Selamat datang di web pendaftaranonline.web.id . Temukan dan baca informasi yang anda butuhkan di web ini. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Sebagai contoh ketik saja "SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, Dikti, PMDK-PN, SPMB, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, TNI-POLRI, Siswa Baru, dll". Jangan lupa untuk share informasi yang ada pada teman-teman yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami yang ada di sebelah kanan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Ulang SPMB 2016/2017

Pendaftaran Ulang SPMB 2016/2017

Registrasi Ulang SPMB, Daftar Ulang SPMB, Registrasi Ulang Online SPMB, Pendaftaran Ulang SPMB untuk UMB-PT, Pendaftaran Ulang SPMB untuk UMB-PTS, Pendaftaran Kembali SPMB, Pendaftaran Ulang Online SPMB, 2016/2017.

Disini admin dari pendaftaranonlne.web.id akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Ulang SPMB 2016/2017. Informasi ini diberikan sebagai pelengkap informasi sebelumnya tentang Pengumuman Hasil Ujian SPMB 2016/2017 atau Pengumuman Kelulusan SPMB 2016/2017. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari ikuti pembahasannya berikut ini.


SPMB merupakan jalur seleksi untuk menerima calon mahasiswa baru yang diadakan secara bersamaan oleh beberapa Perguruan Tinggi yang telah tergabung dalam P-SPMBN. P-SPMBN sebagai badan yang menaungi penyelenggaraan SPMB telah memberikan semua informasi mulai dari pendaftaran online SPMB, proses seleksi, sampai ke pengumuman hasil seleksi SPMB.

Setelah beberapa saat yang lalu anda telah melihat pengumuman kelulusan SPMB dan mendapatkan hasil yang memuaskan hati karena lulus SPMB, kini anda harus segera membaca informasi penting lainnya yaitu tentang pendaftaran ulang SPMB 2016/2017.

Untuk anda yang dinyatakan lulus SPMB, segeralah melakukan pendaftaran ulang pada Perguruan Tinggi yang telah menerima anda. Lengkapi semua persyaratan yang telah ditentukan agar proses pendaftaran ulang bisa berjalan lancar. Jangan lupa untuk melihat jadwal pendaftaran ulang agar tidak terjadi keterlambatan dalam melakukan pendaftaran ulang.

Jika anda tidak melakukan pendaftaran ulang SPMB, maka anda dianggap mengundurkan diri dari kelulusan SPMB. Hal tersebut tentu sangat merugikan anda. Ingatlah, jangan sampai anda terlambat melakukan pendaftaran ulang, apalagi sampai tidak melakukan pendaftaran ulang.

Disini admin akan memberikan panduan secara umum mengenai pendaftaran ulang SPMB 2016/2017 mulai dari registrasi ulang online, pembayaran biaya kuliah, tes kesehatan, sampai pada penyerahan berkas pendaftaran ulang SPMB. Informasi selengkapnya berikut ini.

A. Pengisian Biodata Pendaftaran Ulang SPMB

Beberapa Perguruan Tinggi mengharuskan calon mahasiswa yang telah lulus SPMB melakukan pendaftaran ulang secara online. Pendaftaran ulang online ini dilakukan dengan cara membuka website resmi Perguruan Tinggi yang telah menerima anda. Kemudian anda mengisi data diri anda atau mengupdate data diri anda pada website tersebut. Biasanya telah disediakan halaman tersendiri pada website tersebut untuk melakukan pendaftaran ulang mahasiswa baru.

Cara Pendaftaran Ulang SPMB Online
  • Buka alamat website PTN atau PTS tujuan anda.
  • Selanjutnya klik pada halaman yang mengarahkan untuk melakukan pendaftaran ulang
  • Kemudian isilah dengan lengkap dan benar data diri anda atau update data diri anda.
  • Jika telah selesai, cetaklah tanda bukti pendaftaran ulang.
  • Serahkan tanda bukti pendaftaran ulang tersebut pada saat penyerahan berkas.
Admin akan memberikan alamat website untuk masing-masing Perguruan Tinggi yang telah tergabung dalam P-SPMBN, baik Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta.

