Selamat datang di web pendaftaranonline.web.id . Temukan dan baca informasi yang anda butuhkan di web ini. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Sebagai contoh ketik saja "SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, Dikti, PMDK-PN, SPMB, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, TNI-POLRI, Siswa Baru, dll". Jangan lupa untuk share informasi yang ada pada teman-teman yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami yang ada di sebelah kanan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Ulang SBMPTN 2016/2017

Pendaftaran Ulang SBMPTN 2016/2017

Registrasi Ulang Mahasiswa Baru Yang Lulus Jalur SBMPTN, Daftar Ulang SBMPTN, Panduan Pendaftaran Ulang SBMPTN, Tata Cara Pendaftaran Ulang SBMPTN, Peserta Lulus Seleksi SBMPTN, Pendaftaran / Daftar Ulang Mahasiswa Baru / Peserta / Pendaftar Lulus SBMPTN, 2016/2017.

Pada kesempatan yang baik ini, dan semoga anda juga baik, Disini admin dari pendaftaranonline.web.id akan melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang Pengumuman SBMPTN 2016/2017. Kali ini akan memberikan penjelasan tentang Pendaftaran Ulang SBMPTN 2016/2017.

http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/07/pendaftaran-ulang-sbmptn.html

SBMPTN atau dengan kepanjangan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Penerimaan Calon Mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN ditentukan berdasarkan hasil seleksi ujian tertulis (untuk peserta yang bukan prodi seni dan olahraga) atau kombinasi hasil seleksi ujian tertulis dan ujian keterampilan (untuk peserta prodi seni dan olahraga).

Setelah beberapa minggu yang lalu telah mengikuti ujian seleksi SBMPTN, dan masih teringat betapa sulitnya mengerjakan soal-soal yang diberikan, pada hari kemaren kesulitan itu telah terbayar dengan melihat pengumuman hasil seleksi sesuai dengan yang diharapkan, yaitu "Lulus SBMPTN". Admin turut senang dan mengucapkan selamat untuk kalian yang telah lulus SBMPTN.

Admin disini mengingatkan bahwa untuk kalian yang telah lulus SBMPTN, diwajibkan melakukan pendaftaran ulang. Apabila kalian tidak melakukan pendaftaran ulang sesuai jadwal yang telah ditentukan, maka kalian dianggap mengundurkan diri. Untuk itu, segera lakukan pendaftaran ulang SBMPTN sesuai ketentuan dan jadwal pelaksanaan yang ditentukan oleh masing-masing Universitas.

Pendaftaran ulang SBMPTN dilakukan di Universitas masing-masing pilihan anda. Persyaratan dan jadwal pelaksanaan Pendaftaran ulang SBMPTN ini tidak sama untuk tiap Universitas. Oleh karena itu, kalian harus membuka website resmi Universitas tujuan anda. Baca dan pahami apa saja persyaratan pendaftaran ulang, kapan dilakukan, dan seperti apa mekanismenya. 

Disini admin akan memberikan panduan atau tata cara pendaftaran ulang SBMPTN 2016/2017 secara umum. Pendaftaran ulang SBMPTN dimulai dari mengisi biodata pendaftaran ulang, pembayaran biaya UKT, Tes Kesehatan/Narkoba, dan terakhir penyerahan berkas pendaftaran ulang. Setelah itu mengikuti OPDIK dan perkuliahan.

Langsung saja kita akan memasuki pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Mengisi Biodata Pendaftaran Ulang

Untuk mengisi biodata pendaftaran ulang, maka silahkan buka website resmi Universitas tujuan anda. Kemudian mengisi semua data pendaftaran ulang. Jika telah selesai, maka cetaklah formulir pendaftaran ulang tersebut dan serahkan kepada panitia pada saat penyerahan berkas registrasi ulang. Agar lebih paham, silahkan baca dan ikuti alur pendaftaran ulang yang telah ditentukan.

