutkan verifikasi data oleh siswa. Pemberian rekomendasi oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa dilakukan di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau disingkat PDSS. Dalam hal ini yaitu PDSS SNMPTN.

Untuk lebih mudahnya, kita pisahkan PDSS SNMPTN menjadi dua yaitu, PDSS SNMPTN Sekolah dan PDSS SNMPTN Siswa. PDSS SNMPTN Sekolah diperuntukkan bagi sekolah, sedangkan PDSS SNMPTN siswa diperuntukkan bagi siswa.

Kepala Sekolah merekomendasikan siswa-siswi terbaiknya untuk mengikuti seleksi jalur SNMPTN melalui website PDSS SNMPTN di alamat pdss.snmptn.ac.id. Pemberian rekomendasi tersebut yaitu dengan cara melakukan pengisian sejumlah data di PDSS SNMPTN secara lengkap dan benar.

Pengisian data di PDSS SNMPTN ini merupakan tahapan awal yang harus dilakukan kepala sekolah. Nantinya, siswa yang sudah direkomendasikan harus melakukan verifikasi kebenaran data yang telah di input oleh pihak sekolah melalui PDSS SNMPTN siswa.

Penjelasan mengenai Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah dan Siswa dapat disimak berikut ini.

I. Pendaftaran PDSS SNMPTN oleh Pihak Sekolah

Pihak sekolah / Kepala Sekolah merekomendasikan siswa-siswi terbaiknya untuk mengikuti SNMPTN dengan mengisi data di PDSS SNMPTN. Disini, pihak Sekolah bertindak sebagai instansi pemberi rekomendasi untuk siswa-siswi terbaik yang akan mengikuti SNMPTN. Berikut alur pendaftarannya.

A. Pendaftaran Sekolah Baru

Sekolah yang belum pernah melakukan pengisian PDSS pada tahun-tahun sebelumnya ada dua kategori:
  • Sekolah sudah terdaftar di PDSS, tapi sekolah belum pernah mengisi form pendaftaran
  • Sekolah belum terdaftar di PDSS

1. Sekolah yang sudah terdaftar di PDSS, tetapi belum pernah mengisi form pendaftaran

Untuk sekolah yang sudah terdaftar di PDSS tetapi belum pernah mengisi form pendaftaran dikarenakan suatu hal, maka perlu mendaftarkan sekolah tersebut supaya bisa memberikan rekomendasi pada siswa dalam proses pendaftaran SNMPTN.

Alur Pendaftaran :
  1. Buka alamat web PDSS SNMPTN di : pdss.snmptn.ac.id
  2. Pilih menu halaman sekolah
  3. Pilih provinsi, kabupaten / kota, kemudian pilih sekolah Anda.
  4. Isikan NPSN dan Nama Sekolah, lalu klik "lanjut"
  5. Kemudian mengisi form pendaftaran secara lengkap
  6. Setelah selesai lalu klik "Simpan Pendaftaran Sekolah"
  7. Sistem akan memvalidasi NPSN sekolah.
  8. Setelah berhasil melakukan pendaftaran sekolah, maka sekolah dapat melakukan "login"

2. Sekolah yang belum terdaftar di PDSS, namun sudah memiliki NPSN

Untuk Sekolah yang belum terdaftar di PDSS namun sudah memiliki NPSN maka harus melakukan pendaftaran seperti berikut ini.

Alur Pendaftaran :
  1. Buka alamat web PDSS SNMPTN : pdss.snmptn.ac.id
  2. Klik menu "Halaman untuk Sekolah"
  3. Pilih menu "Daftar Sekolah Baru"
  4. Masukkan NPSN yang didaftarkan pada kolom yang tersedia
  5. Kemudian klik "lanjut"
  6. Sistem PDSS akan memeriksa NPSN yang diisikan ke website PDSS. Jika NPSN sudah terdaftar, maka informasi sekolah akan muncul pada form pendaftaran
  7. Kemudian lengkapi informasi pendaftaran sekolah pada form yang tersedia 
  8. Setelah berhasil melakukan pendaftaran sekolah, maka sekolah dapat melakukan "login"

Catatan :
  • Jika NPSN tidak dikenal, atau jika sekolah belum memiliki NPSN, maka sekolah harus mendaftar secara manual dengan mengirimkan surat kepada Panitia Nasional SNMPTN 2019 setelah memiliki NPSN. Pendaftaran sekolah dapat diproses setelah sekolah memiliki NPSN
  • Jika pada saat pengisian data anda memiliki kesulitan dalam pendaftaran, silahkan mengirimkan email ke alamat pdss@snmptn.ac.id

Email ini (pdss@snmptn.ac.id) diperuntukkan khusus bagi sekolah yang mengalami kesulitan mendaftar / login. Silahkan sampaikan permasalahan melalui menu Bantuan saat mengirimkan email, tuliskan nama sekolah dan NPSN.

3. Login Sekolah yang telah terdaftar di PDSS dan telah memiliki NPSN

Untuk sekolah yang telah terdaftar di PDSS tahun sebelumnya, maka dapat langsung login dengan memasukkan password sekolah yang digunakan pada tahun lalu.