Alamat Website Perguruan Tinggi Negeri (PTN)
  1. Pendaftaran ulang Universitas Malikussaleh (UNIMAL) : pmb.unimal.ac.id
  2. Pendaftaran ulang Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) : pmb.unsyiah.ac.id
  3. Pendaftaran ulang Universitas Teuku Umar (UTU) : utu.ac.id
  4. Pendaftaran ulang Universitas Negeri Medan (UNIMED) : spmb.unimed.ac.id
  5. Pendaftaran ulang Universitas Sumatera Utara (USU) : usu.ac.id
  6. Pendaftaran ulang ISI Padang Panjang : www.isi-padangpanjang.ac.id
  7. Pendaftaran ulang Universitas Jambi (UNJA) : slm.unja.ac.id
  8. Pendaftaran ulang Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) : www.pmb.untirta.ac.id
  9. Pendaftaran ulang Universitas Udayana (UNUD) : www.unud.ac.id
  10. Pendaftaran ulang Universitas Palangka Raya (UNPAR) : www.upr.ac.id
  11. Pendaftaran ulang Universitas Borneo Tarakan (UBT) : bakk.borneo.ac.id
  12. Pendaftaran ulang Universitas Terbuka (UT) : www.ut.ac.id
Alamat Website Perguruan Tinggi Swasta (PTS)
  1. Pendaftaran ulang Universitas Pancasila (UP) : www.univpancasila.ac.id
  2. Pendaftaran ulang Universitas Bakrie (UB) : www.bakrie.ac.id
  3. Pendaftaran ulang Universitas Trisakti (USAKTI) : www.trisakti.ac.id
  4. Pendaftaran ulang Universitas Gunadarma (UG) : www.gunadarma.ac.id
  5. Pendaftaran ulang Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) : www.iainsu.ac.id
  6. Pendaftaran ulang Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) : www.dinus.ac.id
B. Pembayaran Biaya Kuliah

Peserta yang dinyatakan lulus SPMB diharapkan segera membayar biaya kuliah di Bank yang telah bekerja sama dengan Perguruan Tinggi yang menerima anda. Besarnya biaya kuliah yang harus anda bayar dapat dilihat pada website resmi Perguruan Tinggi tersebut. Biasanya juga dapat diketahui pada saat anda melakukan pengisian data pendaftaran ulang secara online.

C. Mengikuti Tes Kesehatan

Tes kesehatan ditujukan sebagai cara untuk mengetahui apakah anda benar-benar sehat atau tidak. Tes kesehatan ini biasanya dilakukan di Kampus dari Perguruan Tinggi yang menerima anda. Hasil dari tes kesehatan ini akan diserahkan pada tahap penyerahan berkas pendaftaran ulang.

Jika kampus tersebut tidak mengadakan tes kesehatan, namun tes kesehatan dijadikan sebagai syarat pendaftaran ulang, maka anda harus melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit terdekat agar bisa mendapatkan surat keterangan kesehatan dari Dokter.

D. Penyerahan Berkas Pendaftaran Ulang

Setelah anda melakukan pendaftaran ulang online, membayar biaya kuliah, dan melakukan tes kesehatan, sekarang anda harus menyerahkan beberapa berkas pendaftaran ulang yang telah ditentukan.

Beberapa berkas pendaftaran ulang yang harus diserahkan yaitu :
  • Kartu tanda peserta SPMB
  • Tanda bukti pendaftaran ulang
  • Bukti telah membayar biaya kuliah semester 1
  • Surat keterangan telah mengikuti Tes Kesehatan atau Surat keterangan sehat dari dokter
  • Ijazah asli beserta foto copy atau surat keterangan lulus dari Sekolah
  • Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional asli dan foto copy
  • Pas foto ukuran 2 x 3, 3 x 4, dan 4 x 6
  • Membawa Kartu Keluarga asli dan foto copy
  • Slip gaji orang tua atau surat keterangan penghasilan dari pemerintah setempat
  • Bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan terakhir
  • Bukti pembayaran rekening listrik terakhir
  • Materai Rp. 6000
Dari beberapa berkas pendaftaran ulang yang telah disebutkan di atas, tidak semua berkas tersebut diserahkan pada saat pendaftaran ulang di PTN atau PTS yang telah menerima anda. Anda cukup menyerahkan berkas sesuai dengan yang diminta oleh PTN atau PTS. Untuk itu, bacalah dengan teliti apa saja persyaratan pendaftaran ulang di PTN atau PTS tersebut.

E. Mengikuti Ospek / Opdik / Matrikulasi

Setelah selesai melakukan pendaftaran ulang, kemudian anda harus mengikuti Ospek / Opdik / Matrikulasi. Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi tentang pengenalan lingkungan kampus, melatih disiplin, dan memberikan informasi sistem perkuliahan yang nantinya akan diikuti oleh mahasiswa baru. Selain itu pula, calon mahasiswa akan diharapkan saling mengenai satu sama lain antar sesama mahasiswa baru. Dengan kata lain bahwa Ospek / Opdik / Matrikulasi bertujuan sebagai proses pengenalan kampus dan menambah kawan.

Itulah informasi yang dapat admin berikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tentang Pendaftaran Ulang SPMB 2016/2017 yang telah admin bahas di atas bisa memberikan tambahan informasi untuk anda. Terima kasih atas kesempatan yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Semoga kita termasuk ke dalam orang-orang yang bisa sukses semuda mungkin.