2. Pembayaran Biaya UKT

Mahasiswa baru yang telah lulus SBMPTN diwajibkan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) (untuk yang non Bidikmisi), sedangkan untuk yang lulus jalur Bidikmisi SBMPTN tidak perlu membayar UKT. Pembayaran dilakukan melalui Bank yang telah bekerja sama dengan Universitas tujuan anda. Misalnya saja pembayaran UKT Universitas Sriwijaya, maka pembayaran UKT dilakukan melalui Bank Sumsel Babel atau Bank BNI. Besarnya Biaya UKT yang harus dibayar bisa dilihat pada website resmi Universitas tujuan anda. Ingat, jangan sampai anda telat membayar biaya UKT karena itu akan merugikan diri anda sendiri.

3. Tes Kesehatan/Narkoba

Tes Kesehatan/Narkoba dimaksudkan untuk mengetahui apakah mahasiswa baru tersebut benar-benar sehat dan terbebas dari narkoba atau tidak. Setiap mahasiswa baru diharuskan mengikuti Tes Kesehatan/Narkoba di Universitas masing-masing sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Tes Kesehatan/Narkoba yang dilakukan tergantung dari Universitas tujuan anda, biasanya ada yang berupa tes kesehatan mata dan tes urine. 

Apabila di Universitas tersebut tidak mengadakan tes kesehatan, maka anda perlu membuat Surat keterangan sehat dari Dokter Pemerintah dengan datang langsung ke Puskesmas / Rumah Sakit terdekat.

4. Penyerahan Berkas Pendaftaran Ulang 

Berkas pendaftaran ulang diserahkan kepada panitia penyelenggara SBMPTN di Universitas tujuan anda. Biasanya berkas pendaftaran ulang yang harus dibawa berupa : 
  • Kartu tanda peserta SBMPTN
  • Print out formulir registrasi ulang
  • Membawa ijazah beserta fotocopy-nya atau surat keterangan lulus dari Sekolah
  • Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional
  • Pas foto ukuran 2 x 3, 3 x 4, dan 4 x 6
  • Materai Rp. 6000
  • Surat keterangan telah mengikuti Tes Kesehatan/Narkoba atau Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah
  • Mengisi lembar surat pernyataan, dilihat website universitas (jika ada)
  • Bukti telah membayar UKT semester 1
  • Membawa Kartu Keluarga asli dan foto copy
  • Slip gaji orangtua atau surat keterangan penghasilan dari pemerintah/kelurahan setempat
  • Bukti pembayaran Pajak bumi dan bangunan terakhir
  • Rekening listrik
  • Lulusan Program paket C, harus melampirkan foto copy rapor tiga tahun terakhir.
Dari berkas-berkas yang telah disebutkan di atas, tidak semua Universitas mewajibkan anda untuk membawa semua berkas di atas. Anda hanya perlu membawa berkas sesuai ketentuan dari Universitas tujuan anda. Berkas-berkas yang anda bawa tersebut diserahkan kepada Panitia atau BAAK Universitas tujuan anda untuk diverifikasi.

5. Mengikuti Opdik dan Perkuliahan

Opdik merupakan suatu tahapan pengenalan kampus kepada mahasiswa baru. Salah satu tujuannya adalah agar mahasiswa baru mengetahui bagaimana sistem perkuliahan di Universitas tersebut. Pada tahap Opdik inilah, mahasiswa baru belajar untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus. Setelah mengikuti Opdik, maka mahasiswa baru mengikuti perkuliahan di Universitas yang telah dipilihnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, jika ada hal-hal yang belum jelas mengenai pendaftaran ulang SBMPTN 2016/2017 ini, maka bisa ditanyakan langsung kepada panitia penyelenggara SBMPTN dari Universitas tujuan anda. Anda bisa menghubunginya melalui nomor telepon yang terdapat pada website resmi Universitas atau melalui email atau bisa juga datang langsung ke Universitas tujuan anda.

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan mengenai Pendaftaran Ulang SBMPTN 2016/2017. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Sekali lagi, selamat untuk anda yang telah lulus SBMPTN. Semoga ini menjadi langkah awal anda dalam menempuh pendidikan di Universitas pilihan anda. Terima kasih atas kesempatan yang anda berikan untuk membaca artikel ini. Semoga kita bisa menjadi orang yang sukses semuda mungkin.