Sedangkan untuk sekolah yang baru mendaftar PDSS tahun ini dan sudah mendapatkan konfirmasi dari Panitia, silahkan login ke PDSS menggunakan password yang telah diberikan.

Alur Login Pendaftar :
  1. Silahkan buka alamat pdss.snmptn.ac.id
  2. Klik menu "Halaman untuk Sekolah"
  3. Temukan sekolah anda dengan alur : pilih provinsi, kabupaten / kota, kemudian pilih sekolah Anda.
  4. Setelah menemukan sekolah anda, maka akan muncul keterangan berupa nama sekolah, NPSN, alamat sekolah, dan harus mengisi password sekolah untuk bisa "login"
  5. Jika sekolah baru login untuk pertama kalinya, maka akan muncul pesan untuk membaca panduan PDSS
  6. Jika tombol "Kembali ke halaman utama" di-klik, maka akan muncul halaman konfirmasi akreditasi sekolah
  7. Sesuaikan data dengan akreditas sekolah anda. Bila sudah selesai, lalu klik centang lalu klik "simpan"
  8. Silahkan kelola informasi sekolah (bila ada perubahan), pendefinisian kurikulum, pendaftaran kelas, pengisian data siswa tiap kelas, pengisian nilai siswa, dan data-data lain yang diperlukan.
  9. Jika telah selesai mengisi data, download password siswa untuk diberikan kepada seluruh siswa
  10. Jika proses pendaftaran telah selesai, silahkan klik log out untuk keluar dari sistem.

Catatan :
  • Apabila ada permasalahan / kesulitan dalam proses pendaftaran, maka dapat melaporkan permasalahan dengan mengakses menu "bantuan" yang tersedia di sistem PDSS tersebut.

Berdasarkan informasi yang telah dijabarkan di atas, maka dapat disimpulkan seperti berikut ini :
  1. Sekolah mendaftarkan diri ke PDSS dengan mengisi data sekolah dan data siswa
  2. Kemudian akan mendapatkan password untuk masing-masing siswa
  3. Siswa menggunakan password dan NISN untuk login verifikasi data di PDSS

II. Pendaftaran PDSS SNMPTN oleh Siswa

Setelah proses pendaftaran PDSS SNMPTN oleh pihak Sekolah telah selesai, selanjutnya dilakukan proses verifikasi oleh siswa. Siswa mengakses website PDSS SNMPTN pada menu halaman siswa untuk melakukan verifikasi tersebut.

Cara Verifikasi data di PDSS SNMPTN oleh Siswa :
  1. Buka alamat pdss.snmptn.ac.id
  2. Pilih menu "halaman untuk siswa"
  3. Lalu login menggunakan NISN dan password dari Kepala Sekolah
  4. Apabila baru pertama kali login, maka siswa akan diarahkan untuk mengganti password
  5. Segera ganti password anda dengan klik tombol Ganti Password, dan kemudian klik lanjutkan
  6. Berikutnya siswa akan diarahkan menuju halaman verifikasi nilai. Pastikan tidak ada nilai yang salah atau berbeda dengan rapor siswa.
  7. Lihatlah Nilai yang sudah diverifikasi dan yang belum diverifikasi
  8. Klik centang dan klik verifikasi untuk nilai yang belum diverifikasi
  9. Jika ada nilai atau status khusus yang salah atau tidak lengkap, jangan melakukan verifikasi. Laporkan terlebih dahulu kesalahan nilai kepada pihak sekolah agar bisa segera diperbaiki dan kemudian silahkan diverifikasi.
  10. Jika data-data telah diverifikasi semua, silahkan keluar dari sistem pendaftaran online tersebut

Catatan :
  • Apabila siswa lupa password, silahkan bertanya langsung pada pihak Sekolah.
  • Nilai atau status khusus yang sudah diverifikasi, maka TIDAK DAPAT diubah kembali.
  • Apabila ada kendala dalam melakukan proses verifikasi, silahkan minta panduan kepada pihak Sekolah

Setelah melakukan verifikasi data di PDSS SNMPTN, selanjutnya siswa melanjutkan proses pendaftaran SNMPTN di web.snmptn.ac.id sesuai jadwal dan prosedur yang telah ditentukan.

Berdasarkan uraikan secara keseluruhan dari awal pembahasan hingga akhir ini, maka dapat disimpulkan seperti berikut ini :
  • Rekomendasi pendaftaran SNMPTN oleh pihak sekolah di alamat pdss.snmptn.ac.id
  • Verifikasi data pendaftaran PDSS SNMPTN oleh siswa di alamat pdss.snmptn.ac.id
  • Pendaftaran SNMPTN oleh siswa di alamat web.snmptn.ac.id

Untuk informasi lengkap lainnya seperti jadwal pendaftaran, bidikmisi SNMPTN, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel berikut :
Untuk calon peserta Bidikmisi silahkan baca artikel lanjutan berikut :
Demikianlah informasi tentang Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah dan Siswa. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan panduan bagi anda yang ingin ingin mendaftar SNMPTN.